Lewati ke content

Pencapaian Equity, Diversity & Inclusion Yang Diraih Unilever Indonesia Dan Brand-Nya:

Diterbitkan:

Unilever Indonesia adalah perusahaan yang sangat menghargai keberagaman dan inklusif: kami menghormati segala bentuk perbedaaan, tidak membeda-bedakan, dan percaya bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama sesuai kemampuan dan kebutuhannya masing – masing.

Berikut adalah pencapaian komitmen Equity, Diversity & Inclusion Unilever Indonesia di level korporat maupun brand:

1. Kesetaraan Gender:

Inisiatif Korporat:

  • Memperkuat kepemimpinan perempuan: Unilever Indonesia terus mendorong kepemimpinan perempuan di jajaran komisaris, direksi, maupun manajerialnya. Saat ini, 50% Dewan Direksi Perusahaan dijabat oleh perempuan, termasuk posisi Presiden Direktur. Selain itu, 43% dari posisi manajer menengah dan senior juga diduduki oleh perempuan.
  • Mendorong kesetaraan pengembangan karir bagi perempuan:
  • Program Unilever Future Leaders Program (UFLP), program management trainee yang diadakan selama 30 bulan untuk mempersiapkan pemimpin masa depan. Pada tahun 2022 program ini memiliki jumlah peserta perempuan lebih banyak (71%) dibanding tahun lalu (59%). Hal ini sejalan dengan upaya memperbanyak representasi perempuan di area Supply Chain dan Customer Development.
  • Sejak tahun 2017 menyelenggarakan Women in Engineering Leadership Fellowship (WULF) untuk mendukung para perempuan berkarir di bidang Teknik. Hingga 2022 terdapat 197 mahasiswi teknik Indonesia di dalam dan luar negeri yang telah mengikuti program ini.
  • Mempertajam peran strategis untuk memajukan peran pebisnis perempuan: Di 2022, Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia menjadi Chairman B20 Indonesia Women in Business Council (WiBAC) pada periode kepresidenan Indonesia G20 – memungkinkan Perusahaan untuk turut merumuskan solusi yang mampu menjawab tantangan serta peluang bagi perempuan untuk lebih berkiprah di bidang ekonomi dan bisnis di level nasional maupun internasional. Wujud konkretnya adalah peluncuran platform One Global Women Empowerment (OGWE) yang dirancang untuk menyatukan pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat membantu memberdayakan pekerja dan pengusaha perempuan di seluruh dunia guna meningkatkan kemampuan digital, memberikan akses pendanaan, dan investasi.

Menggalakkan program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (BU KARSA) berisikan edukasi pembiasaan cuci tangan, kesehatan gigi dan mulut, hingga sanitasi serta pengelolaan sampah rumah tangga.

Inisiatif Brand:

  • Memberdayakan komunitas perempuan dengan edukasi kesehatan, nutrisi dan kesejahteraan: Program Royco Nutrimenu yang mengedukasi jutaan perempuan soal pentingnya mengkonsumsi gizi seimbang.Selain itu, Perusahaan juga.
  • Memberikan kesempatan untuk mengakses pendidikan yang lebih baik: Glow & Lovely mengadakan Bintang Beasiswa yang dilaksanakan sejak 2017. Hingga 2022, program ini telah memberdayakan 330 penerima beasiswa perempuan (Adik Bintang) untuk dapat melanjutkan belajarnya ke pendidikan tinggi.
  • Kampanye #TakTerhentikanTukBerkilau dan Program Kilaukan Mimpimu: Upaya Sunsilk dan sederetan mitranya untuk memberikan kelas online maupun offline berupa materi hard skill maupun soft skill yang dibutuhkan perempuan dalam meraih mimpi. Hingga tahun 2022, inisiatif ini telah menjangkau 70.000 perempuan muda dan 45.000 siswi.

2. Kesetaraan Untuk Penyandang Disabilitas

Inisiatif Korporat:

  • Menerapkan bisnis yang inklusif dengan menciptakan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi keberagaman, inklusi, dan kesempatan yang setara, termasuk bagi karyawan penyandang disabilitas.
  • Memperluas rekrutmen untuk karyawan baru tanpa memandang disabilitas denga melakukan sistem seleksi berdasarkan kualifikasi, kemampuan, dan pengalaman – tanpa melihat kondisi fisik.
  • Memberikan beasiswa bagi 5 (lima) mahasiswa berkebutuhan khusus melalui program Unilead. Para peserta juga mendapatkan kesempatan mengikuti program pengembangan dan kepemimpinan yang langsung dibawakan oleh para leaders.
  • Menyiapkan remaja penyandang disabilitas untuk memasuki lapangan kerja melalui program You-Step, program untuk meningkatkan pengetahuan 30 remaja putra dan putri penyandang disabilitas agar mereka siap memasuki dunia kerja. Program ini terdiri dari rangkaian workshop dan mentoring intensif selama 6 bulan.
  • Menjaring dan mendukung anak-anak muda yang memiliki program untuk disabilitas melalui program “Every U Does Good Heroes”. Perusahaan memberikan apresiasi pada sederetan millennials yang berupaya menciptakan komunitas/masyarakat yang lebih inklusif terhadap penyandang disabilitas, sekaligus memberikan transfer of knowledge untuk mempertajam program mereka. Di tahun 2022, program yang didukung antara lain adalah Infinity Art & Technology (oleh Sofwan Maulana) yang bertujuan meningkatkan literasi teknologi bagi disabilitas netra dengan membangun platform pembelajaran online terstruktur yang dirancang agar mudah diakses oleh disabilitas netra. Ada pula program AAC Berkata (besutan Jacqueline Kezia) yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu teman-teman berkebutuhan khusus (terutama Autism Spectrum Disorder) agar dapat berkomunikasi dengan baik sehingga meningkatkan kualitas kehidupan sosial mereka.

Inisiatif Brand:

Rexona di 2022 menggelar kampanye #GerakLampauiBatas yang salah satunya direalisasikan dalam bentuk dukungan terhadap Tim Nasional Penyandang Amputasi Indonesia, Garuda INAF, untuk berlaga di Piala Sepak Bola Penyandang Amputasi Dunia. Rexona mendonasikan Rp1 miliar untuk mendukung persiapan akhir tim, termasuk kamp pelatihan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka.

3. Penghapusan Diskriminasi Dan Stigma

Inisiatif Korporat:

  • Menciptakan lingkungan kerja zero discrimination: Memegang teguh kode etik Respect, Dignity & Fair Treatment (RDFT) untuk memastikan semua karyawan bekerja di lingkungan yang mempromosikan keberagaman, rasa saling percaya, menghormati hak asasi manusia, dan memberikan kesempatan yang setara, tanpa diskriminasi. Di 2022 tidak ada insiden diskriminasi atau kekerasan terhadap perempuan di Perusahaan berkat penerapan RDFT yang kuat.
  • Bermitra dengan komunitas untuk melawan anti-bullying di tempat kerja: Menggandeng komunitas anti-bullying Sudah Donguntuk menyusun e-booklet yang telah diluncurkan akhir 2022 untuk mendorong komitmen dari segenap masyarakat untuk memberikan fokus lebih dan melakukan aksi nyata melawan workplace bullying (tautan e-book: https://www.sudahdong.com/wp-content/uploads/2022/11/FYI-Sadari-Kenali-Atasi-Bullying-di-Lingkungan-Kerja.pdf)
  • Menyuarakan kecantikan yang positif atau Positive Beauty: Komitmen divisi Beauty and Wellbeing Unilever secara global untuk menciptakan standar baru bagi kecantikan yang setara, inklusif, dan berkelanjutan untuk kelangsungan planet.
  • Mendukung gerakan anak muda dalam hal penghapusan diskriminasi dan stigma di tengah masyarakat melalui program “Every U Does Good Heroes”. Di 2022, program yang didukung antara lain adalahBastra ID (digagas Tito Tri Kadafi), yang ingin membentuk pelajar Provinsi Banten untuk menjadi negosiator ulung terhadap isu keberagaman melalui Kartu Berembug: media permainan kartu yang mengajarkan tentang negosiasi kepada siswa SMP dan SMU; serta kelas ‘Remaja Belajar Menulis Konten’ yang mengusung tema penulisan tentang keberagaman. Ada pula Yayasan Mimpi Besar Indonesia (didirikan oleh Robinson Sinurat) yang bertujuan mempromosikan keberagaman, inklusivitas dan perdamaian di Provinsi Sulawesi Selatan dengan memberdayakan 140 pemuda usia 18-30 tahun sebagai penggerak perdamaian melalui kampanye sosial, lokakarya, seminar interaktif dan dialog antar agama.

Inisiatif Brand:

  • Kampanye “Rambutku Mahkotaku”: Di 2022, Dove Shampoo berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo meluncurkan video musik “Rambutku Mahkotaku” sebagai apresiasi terhadap keindahan dan keberagaman rambut natural perempuan Indonesia.
  • Kampanye “Ragam Cantik Indonesiaku”: Inisiatif dari Citra ini bertujuan mempromosikan kecantikan yang beragam bagi semua perempuan. Hingga 2022, kampanye tersebut telah melibatkan dan menginspirasi 3,6 juta perempuan Indonesia.
  • Kampanye Berbagi Kebaikan: Di 2022, Lifebuoy Shampoo berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengajak keluarga Indonesia berbagi kebaikan dengan para pejuang kanker, termasuk mendonasikan rambut sehat dan kuat mereka untuk dijadikan wig yang didistribusikan YKI ke para pejuang kanker di berbagai wilayah Indonesia.

Kampanye #BerbedaBertumbuhBersama: Di 2022, pasta gigi Closeup mengangkat pentingnya memberikan makna yang lebih fresh pada filosofi “Bibit, Bebet, Bobot” yang turun temurun dipergunakan keluarga Indonesia dalam menentukan calon pasangan hidup yang terbaik bagi anak mereka.

Dengan Semangat Inklusivitas, Unilever Indonesia Juga Terus Mempertajam Komitmen Untuk Melayani Dan Memajukan Komunitas Muslim Sebagai Mayoritas Konsumennya:

  • Beroperasi sejak tahun 1933, Unilever Indonesia memahami dan telah melayani kebutuhan masyarakat muslim yang merupakan mayoritas konsumennya melalui produk-produk berkualitas.
  • Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang menerima Sertifikasi Halal, seluruh fasilitas pabrik Unilever Indonesia telah mendapatkan Sistem Jaminan Halal dari MUI, dan merek-merek yang diproduksi di Indonesia telah mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI.
  • Pengalaman dan keahlian ini membawa Unilever Indonesia menjadi negara asal bagi Unilever Muslim Center of Excellence” (Unilever MCOE) yang akan terus melahirkan inovasi bagi konsumen muslim dan program pemberdayaan komunitas muslim.

Tentang Unilever MCOE:

  • Pada 2021, Unilever mengumumkan peluncuran “Unilever Muslim Center of Excellence” (Unilever MCOE), yang mewujudkan ambisi Unilever untuk menghasilkan produk dan program yang relevan dengan kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia dan dunia.
  • Salah satu bagian utama dari 'Unilever MCOE' yaitu 'Halal Collaboration Hub' didirikan untuk menjadi pusat wawasan berbagai inovasi dan produk yang sejalan dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia dan dunia. Fasilitas ini dilengkapi dengan perpustakaan digital yang terus diperbarui untuk mendapatkan berbagai wawasan mengenai konsumen muslim.
  • Beberapa inovasi yang lahir dari wawasan yang didapatkan melalui ‘Halal Collaboration Hub’ antara lain adalah Lux Hijab Series Zaitun dan Madu, Pepsodent Siwak Habbatusauda, Vaseline Hijab Bright, dan Rexona Hijab Natural Peach & Mint Cool
  • Selain itu, bersama beberapa organisasi muslim terpercaya, Unilever MCOE juga berupaya mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, dan edukasi PHBS. Kemitraan ini menargetkan dapat menjangkau 500.000 orang.

Program yang terkait dengan konsumen muslim:

Unilever MCOE telah mengadakan/mengawal berbagai program yang mendorong komunitas muslim menjadi lebih berdaya, sehat dan sejahtera. Diantaranya adalah:

  • “Gerakan Masjid Bersih”: program tahunan untuk meningkatkan kebersihan dan kenyamanan masjid bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia dan BAZNAS, yang pada tahun 2022 ditargetkan mencapai 20.000 masjid.
  • “Pepsodent Sahur Amal”: program untuk mengajak umat Islam berbagi senyum kebahagiaan bersama anak yatim piatu di berbagai pelosok Indonesia dalam bentuk pendistribusian ribuan paket sahur ke ratusan panti asuhan di berbagai wilayah Indonesia, sambil menyebarkan edukasi kesehatan gigi dan mulut.
  • Kampanye Rexona Hijab #RayakanGerakmu: menginspirasi dan mengajak seluruh hijabers Indonesia untuk terus aktif bergerak demi kebaikan diri sendiri dan orang lain dengan mentransformasikan gerakan aktif hijabers ke dalam berbagai bentuk pemberdayaan komunitas UMKM penyandang disabilitas.
  • Program Pesantren:
    • Pondok Pesantren Sehat (Santri Berseri): program pendidikan PHBS bagi santri, guru dan pengurus di Pesantren. Di 2022, program ini berhasil mendidik sebanyak 313.540 santri di 1.201 Pesantren di 44 kota/kabupaten yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.
    • Program Pesantren Hijau: meningkatkan kesadaran santri dan pengurus pondok pesantren tentang pengelolaan sampah, serta mewujudkan ekonomi sirkular. Hingga Maret 2023, program yang dilaksanakan di DIY dan Jawa Tengah ini telah menjangkau lebih dari 20.000 siswa dan berhasil mengumpulkan 2,2 ton sampah.
    • Program Water Harvesting di Pesantren: menyasar pesantren dengan kebutuhan air bersih yang mudah, terjangkau, dan tidak merusak lingkungan. Digelar sejak 2022, program ini menghasilkan air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, hingga mengelola halaman kosong di lingkungannya untuk menjadi edible garden.
  • Bekerja sama dengan Masjid Istiqlal dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444H, Santunan 1000 Anak Yatim melalui Pepsodent Sahur Amal, Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut di Madrasah Istiqlal, Tarhib Ramadhan Madrasah Istiqlal Sunsilk, Donasi Produk dari tim Nutrition, Amaliyah Ramadhan (program donasi).
Kembali ke atas