Bulan Kesehatan Gigi Nasional Datang Lagi

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 memperlihatkan data memprihatinkan bahwa sebanyak 89% anak-anak di bawah usia 12 tahun mengalami karies atau gigi berlubang.

Jakarta,15 Agustus2011 –Keengganan masyarakat untuk merawat dan memeriksakan kesehatan giginya secara teratur ke dokter gigi menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas kesehatan gigi di masyarakat.Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)2007 memperlihatkan data memprihatinkan bahwa sebanyak 89% anak-anak di bawah usia 12 tahun mengalamikariesatau gigi berlubang. Dengan kata lain hanya 11% anak Indonesia yang terbebas dari karies.

Berangkat dari fakta tersebut dan mempertegas komitmenberkelanjutan, Unilever melalui brand Pepsodent, kembali bersinergi bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) untuk menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 selama bulan September dan Oktober. Hal ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan antara drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia, Tbk., drg. Zaura Anggraeni, MDS, Ketua Pengurus Besar (PB) PDGI dan Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri,drg.Sp.Ortho (K), Ketua AFDOKGI sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran sebagai bentuk komitmen kerjasama berkelanjutan.

“Mengunjungi dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali dan menyikat gigi minimal dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur merupakan langkah kecil preventif agar kerusakan gigi bisa dicegah sejak dini. Pesan inilah yang disampaikan pada BKGN 2011 yang utamanya diarahkan kepada anak dan orang tua dengan harapan bahwa kedepannya mereka sadar akan pentingnya mengunjungi dokter gigi secara rutin serta mengetahui cara dan waktu tepat menyikat gigi,” ujar drg. Ratu Mirah Afifah.,GCClindent., MDSc.

Masih menurut data Riskesdas 2007, secara rata-rata penduduk Indonesia memiliki angka PTI (besarnya keinginan seseorang untuk menambal giginya dalam usaha mempertahankan gigi tetap) sangat rendah, yaitu hanya sebesar 1,6%. Melihat data tersebut, Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri drg., Sp. Ortho, mengungkapkan “Masyarakat masih enggan untuk memeriksakan kesehatan giginya secara teratur ke dokter gigi karena rasa takut, sakit yang tidak tertahan dan biaya yang mahal. Fakultas Kedokteran Gigi mempunyai fasilitas Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang baik dan tenaga ahli di bidang kesehatan gigi dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat.”

Lebih lanjut, Prof. Eky mengungkapkan hasil penyelenggaraan BKGN 2010, ”BKGN 2010 mendapat tanggapan yang positif, terlihat dari hampir 20.000 masyarakat Indonesia mendapatkan perawatan gratis di BKGN 2010 melibatkan kurang lebih 2600 tenaga kesehatan gigi di 13 FKG seluruh Indonesia. Secara umum terjadi peningkatan signifikan anggota masyarakat yang mengunjungi Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) di beberapa FKG yang melaksanakan BKGN seperti di Unpad, UGM dan USU. Hal tersebut, menandakan peningkatan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan giginya.”

drg. Rini Zaura MDS mengungkapkan, “Pemeriksaan rutin ke dokter gigi sangat penting mengingat kesehatan gigi memainkan peran vital bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Kesehatan gigi yang berkualitas akan berdampak pada tubuh yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”

Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional merupakan bentuk komitmen Unilever, melalui brand Pepsodent, dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi masyarakat Indonesia. Sudah hampir 40 tahun Unilever melakukan kegiatan edukasi di sekolah-sekolah dan menjalin kemitraan dengan PDGI, FKG, Politeknik Kesehatan Gigi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan LSM. Kemitraan ini dilandasi dengan komitmen yang kuat dan secara konsisten direalisasikan dalam bentukpemeriksaan dan perawatan gigi gratis, pelatihan kader kesehatan, seminar kesehatan gigi dan mulut serta berbagai penyuluhan yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia.Dari hasil kemitraan yang erat ini, sampai dengan tahun 2010, telah berhasil menjangkau hampir 6 juta anak Indonesia yang tersebar di ribuan sekolah di 65 kota di seluruh Indonesia.

“Saya berharap inisiatif yang dilakukan Unilever, PDGI dan AFDOKGI padaBKGN yang keduaini dapat menjadikan tanggal 12 September sebagai pencanangan hari kesehatan gigi se-Indonesia,” ujar Mirah menutup siaran persnya.

PT Unilever Indonesia Tbk

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773

media-relations.indonesia@unilever.com

Back to top