Lewati ke content

Ikhtisar Triwulan I 2024

Membangun fundamental yang lebih kuat untuk pertumbuhan jangka panjang Unilever Indonesia.

add
  • Rp. 10.1 TrilliunPenjualan BersihPenjualan domestik meningkat +24.7% vs Q4 2023 atau -4.7% vs Q1 2023 dengan pertumbuhan volume dasar (UVG) sebesar +0.2%
  • 49.9%Margin KotorMeningkat +61 bps dibandingkan Q1 2023
  • 18.4%Laba Sebelum PajakMeningkat sebesar +131 bps dibandingkan Q1 2023
  • +3.1%Pertumbuhan Laba BersihDidorong oleh peningkatan Marjin Kotor dan biaya G&A yang lebih rendah

Underlying sales growth (USG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying volume growth (UVG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying price growth (UPG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Sorotan Keuangan

  • Pertumbuhan Volume Dasar (UVG) positif sebesar +0,2% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan pertumbuhan pendapatan domestik meningkat sebesar +24,7% dari Q4 2023, melemah 4,7% dibandingkan Q1 2023.
  • Marjin Kotor meningkat sebesar +61 basis points vs tahun lalu menjadi 49,9%, +156 bps vs Q4 2023.
  • Iklan meningkat sebesar 107 basis points dari 8,0% pada Q1 2023 menjadi 9,0% pada Q1 2024.
  • Pertumbuhan Laba Bersih +3,1% dibandingkan tahun lalu, didorong oleh peningkatan Marjin Kotor dan biaya G&A yang lebih rendah.
Lifebuoy Tin & Zaitun Illustration Banner
Benjie Yap Profile

“Hasil kuartal ini mencerminkan ketangkasan perusahaan dalam beradaptasi menghadapi berbagai tantangan. Kami mencatat adanya peningkatan kinerja keuangan Perseroan termasuk pertumbuhan dari sisi volume dan margin. Terlepas dari tantangan geopolitik dan iklim politik, kami yakin akan kemampuan Perseroan untuk membawa bisnis kembali bertumbuh. Tingkat penjualan bulan Maret di channel utama kami telah pulih kembali ke level Q3 2023 dan pangsa pasar month-on-month kami terus meningkat jika dibandingkan dengan posisi terendah pada Desember 2023. Perseroan juga berhasil untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di lebih dari 80% kategori di mana kami beroperasi. Hasil positif ini merupakan upaya dari eksekusi prioritas strategis Perseroan yang dilakukan dengan efektif. Ke depan, kami akan tetap fokus mendorong pertumbuhan dan kemajuan bisnis, sejalan dengan komitmen kami untuk menghasilkan bisnis yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab. Oleh karenanya, kami akan terus menjaga daya saing kami di pasar melalui inovasi yang unggul, komunikasi brand kami yang mengesankan, dan program pengembangan pasar.”

Benjie Yap: Presiden Direktur, Unilever Indonesia
Kembali ke atas