Blue Band Serbaguna: Margarin dengan Omega 3 dan 6 Penuhi Angka Kecukupan gizi anak Indonesia

Blue Band Serbaguna dengan inovasi terbaru dan satu-satunya di Indonesia yaitu margarin dengan kandungan lemak esensial Omega 3 dan 6 yang bisa disimpan dalam suhu ruang

Jakarta, 12 Februari 2015 – PT Unilever Indonesia menghadirkan Blue Band Serbaguna dengan inovasi terbaru dan satu-satunya di Indonesia yaitu margarin dengan kandungan lemak esensial Omega 3 dan 6 yang bisa disimpan dalam suhu ruang. Lemak esensial Omega 3 dan 6 berperan penting dalam tumbuh kembang anak, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari asupan makanan.

Peluncuran Blue Band Serbaguna baru ditandai dengan momentum sarapan bersama 6.000 siswa SD dari 21 sekolah di wilayah DKI Jakarta pada hari ini melalui kerja sama dengan LSM Yayasan Emannuel dan Bina Masyarakat Peduli. Acara ini sekaligus sebagai simbol inspirasi Blue Band untuk mengingatkan kembali pentingnya kebiasaan sarapan pada anak-anak menjelang Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang akan berlangsung pada 14-20 Februari 2015.

Johan Mantik, Brand Manager Blue Band menjelaskan, “Blue Band Serbaguna baru mengandung asam lemak esensial Omega 3 dan 6, vitamin A, B1, B2, B3, D, E dan 0 gram lemak trans (lemak tidak baik), serta dapat disimpan dalam suhu ruang. Selembar roti dengan olesan Blue Band Serbaguna membantu memenuhi asupan Omega 3 sebanyak 28% dan Omega 6 sebanyak 13%. "

"Jumlah Omega 3 dan 6 total yang ada pada Blue Band Serbaguna ini setara dengan jumlah Omega 3 dan 6 total yang ada pada tiga gelas susu, atau 250 gram salmon, atau tiga butir telur. Blue Band Serbaguna baru didedikasikan bagi para ibu untuk membantu melengkapi kebutuhan Omega 3 dan 6 anak dengan lebih mudah dan harga terjangkau, tapi tentu saja kita tetap harus mengkonsumsi berbagai variasi makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.”

Marina Pergiwati, R&D Director SEAA (South East Asia Australia) menambahkan, “Peluncuran produk ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Unilever Sustainable Living Plan (USLP), terutama pada pilar Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan kebiasaan hidup sehat dengan terus berupaya meningkatkan cita rasa dan kualitas gizi dari seluruh produk Unilever pada tahun 2020. Secara global, Unilever berkomitmen untuk menurunkan lemak jenuh, menurunkan natrium (garam), meningkatkan zat gizi Omega 3 dan Omega 6, dan secara konsisten menghilangkan lemak trans pada produk margarin Unilever.”

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. Permenkes tersebut menganjurkan konsumsi Omega 3 sebesar 0,9 gram dan Omega 6 sebesar 10 gram bagi anak usia 7-9 tahun. Sementara anak usia 10-12 tahun dianjurkan untuk mendapat asupan Omega 3 sebanyak 1,2 gram dan Omega 6 sebesar 12 gram per hari; serta 1 gram Omega 3 dan 10 gram Omega 6.

Melalui penelitian yang dilakukan tahun 2011 dan didukung Unilever global, diketahui bahwa 10 dari 11 negara yang diobservasi masih kekurangan asupan Omega 3, dan 8 dari 11 negara kekurangan asupan Omega 6 . Hal ini diduga karena minimnya makanan yang kaya Omega 3 dan 6 dalam menu sehari-hari.

Omega 3 dapat ditemukan diantaranya dalam ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, edamame, minyak biji flax, dan kacang walnut ; sementara Omega 6 dapat ditemukan dalam kacang kedelai, minyak nabati seperti minyak bunga matahari, jagung, kacang tanah, telur ayam, atau daging merah .

Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH – ahli gizi kesehatan masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menjelaskan, “Asupan lemak esensial Omega 3 dan 6 penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, diantaranya membuat membran-membran sel dalam tubuh fleksibel, sehingga nutrisi dapat diserap secara optimal; diperlukan dalam sistem saraf dan pembentukan hormon, serta berperan positif terhadap kesehatan jantung.”

Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH menyambut baik serta mendukung terobosan terbaru Blue Band Serbaguna. Dukungan tersebut ditunjukkan melalui kerjasama atas riset yang dilakukan PT Unilever Indonesia bersama dengan Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH mengenai konsumsi Omega 3 dan 6 pada anak Indonesia. Riset ini merupakan bagian dari rangkaian peluncuran Blue Band Serbaguna baru.

“Saat ini penelitian tersebut masih dalam tahap finalisasi, namun data-data yang tersedia mengindikasikan bahwa masih banyak anak Indonesia yang mengalami kekurangan asupan Omega 3 dan Omega 6 setiap harinya. Riset ini dijadwalkan akan selesai pada bulan Maret 2015 dan akan dipaparkan kepada para praktisi kesehatan diantaranya dokter gizi, dokter anak dan dokter umum melalui sebuah simposium ilmiah bekerja sama dengan asosiasi praktisi kesehatan,” terang Marina.

Selain penelitian mengenai asupan Omega 3 dan Omega 6 pada anak Indonesia, Blue Band juga terus mensosialisasikan kegiatan edukasi demi pertumbuhan optimal anak Indonesia. Kampanye tersebut bertujuan untuk membiasakan anak-anak menyantap sarapan yang bergizi, antara lain melalui edukasi dan inspirasi sarapan di sekolah-sekolah untuk mengajarkan pentingnya sarapan bagi anak Indonesia.

“Untuk mendukung para ibu menyiapkan sarapan bernutrisi yang lezat dan praktis, Blue Band mengajak para ibu untuk mengunjungi www.blueband.co.id dan halaman Facebook Blue Band Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep sarapan bernutrisi bagi anak,” tutup Johan.

*1.Omega 3 256mg dan Omega 6 1364mg per 15g sajian. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang disarankan, anak usia 7-9 tahun memerlukan asupan Omega 3 sebanyak 0,9g dan Omega 6 sebanyak 10g

*2. Article: Harika, R, et al. Fatty acid intakes of children and adolescents are not in line with the dietary recommendations for future cardiovascular health: a systematic review of dietary intake data from thirty countries. British Journal of Nutrition (2011), 106, 307-316

http://www.merdeka.com/sehat/5-makanan-sumber-omega-3-selain-ikan.html

http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/11/29/manfaat-omega-369-dan-efek-buruk-bila-konsumsi-berlebihan-512126.html

Indonesia

Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kavling 3
BSD City
Tangerang – 15345

www.unilever.co.id

+6221-80827000

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top