Industri Consumer Goods

Media workshop untuk memberikan gambaran/pengetahuan lebih dalam tentang seluk beluk industri consumer goods.

Replace this image

Jakarta, 21 November 2012– PT Unilever Indonesia Tbk, perusahaan penyedia barang-barang konsumen yang telah tumbuh berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 78 tahun, hari ini menyelenggarakan workshop dengan tema “Industri Consumer Goods: Tantangan2013dan Strategi Memenangkan Pasar”.Bertempat di President Lounge Jakarta, workshop yang diperuntukan bagi media ini bertujuan memberikan informasi lebih dalam tentang seluk beluk industri consumer goods dan gambaran bisnis 2013 di Indonesia.Workshop menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya, yakni Iwan Murty, Managing Director Ipsos Indonesia – perusahaan riset pasar yang independen berbasis di Perancis; Sancoyo Antarikso, External Relations Director & Corporate Secretary PT Unilever Indonesia, Tbk.; Eka Sugiarto – Marketing Manager PersonalCare PT Unilever Indonesia Tbk.; Ricky Tjahjono – Research & Development Head Unilever Indonesia/Malaysia.

Ada tiga hal utama yang disampaikan dalam workshop ini, yaitu : (1) Situasi dan kondisi pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta consumer trends yang ada saat ini, (2) Consumer goods sebagai salah satu bisnis yang menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, (3) Strategi perusahaan Consumer Goods, khususnya Unilever Indonesia, dalam mempertahankan pertumbuhan , dengan dukungan keahlian global dalam Marketing dan Research & Development.

“Tren pasar consumer good di tanah air akan meningkat di tahun depan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ini juga mendorong peningkatan kesejahteraan masyakarat kelas menengah yang berdampak pada meningkatnya permintaan terhadap pendidikan, kesehatan dan pembangunan, adanya perubahan perilaku konsumen, masyarakat yang lebih mudah bergerak dan terhubung secara digital, meningkatnya kekuatan wanita,” demikan jelas Iwan Murty, Managing Director Ipsos Indonesia. “Yang menarik dari hasil Ipsos online consumer behavior survey menunjukkan bahwa frekuensi belanja barang-barang domestik lebih besar dibandingkan barang-barang luar negeri.” lanjutnya.

Unilever Indonesia merupakan salah satu perusahaan Consumer Goods yang mencatat pertumbuhan yang sangat baik dari tahun ke tahun. Keberhasilan ini adalah buah dari strategi yang menyeluruh di sepanjang rantai nilai perusahaan. Dua elemen yang memegang peranan penting dalam keberhasilan perusahaan adalah inovasi dan pemasaran.

“Inovasi adalah motor penggerak bisnis kami. Inovasi ini tidak terbatas pada inovasi produk, melainkan juga mencakup berbagai aspek lain, seperti proses produksi, teknologi, kemasan, cara pemasaran dan lain-lain. Sebagai perusahaan multinasional, kami memperoleh dukungan penuh keahlian global dalam bidang riset, teknologi dan pengembangan. Di lain pihak, karena kami telah berada di Indonesia sejak tahun 1933, kedekatan kami dengan masyarakat Indonesia membuat kami dapat memahami keinginan, harapan dan aspirasi mereka. Sensitivitas lokal untuk mengetahui insight dari masyarakat, yang didukung oleh keahlian global ini merupakan salah satu kunci penting dalam kesuksesan Unilever Indonesia,” kata Sancoyo Antarikso. Hal ini membuahkan pertumbuhan pesat Unilever Indonesia dari tahun ke tahun, hingga mencatat omset sebesar Rp 23,5 triliun pada tahun 2011. Di kuartal ketiga 2012, omsetmencapai Rp 20,3 triliun, tumbuh 17,4% dari tahun sebelumnya. Sementara laba bersih naik 20,8% menjadi Rp 3,6 triliun.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top