1. Home
  2. Investor
  3. Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions

Bagian ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para investor.

FAQ Umum

Bagaimanakah tahun buku Unilever Indonesia diatur?

Tahun buku Unilever Indonesia terhitung dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember tahun berjalan; dengan hasil kuartalan yang akan dipublikasikan sesuai dengan tanggal yang tertera pada halaman Kalender.

Di manakah saya dapat menemukan catatan perkembangan harga saham Unilever Indonesia?

Silahkan mengunjungi halaman Harga Saham yang ada pada website ini.

Bagaimanakah cara agar saya dapat memperoleh berita terkini dari Unilever Indonesia?

Silahkan mengunjungi media sosial resmi Unilever Indonesia, yaitu:

  • Facebook Unilever Indonesia dan
  • Youtube Unilever Indonesia; atau
  • kunjungi website Unilever Indonesia (www.unilever.co.id) di halaman Berita dan Media. 

Kapan Unilever Indonesia mengumumkan kinerja keuangan berikutnya atau melaksanakan acara investor?

Informasi terkait tanggal pengumuman dan acara investor dapat diperoleh melalui Investor Relations kami di unvr.indonesia@unilever.com atau silahkan mengunjungi halaman Kalender. 

Di manakah saya dapat memperoleh laporan tahunan Unilever Indonesia yang terakhir?

Anda dapat mengunduh laporan  tahunan terakhir pada halaman Laporan Tahunan

Di bursa manakah saham Unilever Indonesia diperdagangkan?

Saham Unilever Indonesia diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Untuk detail lebih lanjut mengenai saham kami, silahkan merujuk ke halaman Informasi Pemegang Saham

FAQ Pemegang Saham

Kapan Unilever Indonesia mengumumkan dan membagikan dividennya?

Informasi lebih lanjut mengenai pengumuman dividen dapat dilihat pada halaman Informasi Pemegang Saham.

Di manakah saya dapat menemukan informasi mengenai jumlah dividen yang telah dibayarkan pada tahun sebelumnya?

Informasi lebih lanjut terkait pembayaran dividen yang telah dibayarkan pada tahun sebelumnya dapat dilihat pada halaman Kalender Dividen.

Dalam kondisi apakah saya harus menghubungi Biro Administrasi Efek Unilever Indonesia?

Biro Administrasi Efek Unilever Indonesia adalah PT Sharestar Indonesia dan semua kegiatan terkait administrasi efek dikelola oleh mereka. Tanggung jawab mereka mencakup:

  • pendaftaran kepemilikan saham
  • perubahan alamat
  • perubahan detail bank
  • administrasi pembayaran dividen
  •  informasi terkait pengambilan suara melalui kuasa tertulis
  • dan lain-lain 

Anda dapat menghubungi PT Sharestar Indonesia di:

Citra Graha Building, 7th Floor

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36

Jakarta 12950

Indonesia

Tel. +6221 527 7966

Fax. +6221 527 7967

Email: customer-relation@sharestar.co.id

Kapankah pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham berikutnya?

Informasi terkait pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham dapat ditemukan pada halaman Informasi Pemegang Saham, Berita terkait RUPST dan RUPSLB.

Apakah mungkin untuk memberikan suara dalam RUPS yang akan datang berdasarkan kuasa?

Ya. Form Surat Kuasa dapat dimintakan kepada Biro Administrasi Efek kami, PT Sharestar Indonesia.

Apakah Perseroan dapat mengirimkan hardcopy dari Laporan Tahunan kepada saya?

Laporan tahunan terkini dari Unilever Indonesia tersedia untuk diakses dan dicetak dari halaman Publikasi Perusahaan, yang terletak dalam Tab Investor pada Website ini. Untuk mendapatkan hardcopy laporan ini dapat pula dimintakan pada pihak terkait, yang detailnya tersedia pada halaman Kontak Kami.

Apakah yang harus saya lakukan apabila saya ingin menjual saham saya?

Anda dapat mengunjungi perusahaan sekuritas terdekat, yang dapat membantu Anda dalam proses penjualan. 

Apabila terdapat perubahan pada alamat tempat tinggal, apakah prosedur yang harus dilakukan agar perubahan tersebut dicatat dalam database Perseroan?

Silahkan mengirimkan surat permohonan (dalam bentuk bebas) kepada Biro Administrasi Efek kami, dengan menyebutkan nomor Surat Kolektif Saham (SKS), dengan informasi alamat tempat tinggal yang terbaru. Surat permohonan wajib dilampiri salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti perubahan alamat.

Apabila pemegang saham yang nama kepemilikan tertera secara sah meninggal tanpa adanya surat wasiat, bagaimana ahli waris yang sah (suami/istri/anak, dll) dapat mengalihkan kepemilikan saham tersebut menjadi atas nama ahli waris?

Ahli waris yang sah diwajibkan untuk menyerahkan Surat Ahli Waris yang dikeluarkan oleh otoritas lokal. Selain Surat Ahli Waris, Anda juga harus melampirkan fotokopi dari sertifikat saham, beserta surat kuasa. Surat kuasa harus disediakan dan ditandatangani oleh seluruh ahli waris yang sah, dengan penunjukan satu pihak yang kemudian akan menerima kuasa. Seluruh dokumen tersebut wajib untuk dikirim ke Biro Administrasi Efek Perseroan.

Setelah dokumen yang dibutuhkan telah diserahkan secara lengkap, proses akan memakan waktu kurang lebih 2 (dua) sampai 3 (tiga) minggu 

 

Apabila almarhum/almarhumah yang memiliki saham atas namanya meninggalkan Surat Wasiat, bagaimana ahli waris yang sah dapat mengalihkan kepemilikan saham tersebut menjadi atas nama ahli waris?

Ahli waris diwajibkan untuk mengesahkan Surat Wasiat kepada pihak yang berwenang dan kemudian mengirimkan salinan dari surat tersebut. Dokumen ini harus dilengkapi dengan surat permohonan, fotokopi KTP penerima kuasa, sertifikat kepemilikan asli, dan bukti alamat penerima kuasa.

Seluruh dokumen wajib dikirimkan kepada Biro Administrasi Efek Perseroan.

Saya belum menerima pembayaran dividen. Apakah tindakan lanjut yang harus saya lakukan?

Anda dapat mengirimkan pemberitahuan kepada Biro Administrasi Efek, dengan tembusan Departemen Investor Perseroan, yang menyatakan bahwa pembayaran dividen belum diterima. Apabila surat permintaan telah masuk, kami akan melakukan pengecekan dengan laporan kami, dan jika sesuai, pemegang saham harus memperbaharui informasi yang relevan (e.g. akun bank, nama yang terdaftar) sesuai dengan kebutuhan. Sebagai lempiran, pemegang saham juga diwajibkan untuk menyerahkan fotokopi KTP terakhir. 

Apakah saya boleh mengajukan pembayaran dividen masa lampau yang belum saya terima?

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, dividen yang tidak diambil setelah 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal yang ditetapkan


Untuk pembayaran dividen lampau, dimasukkan ke dalam cadangan khusus. Dividen yang telah dimasukkan dalam cadangan khusus dan tidak diambil dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun akan menjadi hak Perseroan.

 

Pemegang Saham yang belum mengambil dividen sebelum porsi yang dimaksud menjadi hak Perseroan, dapat mengajukan bagian dividen masing-masing kepada PT Sharestar Indonesia atau Departemen Investor Perseroan untuk diproses lebih lanjut. 

Saya kehilangan sertifikat kepemilikan saham, apakah tindak lanjut yang harus saya ambil untuk memperoleh sertifikat saham yang baru?

Silahkan menghubungi Biro Administrasi Efek kami, dengan melaporkan adanya kehilangan yang dimaksud. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengeluarkan sertifikat saham yang baru adalah:

  • Surat permohonan dan pernyataan, yang menjelaskan terjadinya kehilangan dokumen
  • Salinan dari surat tanda kehilangan dari polisi, dengan menyebutkan nomor SKS
  • Salinan dari pengumuman atas kehilangan di surat kabar. 

Mengacu pada dokumen yang masuk, PT Sharestar Indonesia akan mengumumkan kehilangan tersebut di Bursa Efek Indonesia; untuk kemudian menerbitkan sertifikat baru 6 (enam) bulan setelah tanggal pengumuman.


Selama 6 (enam) bulan, pemegang saham tidak diizinkan untuk mengalihkan dan/atau mengubah kepemilikan saham menjadi script-less.

Apakah tindakan yang harus saya ambil apabila saya menemukan kembali sertifikat saham saya yang lama, yang telah dilaporkan hilang?

Apabila sertifikat baru telah diterbitkan, silahkan mengembalikan sertifikat lama (yang asli) kepada Biro Administrasi Efek atau Departemen Investor Perseroan secepatnya. Namun, apabila sertifikat lama ditemukan sebelum prosedur untuk memperoleh sertifikat baru diselesaikan, Anda dapat menghubungi PT Sharestar Indonesia agar pengumuman di bursa efek dapat segera dicabut.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami