Lewati ke content

Ikhtisar Hasil Semester 1 2025

Prioritas utama untuk tahun 2025 adalah meningkatkan merk inti agar menjadi sangat unggul dan tak terlupakan– didukung oleh investasi merek yang berkelanjutan, peningkatan belanja digital, distribusi yang lebih luas melalui lebih banyak toko yang lebih baik, serta disiplin dalam eksekusi pasar.

 Tabung lotion serum Vaseline Healthy Bright Gluta-HYA, menonjolkan manfaat kulit dengan Kompleks Asam Hidroksi.
  • IDR 18.2 TnPenjualan BersihMenurun sebesar 4,4% secara tahunan, meningkat sebesar 13,1% dari semester kedua tahun 2024
  • 48.1%Margin KotorMenurun sebesar 161 basis poin dibandingkan tahun lalu, meningkat sebesar 305 basis poin dari kuartal 4 tahun 2024
  • 15.5%Laba Sebelum PajakMenurun sebesar 111 basis poin dibandingkan tahun lalu, meningkat sebesar 819 basis poin dari kuartal 4 tahun 2024
  • IDR 2.2 TnLaba BersihMenurun sebesar 12,6% dibandingkan tahun lalu, meningkat sebesar 139% dibandingkan semester kedua tahun 2024

Underlying sales growth (USG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying volume growth (UVG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying price growth (UPG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Sorotan Keuangan

  • Penjualan bersih menurun sebesar 4,4% dibandingkan tahun lalu, namun tumbuh sebesar 13,1% dibandingkan paruh kedua tahun 2024.
  • Laba bersih menurun sebesar 12,6% dibandingkan tahun lalu, namun meningkat sebesar 139,0% dibandingkan paruh kedua tahun 2024.
  • Margin laba kotor menurun sebesar 161 basis poin dibandingkan tahun lalu, namun membaik sebesar 305 basis poin dibandingkan paruh kedua tahun 2024.
  • Margin Laba Sebelum Pajak (PBT) menurun sebesar 111 basis poin dibandingkan tahun lalu, namun meningkat sebesar 819 basis poin dibandingkan paruh kedua tahun 2024 menjadi 15,5%.
  • Pengeluaran untuk iklan dan promosi meningkat menjadi 8,9% dari total penjualan bersih, menegaskan komitmen berkelanjutan dalam investasi terhadap ekuitas merek dan keterlibatan konsumen.
 Semangkuk sup daging sapi gurih dengan bakso, sayuran hijau, dan rempah-rempah, disertai dengan paket bumbu Royco, dengan latar belakang merah cerah.
Foto profil Benjie Yap.

“Meskipun hasil kinerja Semester 1 2025 masih berada di bawah level tahun sebelumnya, kami telah melihat peningkatan bertahap dibandingkan Semester 2 2024—baik dalam pertumbuhan penjualan maupun profitabilitas. Merek-merek kami, yang mewakili 55% dari portofolio, mencatatkan pertumbuhan, mencerminkan keterlibatan konsumen yang lebih kuat dan ketahanan portofolio. Fundamental bisnis kami juga menunjukkan perbaikan. Inisiatif yang ditargetkan dan tindakan tegas untuk mengatasi tantangan operasional mulai memberikan hasil nyata. Pencapaian awal ini memberikan landasan yang kuat untuk mempertahankan momentum dan menempatkan kami pada posisi yang baik untuk kembali tumbuh mulai Q3 2025, sejalan dengan arah strategi yang telah ditetapkan.”

Benjie Yap: Presiden Direktur, Unilever Indonesia
Kembali ke atas