Pepsodent Dukung Kemajuan Keilmuan Kedokteran Gigi di Indonesia Melalui Foril X 2011

Foril X merupakan acara pertemuan ilmiah di bidang kedokteran gigi yang rutin dilaksanakan setiap 3 tahun sekali oleh FKG Universitas Trisakti sejak tahun 1984. Acara ini juga menghadirkan pembicara dan praktisi di bidang kedokteran gigi yang terdiri dari pembicara lokal dan internasional. Tahun ini merupakan kali ke-10 Pepsodent mendukung terselenggaranya kegiatan ini, dimana bentuk dukungannya berupa pemberian penghargaan dalam kompetisi ilmiah Pepsodent-Foril Award di lima kategori yakni Penelitian, Laporan Kasus, Telaah Pustaka, Poster Ilmiah dokter gigi maupun mahasiswa kedokteran gigi.

“Dana penelitian di Indonesia masih sangat minim, hal tersebut menyebabkan iklim penelitian di Indonesia termasuk di bidang kedokteran gigi masih belum berkembang. Berlatar belakang hal tersebut, pemberian penghargaanPepsodent Foril Award pada ajang Foril Xini dimaksudkan sebagaiwujud nyata kepedulianPepsodent untukmeningkatkan iklimpenelitiandi Indonesia sehingga diharapkan melahirkanpenelitian-penelitianyang bermanfaatsertatepat guna bagiperkembangan danpeningkatanilmu kedokteran gigi dan berujung pada peningkatan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia,” ungkap Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent., MDSc., selaku Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk.,

Kuatnya dukungan yang diberikan oleh Pepsodent mendapatkan apresiasi positif dari Ketua Panitia Foril X, Drg. Jeddy Sp.KGA.,“Kerjasama antara FKG Trisakti dengan Pepsodent telah berlangsung sejak pertama kali FORIL diadakan di tahun 1984 yang dituangkan ke dalam bentuk penghargaan Pepsodent- Foril Award. Pada FORIL X ini juga merupakan kali pertama diadakannya lomba Poster Ilmiah untuk para mahasiswa Kedokteran Gigi dan jumlah peserta yang meningkat dibanding FORIL sebelumnya. Semoga sinergi ini dapat membuahkan hasil yang positif untuk mendorong para dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi menemukan terobosan baru di bidang kedokteran gigi di Indonesia.”

Pepsodent Foril Award diikuti oleh puluhan peserta dimana tim jurinya terdiri dari tiga orang juri yang berkompeten, termasuk ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg. Zaura Anggraeni, MDS. Terdapat 79 karya ilmiah yang masuk untuk keseluruhan kategori dengan rincian 16 karya ilmiah untuk Kategori Penelitian, pada kategori Laporan Kasus terdapat 25 karya ilmiah dan sisanya masing-masing 14 untuk kategori Tinjauan Pustaka dan 24 karya ilmiah untuk Kategori Poster.

Salah satu pemenang dari Pepsodent Foril Award 2011 adalah DR Haryono Utomo, Drg, Sp.Ort selaku staf pengajar FKG Unair Surabaya yang muncul sebagai Karya Ilmiah terbaik di Kategori Penelitian dengan judul penelitian Rapid Decrease of Allergic and Neurogenic Asthma Biomarkers After The Assisted Drainage Therapy”.Melalui penelitian ini ditemukan teknik terbaru yang dinamakan Assisted Drainage Therapy yaitu kombinasi antara upaya pembersihan karang gigi dan akarnya dengan pemijatan gusi ternyata terbukti dapat menurunkan serangan asma pada anak. Penelitian ini juga kembali membuktikan bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum.

Selain acara ilmiah internasional, Foril juga mengadakan pameran alat dan bahan kedokteran gigi dengan skala nasional – internasional yang diikuti perusahaan dental lokal dan internasional. Pada acara ini, diharapkan dapat diikuti oleh sekitar 2.000 dokter gigi, mahasiswa kedokteran gigi, perawat dan teknisi gigi dari dalam dan luar negeri serta dikunjungi oleh 10.000 dokter gigi di area pameran. Pepsodent, merek pasta gigi yang berkomitmen tinggi terhadap kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia, merupakan salah satu nama terdepan di dalam industri yang juga menjadi mitra tetap FKG Trisakti dalam penyelenggaraan Foril.

“Komitmen PT. Unilever Indonesia, melalui brand-nya Pepsodent, sejak pertama FORIL diadakan ditandai dengan penukaran piagam kerja sama dari FKG Trisakti kepada Pepsodent untuk kelanjutan kerjasama ini di FORIL yang akan datang. Keterlibatan Pepsodent dalam Foril selama ini bersumber dari semangat untuk terus menggali, memperdalam dan memperluas wawasan akan perkembangan kemajuan ilmu dalam bidang kedokteran gigi di Indonesia,” ujar drg. Mirah menutup uraiannya.

PT Unilever Indonesia Tbk

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773

media-relations.indonesia@unilever.com

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top