Lima bulan yang lalu, kebanyakan orang bahkan belum pernah mendengar tentang COVID-19. Namun, hampir dalam semalam, semua perhatian beralih ke penyakit yang tak terlihat tetapi mematikan ini. Dan itu memang beralasan. Nyawa banyak orang sedang dipertaruhkan.

Dengan demikian, fokusnya bergeser dari ancaman yang jauh lebih besar dan ada di mana-mana terhadap manusia dan planet ini: krisis iklim dan alam.

Jadi, kita semua harus melipatgandakan upaya. Karena, walaupun waktu tidak berpihak kepada kita, kita memiliki peluang untuk bertindak.

Itu sebabnya, hari ini, kami mengumumkan serangkaian tindakan dan komitmen baru yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan planet ini:

    • Kami berkomitmen untuk menghasilkan emisi bersih nol dari semua produk kami pada tahun 2039 – dari pembelian bahan baku yang kami gunakan, hingga ke titik penjualan produk kami.
    • Kami menantang diri sendiri untuk mencapai standar yang lebih tinggi lagi guna melindungi ekosistem karbon yang tinggi seperti hutan, lahan gambut, dan hutan hujan tropis, dan kami akan memiliki rantai pasokan yang terbebas dari penggundulan hutan pada tahun 2023.
    • Kami akan memberdayakan generasi baru para petani dan petani kecil untuk melindungi serta memperbarui lingkungan mereka.
    • Kami akan memperkenalkan Pedoman Pertanian Regeneratif yang baru untuk semua pemasok kami, yang dibuat berdasarkan Pedoman Pertanian Berkelanjutan kami yang sudah ada.
    • Kami akan menerapkan program pengelolaan air di 100 lokasi di daerah-daerah yang kekurangan air tahun 2030 dan bergabung dengan kemitraan 2030 Water Resources Group untuk meningkatkan program ketahanan air.
    • Merek Unilever akan menginvestasikan €1 miliar ke dalam Dana Iklim & Alam baru secara bersama-sama, yang akan digunakan selama sepuluh tahun berikutnya untuk mengambil tindakan yang bermakna dan menentukan.
    Ice capped mountains sit behind a lake. The reflection of the mountains is mirrored in the lake

    Photo by Unilever employee, Ina Blatt

    Kami menjadi lebih berani, sehingga dapat melangkah lebih jauh

    Kami dikenal karena menetapkan rencana ambisius bagi diri sendiri. Bulan lalu, kami merayakan sepuluh tahun Rencana Kehidupan Berkelanjutan kami. Dari rencana ini, kami telah belajar banyak tentang keberhasilan dan kegagalan.

    Dan tahun lalu, kami mengumumkan target yang berani untuk mempertahankan plastik agar tetap berada di dalam lingkaran ekonomi – tempatnya digunakan kembali, didaur ulang, atau dibuat kompos – dan mencegahnya agar tidak kembali lagi ke lingkungan.

    Komitmen baru kami adalah langkah berikutnya. Dan komitmen itu melangkah lebih jauh daripada yang pernah kami tempuh.

    “Saat dunia menghadapi dampak dahsyat pandemi COVID-19, dan berjuang dengan masalah serius tentang ketidaksetaraan,” kata CEO Unilever Alan Jope, “kita tidak dapat membiarkan diri kita untuk melupakan bahwa krisis iklim masih merupakan ancaman bagi kita semua. Perubahan iklim, degradasi alam, penipisan keanekaragaman hayati, kelangkaan air – semua masalah ini saling terkait, dan kita harus mengatasinya secara bersamaan.

    “Dengan demikian, kita harus menyadari bahwa krisis iklim bukan hanya berdampak darurat terhadap lingkungan; melainkan juga berdampak buruk terhadap kehidupan dan penghidupan. Oleh karena itu, kami bertanggung jawab untuk membantu mengatasi krisis: sebagai perusahaan, dan melalui tindakan langsung oleh merek kami.”

    Mempercepat tindakan melalui Dana Iklim and Alam baru

    Untuk mempercepat tindakan, merek kami akan menginvestasikan €1 miliar ke dalam Dana Iklim and Alam baru yang berdedikasi secara bersama-sama, yang akan digunakan selama sepuluh tahun berikutnya untuk mengambil inisiatif yang melindungi dan meningkatkan kesehatan planet ini. Inisiatif tersebut dapat mencakup proyek untuk memulihkan lanskap, mengurangi emisi karbon, atau melakukan reboisasi dan mengembalikan habitat satwa liar.

    Ini akan dibangun berdasarkan semua pekerjaan baik yang sudah kami lakukan. Misalnya, Ben and Jerry mengurangi emisi gas rumah kaca dari peternakan olahan susu, Seventh Generation menyokong masyarakat Penduduk Asli Amerika mengakses energi terbarukan, dan Knorr mendukung para petani untuk menanam makanan secara lebih berkelanjutan.

    “Tanggung jawab kita bersama dalam mengatasi krisis iklim adalah mendorong pengurangan emisi gas rumah kaca secara mutlak, tidak hanya berfokus pada menyeimbangkan – dan kita memiliki skala dan tekad untuk mewujudkannya,” jelas Marc Engel, Direktur Rantai Pasokan Unilever. “Namun, hal ini tidak cukup. Jika ingin memiliki planet yang sehat di masa mendatang, kita juga harus memelihara alam: hutan, keanekaragaman hayati tanah, dan ekosistem air.

    “Di sebagian besar belahan dunia, inklusi ekonomi dan sosial para petani dan petani kecil dalam produksi pertanian berkelanjutan merupakan pendorong perubahan yang paling penting untuk menghentikan penggundulan hutan, memulihkan hutan, dan membantu memperbarui alam. Pada akhirnya, merekalah para pengelola tanah. Oleh karena itu, kita harus memberdayakan dan bekerja sama dengan generasi baru para petani dan petani kecil untuk membuat langkah perubahan dalam memperbarui alam.”

    Rise for Climate march in San Francisco

    Mengembalikan kesehatan planet

    Respons global terhadap COVID-19 telah memberikan pemahaman kepada kita tentang seperti apa transformasi mendasar itu. Kami telah melihat seberapa banyak perubahan dramatis yang dapat kami lakukan ketika memahami yang dipertaruhkan dan ketika orang terhubung dengan yang sebenarnya mereka hargai.

    Sambil terus mengatasi pandemi, kita harus memperkuat dan mempercepat upaya kita untuk mengatasi dua tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini: krisis iklim dan ketidaksetaraan sosial. Dan semua orang harus melakukannya. Bukan hanya pemerintah, perusahaan, dan LSM. Melainkan setiap warga dunia.

    Jika Anda peduli terhadap pengembangan manusia dan perlindungan sumber daya bumi, Anda perlu memedulikan respons serius terhadap perubahan iklim.

    Melalui komitmen baru kami, kami ingin berbuat lebih banyak untuk membantu memulihkan kesehatan dunia alami. Dan jika ada yang berpikir bahwa itu bukan ambisi yang berharga, kami akan bertanya kepada mereka…

    Anda berada di planet apa?

    Back to top

    BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

    Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

    KONTAK KAMI

    Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

    Kontak Kami