Dapatkah bisnis benar-benar mengubah segala sesuatu menjadi lebih baik?

Apakah merek memiliki kekuatan untuk mendorong perubahan positif dalam kehidupan banyak orang?

Kami yakin bahwa jawaban bagi dua pertanyaan ini adalah 'ya' – dan ketika kita merayakan ulang tahun ke-90 sebagai Unilever, kita yakin bahwa berbagai kesuksesan masa lalu akan menjadi landasan yang penting dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Hari esok lebih cerah yang dibangun dari bisnis yang lebih baik

Saat ini, pada tahun 2020, Unilever didorong oleh ambisi untuk menjadi bisnis yang paling berkelanjutan di dunia.

Di 190 negara di seluruh dunia, berbagai merek dan operasi bisnis ditujukan untuk mendukung tujuan besar kita Unilever Sustainable Living Plan: membantu lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, menurunkan dampak penggunaan produk kita terhadap lingkungan hingga setengahnya, dan meningkatkan penghidupan jutaan orang dalam rantai pasokan kita.

Berbagai sasaran ini sungguh menantang, dan kita perlu memiliki tujuan luhur yang kuat untuk mencapai ini semua.

Namun, tujuan luhur bukanlah hal baru bagi kita karena telah hadir sejak pembentukan bisnis kita pada tahun 1930.


Bentuk tertinggi dan paling nyata dari kepentingan diri yang telah tercerahkan, mempersyaratkan bahwa kita mempertimbangkan sepenuhnya kepentingan dan kesejahteraan mereka yang ada di sekitar kita, dan kesejahteraan mereka harus kita kaitkan dengan kita sendiri, dan kita harus membagi kesejahteraan kita dengan mereka.

William Hesketh Lever, rekan pendiri, 1900

Didirikan dengan misi sosial. Didorong oleh tujuan luhur.

Ketika perusahaan pembuat sabun Inggris, yaitu Lever Brothers dan perusahaan Belanda Margarine Unie menggabungkan operasi bisnis mereka dan menjadi Unilever, kedua perusahaan telah memiliki misi sosial yang kuat.

Lever Brothers, yang diangkat karena telah memberikan perumahan, pendidikan, dan kondisi kerja yang lebih baik bagi para karyawannya, membuat Sabun Sunlight dengan tujuan yang jelas: ‘memasyarakatkan kebersihan’.

Selain menyediakan perawatan kesehatan yang terjangkau bagi para pekerja, Margarine Unie juga telah menciptakan merek yang menambahkan variasi dalam pola makan pekerja yang pada masa itu bergantung pada roti kering.

Kami yakin, tujuan luhur adalah hal yang mendorong kesuksesan kami sejak 1930 – dan tujuan luhur ini akan terus menginspirasi kita selama 90 tahun berikutnya.


Merek tanpa tujuan luhur tidak akan memiliki masa depan dalam jangka panjang di Unilever.

Alan Jope, Unilever CEO, 2019

Perubahan masa. Ambisi teguh.

Menjadikan produk yang berkualitas serta terjangkau bagi kaum pekerja. Mendukung kesehatan, kebersihan, dan nutrisi. Memberikan kondisi lebih baik bagi para karyawan. Ambisi yang memotivasi perusahaan-perusahaan pendiri kita masih terlihat dalam upaya berbagai merek kita dalam menciptakan perubahan positif pada saat ini.

Tentu saja, telah banyak yang berubah sejak 1930. Masih banyak upaya yang harus kita lakukan sebagai pelaku bisnis untuk ‘memasyarakatkan cara hidup yang berkelanjutan’.

Menurut kami, para pendahulu kita akan mengakui dan mendukung semangat di balik ambisi keberlanjutan ini. Kami yakin mereka akan turut bangga dan merayakan berbagai keberhasilan perusahaan dan merek kita.

Seperti halnya kita, mereka pun tahu bahwa perusahaan yang memiliki tujuan luhur akan dapat bertahan.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ini, kami membagikan sejumlah kisah favorit dari sejarah kita sepanjang sembilan dekade ini.

Semua ini dimulai dengan orang-orang kita, yang merupakan inti dari kesuksesan. Simak kisah mereka dalam film ulang tahun kami – termasuk Elma Jones yang bergabung dengan Unilever pada tahun 1934, Keerthana Kasi yang bergabung pada tahun 1996, dan Samantha Thian yang bergabung pada tahun 2018.

Kemudian berikut ini kami sajikan beberapa kisah dari sejumlah merek kami yang paling terkenal, yang memperlihatkan bahwa para pendiri terdahulu memang benar: bisnis yang baik akan berhasil.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami