Lewati ke content

Cleanipedia menggunakan TikTok guna memanfaatkan daya beli Gen Z

Diterbitkan:

Merek Cleanipedia milik Unilever terus berkembang dengan memberikan saran dan kiat melalui TikTok. Beginilah cara kami menggunakan platform ini untuk melibatkan konsumen Gen Z, kelompok yang secara historis kurang terlayani dan sulit dijangkau dengan tingkat pendapatan yang kian meningkat.

Cuplikan layar pengguna TikTok dari komunitas #CleanTok yang populer yang menunjukkan kiat dan trik menggunakan produk-produk pembersih dan pencuci kain Unilever.

Bagaimana cara menghilangkan lem super dari kulit atau noda kari dari kemeja putih? Apa sebenarnya arti semua simbol pada tombol mesin cuci? Apakah mesin pengering pakaian benar-benar dapat menyusutkan pakaian?

Jika Anda bergelut dengan berbagai pertanyaan sulit menyangkut pembersihan yang serupa, Anda akan menemukan jawabannya di Cleanipedia, sebuah platform yang kami luncurkan pada tahun 2013 guna memenuhi keinginan yang muncul akan saran yang didasarkan pada sains.

Menawarkan konten yang telah ditinjau oleh ahli untuk memastikannya akurat dan efektif, Cleanipedia telah terbukti populer, dan sejauh ini, 1.000+ artikel telah membantu hampir 30 juta orang. Dan kian banyak pemirsanya, karena tren berbagi beragam kiat dan trik membersihkan terus meningkat.

Cleanipedia pada awalnya adalah situs web, tetapi kini kami memproduksi konten untuk TikTok dan Instagram, tempat kami melibatkan Gen Z dengan berbagai Merek Perawatan Rumah kami yang Andal, termasuk Dirt Is Good (DIG), Cif, Domestos, Sunlight, dan Comfort.

Ini merupakan kelompok konsumen yang sangat menyukai kebersihan dan pendapatan mereka diperkirakan akan meningkat drastis dalam beberapa tahun ke depan. Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka akan menjadi kelompok dengan daya beli tertinggi di dunia dalam dekade selanjutnya.[a]

Meskipun demikian, Gen Z secara historis kurang terlayani dalam hal sektor pembersihan dan pencucian kain rumah tangga, karena merek-merek sejak dahulu terbiasa membidik segmen-segmen yang lebih tua, seperti orang tua yang memiliki anak.

Dengan lebih dari sepertiga Gen Z mengeklaim bahwa mereka mendapatkan saran tentang kebersihan dan pencucian kain dari TikTok[b], dan kelompok ini sekarang mencakup setengah dari lebih dari satu juta pengikut Cleanipedia di platform tersebut, ini menghadirkan peluang pertumbuhan yang besar bagi merek-merek kami.

Penggemar berubah menjadi konsumen

Sejak mulai memposting di platform tersebut pada tahun 2023, lalu lintas Cleanipedia telah meningkat sepertiga, mencapai total lebih dari 2,4 miliar penayangan di tingkat global.

Yang penting, data menunjukkan bahwa para penggemar ini berubah menjadi konsumen. Secara umum (tidak khusus Unilever), lebih dari setengah (54%) pengguna telah membeli sebuah produk rumah tangga setelah melihatnya di platform ini, dengan hampir tiga perempat (71%) di antaranya merupakan pembelian yang tidak direncanakan. Hampir 70% mengatakan bahwa TikTok berperan membantu mereka menemukan produk-produk rumah tangga.

Sama-sama untung bagi kami dan para kreator TikTok kami

Daripada bekerja dengan satu kreator konten terkenal, kami memiliki program yang memberi semua jenis kreator – dari nano- hingga mega-influencer – kesempatan untuk bekerja sama dengan merek-merek kami. Kami menyediakan pengetahuan produk kepada para kreator, dan sebagai imbalannya, kami memperoleh wawasan tentang audiens mereka.

Selain memungkinkan kami menjadi bagian dari percakapan yang autentik, pendekatan ini juga melesatkan penjualan. Pada tahun 2023, para influencer kebersihan memicu tren membersihkan sepatu kets putih dengan Pembersih Krim Cif, yang berkontribusi pada peningkatan pembelian sebesar 38% oleh orang dewasa di Inggris Raya yang berusia di bawah 28 tahun.

Para konsumen yang lebih muda mulai membeli Cif. Pada tahun 2023, 16,5% dari konsumen Krim Cif berusia di bawah 34 tahun dibandingkan dengan 12,1% pada tahun 2022. Proporsi konsumen berusia di bawah 28 tahun juga meningkat menjadi 7,5% dari 5,4% selama periode yang sama.

Mario Dughi, Kepala Digital & Desain Perawatan Rumah Unilever, mengatakan: “Dengan terus meningkatnya popularitas #CleanTok, Cleanipedia telah menjadi otoritas yang mapan di TikTok dan semakin kuat. Dalam 10 bulan terakhir, kami telah melihat pertumbuhan pengikut sebanyak enam kali lipat di 13 pasar Unilever.

“Ini telah menciptakan sebuah gerbang bagi merek Perawatan Rumah kami untuk membangun kredibilitas di kalangan konsumen Gen Z dengan berbagi konten yang relevan dan autentik, yang pada akhirnya menghasilkan penjualan. Pandemi membuat Gen Z terlibat dalam pembersihan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat.”

[a]

Sumber: Survei Oliver Wyman Forum/The News Movement Gen Z dari Oktober–November 2022

[b]

Sumber: Data Riset After Hours – Unilever


Kembali ke atas