Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


SariWangi Ajak Masyarakat Jaga Kadar Kolesterol di Bulan Ramadhan

  • Minum teh yang mengandung flavonoid alami sebanyak tiga cangkir sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol
  • SariWangi berkolaborasi dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Alodokter untuk edukasi pentingnya pola hidup sehat
KV Sariwangi

Jakarta, 7 April 2022 – Bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia, SariWangi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai membangun pola hidup sehat dengan rutin minum teh yang mengandung flavonoid alami guna menjaga kadar kolesterol. Dengan manfaat baik flavonoid bagi kesehatan, SariWangi berharap masyarakat dapat menjalankan Bulan Suci Ramadhan dan #RayakanTanpaKhawatir bersama dengan keluarga dan kerabat.

Data Kementerian Kesehatan melalui Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 41% masyarakat Indonesia1 mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol, dan gorengan lebih dari satu kali dalam sehari. Jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol serta memicu penyakit hipertensi, jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat terutama di bulan Ramadhan ketika pola makan berubah daripada biasanya.

Ari Astuti, Head of Foods & Beverages PT Unilever Indonesia, Tbk. mengungkapkan, “SariWangi senantiasa menyajikan teh berkualitas sejak tahun 1973 untuk menemani momen kebersamaan masyarakat Indonesia. Kali ini SariWangi hadir untuk bisa membawa manfaat baik dari teh bagi kesehatan. Di hari Kesehatan Sedunia ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kadar kolesterol dengan pola hidup sehat termasuk rutin minum SariWangi 100% Teh Asli yang mengandung flavonoid. Ketika dikonsumsi secara rutin, kandungan flavonoid alami di dalam teh SariWangi bisa membantu jaga kadar kolesterol yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya seperti hipertensi dan jantung.”

Flavonoid merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan di dalam sayur, buah, dan paling tinggi kandungannya ada di teh. Hal ini turut diyakini oleh Pembina Yayasan Jantung Indonesia Prof. Dr. dr. Dede Kusmana, Sp.JP (K), yang juga merupakan guru besar Ilmu Kardiologi Universitas Indonesia, “Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi flavonoid alami yang terdapat di dalam teh dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Proses penyajiannya pun harus dilakukan dengan tepat, yaitu rutin minum teh yang mengandung flavonoid sebanyak 600cc per hari tanpa gula atau sama dengan tiga cangkir teh sehari untuk membantu menurunkan kolesterol.”

Untuk mengedukasi masyarakat secara lebih luas, SariWangi bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk meluncurkan program Heart at Home. Rangkaian program bersama YJI bertujuan untuk menjaga kadar kolesterol dengan gaya hidup yang baik, salah satunya dengan minum teh. Selain itu, SariWangi juga berkolaborasi dengan Alodokter dalam penyebaran edukasi tentang kebaikan senyawa flavonoid dalam kandungan SariWangi 100% Teh Asli yang dapat membantu jaga kadar kolesterol.

“Kami sangat senang brand seperti SariWangi menunjukkan kepeduliannya akan pentingnya menjaga kesehatan khususnya kadar kolesterol yang dapat memicu penyakit kardiovaskuler, yang merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Melalui kerja sama dalam Heart at Home Program, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat memahami pentingnya melakukan pencegahan sejak dini lewat pola hidup yang sehat dan juga tips-tips untuk dapat menjaga kadar kolesterol seperti minum teh yang mengandung flavonoid melalui rangkaian program edukasi yang akan kami lakukan,” jelas Esti Nurjadin, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia.

Hal serupa juga dinyatakan dalam IG Live Alodokter bertajuk “Jaga Kadar Kolesterol di Bulan Ramadhan dengan Minum Teh Asli Tiap Hari”. Dihadiri oleh dr. Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC dan juga Donita Nugroho, diskusi yang dilakukan di hari Kesehatan Sedunia ini mengungkapkan bahwa bulan puasa menjadi momen untuk membangun kebiasaan diri menjalankan pola hidup yang sehat. Apalagi terkait kebiasaan makan yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kolesterol, terutama di bulan puasa dimana banyak makanan mengandung kolesterol tinggi. Dr. Vito juga menambahkan, “Generasi muda pun memiliki risiko kolesterol tinggi yang bisa berdampak pada penyakit jantung dan pembuluh darah termasuk kolesterol. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam memilih makanan, minuman, dan menjalani pola hidup sehat, seperti makan sayur dan buah serta minum teh asli yang mengandung flavonoid.”

Di sela-sela diskusi IG Live, Donita turut berbagi pengalamannya menjalankan puasa bersama keluarga. “Momen berpuasa di bulan Ramadhan adalah saat yang paling ditunggu karena bisa berkumpul dengan keluarga terdekat. Makanan yang digoreng atau berlemak masih menjadi salah satu menu kesukaan keluarga kami. Oleh karena itu, aku mengimbanginya dengan lebih sering minum teh SariWangi baik ketika sahur, saat berbuka puasa, maupun setelah tarawih, sehingga aku tetap bisa makan enak tanpa khawatir kolesterol naik,” jelas Donita.

SariWangi mengajak masyarakat untuk #RayakanTanpaKhawatir di bulan Ramadhan ini dengan merasakan manfaat flavonoid dari minum teh secara rutin. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat flavonoid bagi kesehatan, konsumen dapat melihatnya di kemasan SariWangi TB 30 dan SariWangi TB 50 spesial Ramadhan atau kunjungi https://www.tehsariwangi.com/kebaikan-teh.