Buavita dukung komitmen hidup sehat

Setelah sukses menggelar kampanye ’Be Frutarian’ sejak lima tahun lalu, hari ini Buavita, brand jus kemasan produksi PT Unilever Indonesia Tbk. yang peduli akan vitalitas masyarakat, kembali meluncurkan kampanye bertajuk “Be Frutarian: Small Actions, BIG Difference”.

Jakarta, 30 April 2013 – Setelah sukses menggelar kampanye ’Be Frutarian’ sejak lima tahun lalu, hari ini Buavita, brand jus kemasan produksi PT Unilever Indonesia Tbk. yang peduli akan vitalitas masyarakat, kembali meluncurkan kampanye bertajuk “Be Frutarian: Small Actions, BIG Difference”. Kampanye lanjutan ini diluncurkan sebagai wadah dan fasilitas lengkap bagi masyarakat yang ingin memulai gaya hidup sehat. Selama ini, kampanye ’Be Frutarian’ telah berhasil membentuk komunitas yang terus membawa pesan-pesan positif tentang gaya hidup sehat dengan mempopulerkan kekayaan manfaat buah untuk tubuh.

Arya Bahupringga, Senior Brand Manager Buavita mengatakan, “Kampanye ’Be Frutarian: Small Actions, BIG Difference’ kami adakan karena Buavita melihat kecenderungan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih jauh dari standar ideal untuk mencapai hidup sehat, baik itu pola makan atau variasi makanan yang belum seimbang dan kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Padahal keduanya cepat atau lambat akan berpengaruh pada kesehatan dan vitalitas kita sehari-hari.”

Pemerintah dan dan pakar kesehatan pada saat yang sama makin menggalakkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), sebagai sebuah pedoman yang menyatakan bahwa dua dari empat pilar kesehatan yang harus dipenuhi seseorang untuk dapat menjalankan hidup sehat meliputi: mengonsumsi makanan bervariasi sesuai kebutuhan dan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan terukur. Namun sangat disayangkan, komitmen masyarakat untuk melakukan keduanya masih sangat rendah.

Soal konsumsi makanan, hasil Riset Kesehatan Dasar 2010 menunjukkan bahwa ternyata rata-rata konsumsi lemak dan karbohidrat nasional masih melebihi anjuran PUGS. Selain itu, meskipun masyarakat menyadari bahwa buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi buah di Indonesia masih sangat rendah, yaitu sekitar 40kg/kapita/tahun, masih jauh di bawah rekomendasi Food and Agriculture Organization (FAO) yaitu minimal 65,75 kg/kapita/tahun.

Melihat data tadi dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, selaku ahli nutrisi menanggapi, “Buah sesungguhnya memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi pola makan yang seimbang sesuai PUGS. Dengan mengonsumsi buah secara rutin dalam jumlah cukup, kandungan buah seperti vitamin, phytochemicals, serat dan mineral dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kita setiap harinya serta membantu mengurangi resiko banyak penyakit. Perlu diingat bahwa agar mencapai hasil yang efektif, setiap hari kita perlu mengonsumsi buah yang beragam tiap hari agar hasilnya efektif, karena tidak ada buah yang mempunyai manfaat lengkap.”

“Banyak orang yang merasa repot untuk mengonsumsi buah, padahal ini tidak bisa dijadikan alasan. Di tengah kesibukan, jus buah yang mengandung berbagai manfaat yang terdapat dalam buah asli dapat dijadikan sebagai alternatif praktis dalam melengkapi kebiasaan mengonsumsi buah,” lanjut dr. Samuel.

Disamping pola makan yang masih harus diperbaiki, saat ini masyarakat Indonesia juga dihadapkan dengan menjamurnya penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup sedentary, yaitu pola hidup dimana seseorang tidak banyak melakukan aktivitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan. Pola hidup seperti ini pun mampu menyebabkan penyakit-penyakit serius seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, jantung koroner, dan obesitas. Untuk itu masyarakat harus mulai membiasakan diri untuk lebih aktif bergerak setiap hari.

dr. Grace Tumbelaka, seorang spesialis kedokteran olahraga mengemukakan, “American College of Sport Medicine memperkenalkan sebuah prinsip yang dinamakan “FITT”: Frequency, Intensity, Time, and Type, yang menyatakan bahwa frekuensi atau keteraturan dalam melakukan aktivitas fisik adalah kunci dari keberhasilan menjalankan gaya hidup sehat. Untuk hasil yang optimal tentunya olahraga memberikan efek yang lebih besar. Namun sebenarnya berbagai kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, apabila dilakukan dengan secara baik, benar, teratur dan terukur, dapat menjadi bentuk olahraga yang efektif.”

Menanggapi berbagai permasalahan tersebut, kali ini Buavita mengambil inisiatif untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat melalui kampanye ‘Be Frutarian: Small Actions, BIG Difference’ yang mendukung masyarakat Indonesia berkomitmen untuk mulai melakukan berbagai aktivitas sehat disertai dengan konsumsi buah atau jus buah setiap hari.

Arya menuturkan, “Selama ini hidup sehat selalu diidentikkan dengan usaha yang memberatkan. Melalui kampanye ini, kami ingin menyadarkan masyarakat bahwa sebenarnya pola hidup sehat seharusnya diawali dengan kebiasaan melakukan langkah-langkah kecil dan sederhana yang jika dilakukan dengan rutin akan memberikan hasil yang optimal. Kampanye ini akan membentuk suatu komunitas online di situs www.buavita.co.id(Link opens in a new window), Facebook fan page frutarianID dan akun twitter @frutarianID dimana Buavita akan menyediakan sebuah support system bagi sebanyak mungkin Frutarian dalam menjalankan komitmen hidup sehatnya.”

Support system yang diberikan antara lain berupa kesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan ahli gizi dari Buavita seputar hidup sehat, inspirasi beragam cara menikmati kreasi Buavita dari mixologist pilihan, serta tentunya kesempatan untuk saling berbagi dukungan dengan sesama anggota komunitas Frutarian yang turut bergabung dalam kampanye ini. Darius Sinathrya dan Donna Agnesia selaku Brand Ambassador Buavita yang turut hadir pada acara peluncuran hari ini berbagi cerita, ”Dengan kesibukan yang kami berdua jalani, dulu kami sering merasa terlalu sibuk untuk mulai berkomitmen hidup sehat. Ternyata hal-hal kecil bisa jadi begitu berarti asalkan kita melakukannya dengan konsisten. Untuk itu, kami sangat mendukung pesan positif dari kampanye ini dengan turut mengajak masyarakat untuk berkomitmen melakukan aktivitas sehat dan mengkonsumsi buah dan jus setiap hari untuk mengawali hidup sehat mereka. Terlebih kami sendiri adalah Frutarian, yang memang sangat percaya akan manfaat buah untuk kesehatan dan vitalitas sehari-hari.”

”Melalui kampanye ini, Buavita berharap bisa menjadi teman, sumber inspirasi dan penyemangat untuk setiap langkah-langkah kecil Fruitarian yang akhirnya dapat membawa perubahan besar menuju hidup sehat, dan tentunya untuk bersama-sama menularkan semangat ini ke sebanyak mungkin Frutarian. Saya undang sebanyak mungkin masyarakat untuk bergabung dan merasakan manfaatnya,” tutup Arya.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top