Lewati ke content

Cara Merawat Rambut sesuai Jenis dan Tipenya

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 3 menit

Rambut merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari panasnya matahari. Selain itu, rambut juga berperan penting untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri.1 Bisa dikatakan bahwa rambut adalah mahkota yang paling berharga. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan produk perawatan yang tepat sesuai dengan permasalahan rambutnya.

Setiap manusia memiliki tipe dan jenis rambut yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut masing-masing. Untuk merawatnya, kita perlu mengetahui bahan apa saja yang cocok untuk digunakan pada setiap jenis rambut.

Tahukah kalian bahwa Badan Kesehatan Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyebutkan bahwa virus Covid-19 dapat menempel di sejumlah permukaan selama berjam-jam bahkan berhari-hari? Misalnya pada besi, pakaian, dan bahkan dikhawatirkan dapat menempel pada rambut manusia. Virus Covid-19 dapat menyebar dalam butiran air atau droplet yang keluar dari hidung dan mulut saat batuk, sedangkan rambut adalah salah satu hal yang paling mudah tertempel virus. Untuk mencegah hal itu, kita bisa mencuci rambut setelah berpergian dari luar dan menggunakan sampo yang tepat untuk jenis rambut kita.

Walaupun dianjurkan untuk selalu mencuci rambut setiap habis bepergian, ternyata hal ini kerap menimbulkan permasalahan baru terhadap rambut karena dapat membuat rambut menjadi lebih kering. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan cara merawat rambut sesuai karakternya masing-masing.2

Berikut adalah tips merawat rambut sesuai dengan jenisnya:

1. Jenis Rambut Berminyak3

Minyak dalam rambut berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk rambut yang sensitif di kulit kepala. Masalahnya, minyak tersebut bercampur dengan keringat dan kotoran yang melapisi kulit kepala. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar, juga tidak dapat dihindari, terlebih lagi jika kita melakukan olahraga atau aktivitas di luar rumah dengan cuaca panas berlebih. Nah, hal ini dapat memicu rambut menjadi semakin berminyak. Sebagian orang yang memiliki tipe rambut yang lurus rentan berminyak. Hal ini dikarenakan sebum yang diproduksi oleh kulit kepala lebih mudah mengalir ke seluruh bagian rambut. Apabila tidak dirawat sesuai dengan kebutuhannya, rambut lurus akan terlihat lepek dan tidak sehat karena teksturnya yang kurang bervolume. Berikut cara merawat rambut untuk mengurangi minyak berlebih:

  • Rajin keramas menggunakan sampo yang sesuai.
  • Hindari penggunaan produk perawatan rambut berbahan minyak.
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak berlebih, seperti gorengan dan makanan bersantan. Hal ini dapat memicu kelenjar untuk memproduksi minyak lebih banyak.

2. Jenis Rambut Kering4

Beberapa kondisi lingkungan dapat menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya hidup di iklim yang kering dan panas, menggunakan alat pelurus dan pengeriting rambut, terlalu sering mencuci rambut, tidak cocok menggunakan produk perawatan rambut, dan masih banyak lainnya. Berikut adalah cara merawat rambut kering:

  • Hindari mencuci rambut terlalu sering
  • Pilih sampo yang menutrisi serta melembapkan rambut.
  • Gunakan conditioner agar rambut lebih halus dan ternutrisi dari dalam.
  • Aplikasikan produk yang memberikan nutrisi pada rambut secara teratur, misalnya hair mask atau leave-on moisturizer.
  • Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosokan handuk ke rambut.

3. Jenis Rambut Rontok5

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor genetik hingga penyakit tertentu, seperti kurang gizi (malnutrisi), alopeciainfeksi jamur di kulit kepala, gangguan tiroid, stres, dan gangguan hormon lainnya. Karena penyebabnya beragam, perawatannya dapat disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut cara merawat rambut rontok secara alami:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan zat besi.
  • Gunakan sampo yang diperuntukkan untuk rambut rontok.
  • Menerapkan pola hidup sehat, jauhi stres berlebih, dan olahraga teratur.

Source :

Kembali ke atas