Memaknai Cerita di Balik Noda bersama Fira Basuki

Buku "Cerita Di Balik Noda" berisikan 42 kisah inspirasi jiwa yang terilhami pengalaman kehidupan para ibu Indonesia dan cerita hati Fira Basuki.

JAKARTA, 31 JANUARI 2013 – Fira Basuki hari ini meluncurkan buku terbarunya secara resmi di hadapan rekan-rekan media di restoran Kembang Goela, Jakarta. Buku “Cerita di Balik Noda” ini berisikan cerita-cerita inspirasi jiwa yang khusus didedikasikan bagi seluruh ibu dan anak Indonesia. Sebagai seorang ibu dari dua anak perempuan, noda adalah sesuatu hal yang sangat wajar dialami oleh Fira Basuki. Berdasarkan keseharian yang dijalani, Fira menyadari bahwa dari setiap “noda” terdapat cerita bagaimana anak-anak bisa melakukan sesuatu yang positif, luar biasa, dan menakjubkan.

“Kisah-kisah dalam ‘Cerita di Balik Noda’ ini seolah menyadarkan kita betapa anak-anak adalah sumber kebijaksanaan hidup yang tak pernah kering jika kita mau melihatnya dengan cinta. Kenakalan mereka adalah kilau emas, dan kepolosan mereka adalah mentari pagi yang menghangatkan jiwa,” ujar Fira.

Buku “Cerita di Balik Noda” mempersembahkan 42 cerita inspirasi jiwa yang Fira tulis, 38 diantaranya terilhami oleh cerita ibu Indonesia. Fira juga menambahkan 4 kisah yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya sendiri. Buku karya Fira ke-27 ini diluncurkan untuk menjadi salah satu medium bagi para ibu dalam memahami dan menyadari bahwa anak- anak dapat melakukan banyak hal positif yang luar biasa meskipun saat melakukannya pakaian mereka menjadi kotor. Fira juga berharap buku ini dapat memiliki peran dalam hal membantu orangtua khususnya para ibu dalam pengasuhan dan pembentukan landasan moral anak-anak serta merangsang terjadinya diskusi terbuka antara orangtua dan anak mengenai masalah dan pengalaman yang dialami anak-anak.

Sependapat dengan Fira, psikolog keluarga, Sani B. Hermawan juga merasakan pentingnya membiarkan anak mengeksplorasi dunianya dengan leluasa. “Saat anak menjelajahi lingkungan sekitarnya, noda adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari. Noda bisa berasal dari cat, pasir, tanah, maupun lumpur sekalipun. Kita sebagai ibu memiliki peranan penting untuk melihat apa yang anak coba lakukan, dan pelajaran apa yang mereka dapatkan. Dengan diberi kebebasan bereksplorasi di lingkungan dan alam, dapat membantu pembentukan nilai-nilai karakter pada anak, menumbuhkan rasa percaya diri dan pada akhirnya membantu mereka mencapai tahap perkembangan mental dan fisiknya seorang anak secara optimal,” ujarnya.

Dalam melahirkan buku “Cerita Di Balik Noda” ini Fira Basuki mendapat dukungan penuh dari Rinso yang memiliki visi sama yaitu percaya bahwa dalam setiap “noda” terdapat nilai penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Rinso juga mengajak orangtua untuk memberikan anak-anak kebebasan dalam mengekspresikan kreativitas mereka melalui eksplorasi dan membiarkan mereka merasakan masa kanak-kanak dengan leluasa meskipun jika harus membuat pakaian mereka menjadi kotor.

“Cerita-cerita dalam buku ini awalnya ditulis oleh para peserta lomba menulis bertema ‘Cerita Di Balik Noda’ yang diprakarsai oleh Rinso Indonesia melalui jejaring sosial Facebook. Mayoritas cerita yang dikirimkan berasal dari para ibu seperti saya. Mereka bercerita mengenai anak-anaknya.Yang menarik, banyak ibu yang justru belajar dari sikap anak-anaknya," tambah Fira.

Fira Basuki sebagai penulis, percaya buku Cerita di Balik Noda ini dapat lebih jauh menginspirasi pembacanya; tak hanya para ibu, tetapi juga menginspirasi calon ibu, calon ayah, calon istri, bahkan calon suami, karena itu selain mengangkat kisah mengenai ibu dan anak, ia sisipkan juga berbagai kisah hidup yang bersinggungan dengan mengambil hikmah dari “noda”.

“Sederet cerita mengenai ibu-anak tersebut membuat saya tertantang untuk menyumbangkan cerita tersendiri. Baik itu dari hubungan pekerja dan bos, kakak-beradik, suami-istri, dan lainnya. Saya pasang kuping lebar-lebar untuk menjaring cerita dan kemudian mengembangkannya menjadi kisah baru. Hasilnya, empat tulisan lahir dari tangan saya, yaitu ‘Bos Galak’, ‘Sarung Ayah’, ‘Pohon Kenangan’, dan ‘Foto’,” ungkapnya. Melalui buku ini, Fira bersama Rinso berharap agar cerita inspirasi jiwa yang dikisahkan, dapat kemudian melahirkan cerita-cerita baru yang menandakan semakin banyaknya orangtua yang lebih terbuka dalam melihat hikmah positif di balik “noda”.

Christopher Oey, Senior Brand Manager Rinso yang turut hadir di acara peluncuran ini menyampaikan, “Buku ‘Cerita di Balik Noda’ juga memiliki misi untuk menginspirasi pembacanya agar terus berbagi cerita-cerita di balik noda sehingga lebih banyak lagi orangtua dan anak yang dapat merasakan manfaat pentingnya memberikan anak-anak kebebasan dalam mengeksplorasi dunia mereka. Semakin banyak kita berbagi cerita, semakin banyak pula inspirasi jiwa yang akan memperkaya Indonesia.”

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top