Memasuki pelaksanaan ke-10, MMA Smarties 2024 mengangkat tema "Navigating Marketing: Leadership, Innovation & Future Strategies" – berfokus pada pentingnya kreativitas, efektivitas, dan penggunaan teknologi mutakhir untuk memenangkan hati para konsumen.
Tahun ini, penghargaan diberikan kepada merek-merek yang berhasil mendorong pendekatan baru, menciptakan strategi yang meredefinisi standar industri pemasaran dan periklanan Tanah Air. Dengan lebih dari 800 proposal yang masuk, terpilih 100 kampanye yang dinobatkan sebagai pemenang.
Eka Sugiarto, Head of Media Unilever Indonesia menyampaikan, “Tumbuh lebih dari 90 tahun bersama konsumen Indonesia, secara konsisten kami melibatkan diri lebih dalam dengan keseharian konsumen untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Melalui riset pasar dan berbagai kemitraan dengan platform media dan teknologi digital, kami melakukan pendekatan kreatif dalam marketing excellence yang secara efektif memperkuat posisi kami sebagai market leader di berbagai kategori.”
Saat ini generasi Milenial dan Gen Z menjadi konsumen yang penting karena jumlahnya mencapai 54% dari total populasi Indonesia. Sejalan dengan tema MMA Smarties 2024, Unilever Indonesia senantiasa memastikan merek-mereknya mampu menjawab kebutuhan generasi tersebut, khususnya melalui strategi komunikasi dan pemasaran yang relevan dan impactful, dan pemanfaatan ekosistem digital yang sangat lekat dengan kehidupan mereka.
“Pencapaian ini menjadi langkah konkret dari Perusahaan untuk menggenjot kinerja seluruh merek melalui strategi pemasaran, periklanan, dan pemanfaatan teknologi yang tepat serta relevan bagi semua konsumen Unilever Indonesia.” tutup Eka.
18 penghargaan yang dimenangkan oleh Unilever Indonesia di ajang ini adalah:
- INDUSTRY AWARD: Advertiser of The Year 2024
- GOLD – Integrated EComm & Livestream: Rexona (The Derby podcast)
- GOLD – AI-Powered Audience Engagement: Rexona (kampanye #Glowforit)
- GOLD – Consumer Experience: TRESemmé (TRESemmé Hairtractive: konsultasi rambut berteknologi AI)
- SILVER – Brand Purpose: Closeup (kampanye #SpeakUpforLove)
- SILVER – Personalization: Dove Skin Cleansing (penggunaan Dynamic Creative Optimization untuk variasi iklan digital yang terpersonalisasi)
- SILVER – Brand Experience: Rexona (kampanye #Glowforit)
- SILVER – Cross Digital Media Marketing: AXE (kampanye Wangi Privilege)
- SILVER – Influencer Marketing: Dove Deo (kampanye #KetiakmuBerarti)
- SILVER – Integrated EComm & Livestream: Vaseline (kampanye Shop the Screen)
- SILVER – Social Impact: Sunlight (program Agen 1000 Sunlight)
- SILVER – AI Driven Creative Excellence: Sunlight (100 Alasan untuk Bersinar: iklan digital yang terpersonalisasi menggunakan AI)
- BRONZE – Real Time Marketing: Pepsodent Herbal (Alarm Sahur Pepsodent Herbal)
- BRONZE – Connected TV: AXE (kampanye Wangi Privilege)
- BRONZE – Lead Generation/Customer Relationship Management: Clear (kampanye Drama Ketombe Helm)
- BRONZE – Innovation Use of AI in Advertising: Vaseline (kampanye #BebasHealing)
- BRONZE – Programmatic: Rinso (kampanye #KapsulinAja)
- BRONZE – Omnichannel Marketing: Bango (kampanye #DutaMakmurBango)