Penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur Prize yang Pertama

Program Klinik Asuransi Sampah dari Gamal Albinsaid (Indonesia) memenangkan hadiah utama dalam kompetisi Unilever Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards yang pertama.

London & Rotterdam – 31 Januari 2014 – Paduka yang Mulia Pangeran Wales mengumumkan pemenang penghargaan Young Sustainability Entrepreneur Prize di Istana Buckingham, didampingi oleh CEO Unilever Paul Polman dan Professor Sir Leszek Borysiewicz, Vice Chancellor of the University of Cambridge, dan dihadiri oleh para pemimpin dan wirausahawan dalam bidang kelestarian.

dr. Gamal Albinsaid dari Indonesia menerima penghargaan ini dari Paduka yang Mulia Pangeran Wales dengan hadiah berupa dukungan finansial sebesar €50,000 serta bimbingan khusus. Pemenang dipilih dari tujuh finalis Unilever Sustainable Living Award dari seluruh dunia. Unilever dan Cambridge Programme for Sustainability Leadership (CPSL) meluncurkan Unilever Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards yang pertama pada bulan September 2013.

Penghargaan internasional ini dirancang untuk menginspirasi kaum muda di seluruh dunia untuk menangani masalah-masalah lingkungan, sosial dan kesehatan. Kompetisi yang dijalankan menggunakan platform Ashoka ini mengajak para wirausahawan muda berusia 30 tahun kebawah untuk mengajukan program yang inspiratif, praktis dan terukur untuk membantu menjadikan kehidupan berkelanjutan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Di tahun pertamanya, program ini menerima lebih dari 500 program inspiratif dari 90 negara.

Paduka yang Mulia Pangeran Wales berkomentar: "Saya mengucapan selamat kepada Gamal Albinsaid atas inisiatifnya yang mengagumkan. Pemimpin muda ini telah mengembangkan sebuah program yang berpotensi dalam merombak cara penyediaan layanan masyarakat bagi masyarakat miskin di daerah tersebut. Program inovatif ini mengatasi dua masalah sekaligus: pengelolaan dan penggunaan kembali sampah, serta penyediaan jaminan dan layanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Semua finalis telah menggunakan kreatifitas mereka untuk berpaling dari model ekonomi “ambil,bikin, dan buang” ke arah pendekatan yang lebih menyeluruh yaitu pendekatan yang berkelanjutan. Mereka semua layak mendapatkan dukungan kita."

CEO Unilever Paul Polman mengatakan: “Generasi muda adalah kelompok yang sangat penting untuk dilibatkan. Setengah dari penduduk dunia saat ini adalah generasi muda, dan merekalah yang akan menjadi penjamin terlaksananya pembangunan berkelanjutan dimasa mendatang. Sekarang adalah saat yang tepat bagi para wirausahawan muda untuk bangkit dan mengembangkan bisnis yang benar-benar membawa perubahan. Kita harus menggunakan segenap energi dan daya upaya kita untuk mendukung para wirausahawan muda untuk dapat memperbesar program, mempercepat proses, menginspirasi orang lain, serta membantu mewujudkan hari esok yang lebih cerah bagi kita semua”.

“Kita semua tahu betapa bersemangatnya Paduka yang Mulia Pangeran Wales mengenai pembangunan yang berkelanjutan dan perjuangan yang antusias dari perusahaan baru dan wisausahawan muda. Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Paduka yang Mulia Pangeran Wales atas dukungannya terhadap penghargaan ini dan kesediaannya untuk menggunakan namanya pada hadiah utama sebagai penghormatan kepadanya.” Lanjut Paul.

Direktur External Relatios PT Unilever Indonesia, Tbk, Sancoyo Antarikso, mengatakan, “Kami sangat bangga dengan prestasi wirausahawan muda Indonesia dalam ajang ini. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan pentingnya menjalankan pola hidup yang berkelanjutan sudah mulai menyebar ke generasi muda dan bahwa Indonesia dapat menjadi contoh teladan bagi dunia akan pola hidup yang berkelanjutan ini.

"Sebagai perusahaan yang peduli akan kehidupan yang berkelanjutan, kami memiliki strategi Unilever Sustainable Living Plan untuk mewujudkan visi kami agar dapat melipatduakan bisnis dengan menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan. Salah satu pilar dalam Unilever Sustainable Living Plan adalah mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan salah satu program di masyarakat yang kami lakukan adalah ‘Bank Sampah’. Melalui program ini kami membantu masayarakat untuk mengelola sampah mereka dan mendapatkan nilai lebih dari pegelolaan sampah tersebut. dengan adanya kesamaan dalam program kami dan dr. Gamal, kami tentunya sangat mendukung inisiatif dari dr. Gamal dan sangat terbuka untuk bisa membangun kemitraan dengan dr. Gamal”.

Polly Courtice, Direktur CPSL dan Ketua Bersama Dewan Juri mengatakan: “Kualitas dan dinamika para finalis yang luar biasa memberikan semangat dan inspirasi kepada para juri. Kami sangat senang dapat membawa wawasan riset dan dinamika wirausaha dari komunitas Cambridge untuk mendukung para pemimpin muda ini dalam menyempurnakan dan membesarkan program mereka.”

Unilever Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards 2014 Program baru akan dimulai pada awal musim panas 2014 dan para wirausahawan muda yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar pada platform Ashoka Changemakers melalui changemakers.com/SustLiving.

Indonesia

Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kavling 3
BSD City
Tangerang – 15345

www.unilever.co.id

+6221-80827000

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top