Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Unilever Indonesia Foundation

Pada tanggal 27 November 2000, Unilever Indonesia Foundation (UIF) hadir di Indonesia dengan berbagai tujuan mulianya untuk mencari, memberdayakan potensi dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, menyatukan kekuatan dengan mitra-mitranya serta meningkatkan efektivitas kegiatan dalam pembentukan kemitraan.

Ide-ide pembangunan yang berkelanjutan dan tumbuh bersama dengan masyarakat tidak bisa dipisahkan dari konsep visioner mantan Chairman dan CEO Unilever Indonesia dari periode tahun 1998 hingga 2003, Nihal Kaviratne. Sebagai pemimpin perusahaan, ia sangat memperhatikan upaya untuk membangun budaya perusahaan melalui transformasi organisasi dan perubahan, serta tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Pada saat itu, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Unilever Indoensia masih tidak merata dan belum terintegrasi, sehingga hasilnya jauh dari optimal dan tidak berkelanjutan. Kemudian Unilever Indonesia Foundation pun didirikan untuk melakukan berbagai program dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) secara terpadu.

20 tahun lebih keberadaaan Unilever Indonesia Foundation telah memberikan begitu banyak manfaat positif bagi masyarakat Indonesia, lintas generasi dan lintas provinsi. Program yang dijalankan tidak lagi hanya sebatas CSR dan sekadar kegiatan amal yang temporer. Namun seluruh program yang dijalankan oleh Unilever Indonesia Foundation, merupakan program dan kegiatan berkelanjutan yang menyatu dengan strategi bisnis perusahaan.

Peran Unilever Indonesia Foundation tak dapat dipungkiri menjadi sangat krusial bagi perusahaan untuk mengimplementasikan berbagai kegiatan yang bertujuan memberikan kebaikan dan manfaat positif tidak hanya bagi masyarakat, tetapi juga lingkungan. Sesuai dengan konsep bisnis berkelanjutan perusahaan yang tertuang dalam strategi besar “The Unilever Compass”, strategi untuk menumbuhkan bisnis yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led), serta relevan dan mampu bersaing di masa depan (future-fit).

Unilever Indonesia Foundation memiliki sasaran besar pada perubahan nyata dan positif yang berkelanjutan untuk planet dan masyarakat. Inisiatif melalui berbagai kegiatan yang berkelanjutan tersebut diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan planet, meningkatkan kesehatan, percaya diri dan kesejahteraan seluruh masyarakat yang merupakan suatu bentuk dukungan untuk pencapaian kehidupan masyarakat yang lebih baik. Selain itu, Unilever juga berkontribusi untuk mewujudkan dunia yang lebih adil dan lebih inklusif secara sosial.

Dalam menjalankan program bersama dengan para mitranya di lapangan, Unilever Indonesia Foundation bergerak sesuai dengan visi dan misinya, yaitu menjadikan Unilever menjadi sebuah brand yang memiliki tujuan dan dapat menjalankan fungsi bisnisnya yang berkelanjutan di Indonesia.

Unilever Indonesia Foundation terus melakukan pendekatan secara proaktif kepada para mitranya untuk merancang berbagai program yang sesuai untuk pengembangan masyarakat. Seluruh program yang dilaksanakan oleh Unilever Indonesia Foundation tersebut selalu menekankan pada aspek kualitas daripada kuantitas terhadap suatu program. Bagi Unilever Indonesia Foundation, hal terpenting adalah bagaimana setiap program yang dijalankan berjalan secara berkelanjutan.