Unilever Indonesia Salah Satu dari Lima Perusahaan Publik Terbaik

Penghargaan dari Indonesian Finance Review (IFR)

Jakarta, 6 Juni 2011 – PT Unilever Indonesia, Tbk. terpilih sebagai salah satu dari lima perusahaan emiten berkinerja terbaik sepanjang 2010 versi Indonesian Finance Review (IFR), sebuah publikasi finansial terbitan Majalah Tempo bersama Independent Research & Advisory Indonesia. Unilever memperoleh penghargaan untuk kategori konsumer dan perdagangan. Penyerahan penghargaan berlangsung pada Malam Penganugerahan Emiten Terbaik di Ballroom hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (31/5).

Hadir dan menerima penghargaan, Direktur PT Unilever Indonesia Tbk, Joseph Bataona. Penyerahan penghargaan diberikan oleh Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nurhaida, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito dan Direktur Utama PT Tempo Inti Media, Bambang Harymurti.

Pemeringkatan mengacu pada kinerja saham, keuangan, dan pengaruhnya sebagai penggerak di pasar modal Indonesia, serta berdasarkan laporan keuangan per Desember 2010.

Joseph Bataona mengatakan, “Kami sangat bersyukur terpilih menjadi salah satu perusahaan emiten terbaik 2010.Dengan skor penilaian 7,5 poin kami dianggap pantas mendapatkan penghargaan ini karena sukses mempertahankan kinerja di sektor konsumer. Penghargaan ini merupakan salah satu bukti bahwa keberhasilan kami dalam mempertahankan kinerja berkat sumber daya manusia (SDM) yang tangguh melalui inovasi produk dan agresif dalam pemasaran”.

Sebanyak 424 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah diseleksi oleh panitia. Seleksi dilakukan bertahap dengan mengeluarkan perusahaan yang tidak memenuhi kriteria. Dari hasil seleksi awal, terdapat 283 perusahaan yang kemudian mengikuti seleksi lebih lanjut hingga tersisa 100 perusahaan berkapitalisasi pasar besar dan likuiditas yang wajar. Pada tahap ini, seleksi berdasarkan pada lima sektor yang menguasai 93 persen kapitalisasi pasar modal Indonesia.

Lima sektor yang dimaksud adalah finansial, pertambangan, industri, konsumer dan perdagangan serta infrastruktur. Selanjutnya, untuk menentukan perusahaan dengan kinerja terbaik dipilih berdasarkan 10 kriteria dengan pembobotan tertentu. Ke-sepuluh kriteria itu mencakup tingkat pengembalian modal (RoE), tingkat pengembalian aset (RoA), kinerja harga saham, laba per saham, net marjin, pertumbuhan pendapatan, pendapatan per karyawan, price to book value, kapitalisasi pasar, dan laba perusahaan.

PT Unilever Indonesia Tbk

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773

media-relations.indonesia@unilever.com

Back to top