Kembali tularkan semangat budaya hidup bersih melalui kebersihan tempat bersejarah kota jakarta

Tularkan Semangat Budaya Hidup Bersih melalui Kebersihan Tempat Bersejarah.

Jakarta, 8 Oktober 2013 – Dalam rangka melanjutkan komitmen Cif dalam menggalang kepedulian masyarakat Jakarta untuk menjaga kebersihan situs bersejarah kota, Cif kembali menggelar Cif Cleaning Project pada bulan Oktober 2013 yang akan membersihkan Stasiun Kereta Jakarta Kota seluas kurang lebih 3.000m² dan sejumlah armada kereta. Cif percaya bahwa dengan menjaga kebersihan dan situs bersejarah Jakarta akan menimbulkan kebanggaan masyarakat kotanya.

Sejak tahun 2012, Cif menggagas Cif Cleaning Project dengan misi untuk meningkatkan kepedulian dan kebanggaan warga Jakarta terhadap kebersihan dan keindahan situs bersejarah dan fasilitas umum yang ada di kota tercintanya. Cif Cleaning Project pertama kali dilaksanakan di kawasan Kota Tua dengan melibatkan dukungan masyarakat yang diwakilkan oleh berbagai komunitas di Jakarta. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena mampu menggerakkan masyarakat untuk membantu memelihara kebersihan juga keindahan situs bersejarah kota.

Asep Haekal, Brand Manager Cif PT. Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, ”Tahun 2013 ini Cif melalui Cif Cleaning Project kembali membersihkan tempat bersejarah kota Jakarta, yaitu Stasiun Kereta Jakarta Kota. Kegiatan Cif Cleaning Project ini merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk terus menginspirasi dan mengajak masyarakat untuk mencintai situs bersejarah kotanya dengan cara menjaga kebersihannya”.

Drs. Johannes Frederik Warouw, MA selaku Sosiolog Perkotaan menjelaskan, “Kecintaan masyarakat terhadap situs bersejarah masih perlu ditingkatkan. Masyarakat sesungguhnya paham betul mengenai pentingnya nilai sejarah situs-situs yang ada seperti Stasiun Kereta Jakarta Kota namun mereka masih perlu lebih menyadari pentingnya memelihara situs tersebut. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat baik untuk menstimulasi khalayak ramai dalam menjaga kebersihan kota. Ujungnya, budaya hidup bersih masyarakat kota akan terbentuk termasuk dalam menjaga kebersihan situs bersejarah.”

Nilai sejarah yang dimiliki Stasiun Kereta Jakarta Kota dijelaskan oleh Assistant Manager Architecture Development dari PT Kereta Api Indonesia, Widya Sena Pradipta, “Selain memiliki kesibukan yang tinggi, Stasiun Kereta Jakarta Kota memiliki sejarah panjang sejak beroperasi tahun 1929. Oleh karena itu, selain menjadi salah satu pusat arus transportasi kota Jakarta hingga saat ini, stasiun ini juga dianggap sebagai salah satu cagar budaya dan situs bersejarah kota Jakarta."

"Stasiun ini dulu dikenal sebagai Stasiun Beos, kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur). Ada pula yang mengatakan bahwa, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan sekitarnya, menyimbolkan fungsi stasiun ini sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota-kota lain seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.”

Mengacu pada tingginya nilai sejarah Stasiun Kereta Jakarta Kota, Kepala Humas PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta, Sukendar Mulya menyambut baik kegiatan Cif Cleaning Project ini, “Kami memberikan apresiasi tinggi kepada kegiatan ini karena menyadarkan masyarakat luas bahwa menjaga kebersihan dan kelestarian stasiun kereta Jakarta merupakan tanggung jawab bersama. Selain itu, gerakan ini sejalan dengan upaya kami dalam melakukan pembenahan di berbagai aspek untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi pengguna.”

Saat ini kereta semakin digemari di Jakarta, mengingat daya tampungnya yang sangat besar dan mampu menghindari kemacetan. Di Jakarta, kereta rel listrik (KRL) digunakan oleh sampai 600.000 penumpang per hari. Melihat pentingnya peran Stasiun Kereta Jakarta Kota dan kereta bagi masyarakat luas, kebersihan dan keindahannya pun penting untuk diperhatikan. “Hal inilah yang membuat Cif memfokuskan kegiatan Cif Cleaning Project untuk membersihkan Stasiun Kereta Jakarta Kota dan sebuah rangkaian kereta," tegas Haekal.

Kegiatan Cif Cleaning Project yang menggandeng masyarakat luas. Prajurit Cif yang akan membersihkan Stasiun Kereta Jakarta Kota dan sejumlah armada kereta sampai menjadi bersih berkilau, hadir atas kontribusi masyarakat dengan cara menekan tombol “dukungan” di website (www.cifcleaningproject.com). Setiap tambahan 1000 dukungan berarti menambah satu prajurit Cif.

Johannes melanjutkan, “Sebagai warga Jakarta dalam memelihara cagar budaya dan fasilitas publik tidak harus selalu ikut membersihkan secara langsung, tapi dapat diwujudkan melalui cara-cara sederhana seperti berkomitmen untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan toilet, tidak mencoret tembok, tidak merokok di sembarang tempat, dan tentunya saling menularkan budaya hidup bersih dengan yang lainnya.”

Selain melakukan pembersihan, Cif juga memfasilitasi masyarakat dengan menambahkan tempat sampah di berbagai titik di Stasiun Kereta Jakarta Kota, dan mengampanyekan budaya hidup bersih melalui mobile trash bin atau tempat sampah yang dapat dipindah-pindahkan, petisi untuk mengumpulkan dukungan dari masyarakat, serta interaksi langsung dengan warga Jakarta termasuk pengguna tanpa membagikan brosur yang terbuang sehingga dapat mengurangi sampah.

Sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan, Cif akan terus menyebarkan semangat kepada masyarakat luas untuk menjaga kebersihan melalui berbagai cara mulai dari pembersihan situs-situs bersejarah dan fasilitas umum lain, media sosial, website, media televisi dan radio, sampai kegiatan langsung dengan melibatkan masyarakat kota. “Dengan demikian, Cif berharap “Cif Cleaning Project” kali ini dapat kembali menginspirasi masyarakat kota untuk menjaga kebersihan kota. Pada akhirnya, budaya hidup bersih ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah ataupun di fasilitas publik yang mereka temui,” tutup Haekal.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top