Lewati ke content

Ikhtisar Tahun Penuh 2023

Membangun fundamental yang lebih kuat untuk pertumbuhan jangka panjang Unilever Indonesia.

Woman applying Pond's facial foam
  • Rp. 38.6 TrilliunPenjualan DomestikPenjualan domestik sebesar -5.2% dikarenakan sentimen konsumen di Nov-Des
  • 49.7%Margin KotorMeningkat +346 bps dibandingkan dengan tahun 2022
  • 16.1%Laba Sebelum PajakDengan peningkatan tingkat investasi terhadap merk
  • Rp. 4.8 TrilluinLaba BersihDiterjemahkan menjadi laba per saham Rp. 126

Underlying sales growth (USG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying volume growth (UVG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Underlying price growth (UPG)

Charts require JavaScript to be enabled.

Sorotan Keuangan

  • Pertumbuhan volume yang kompetitif hingga Oktober 2023. November & Desember 2023 terdampak oleh sentimen konsumen terhadap merek multinasional.
  • Peningkatan pada perluasan portofolio di semua segmen melalui inovasi.
  • Peningkatan Margin Kotor +346 bps dari inisiatif penghematan biaya dan biaya input yang lebih rendah.
  • Menghasilkan surplus kas sebesar IDR 1,0 triliun tanpa pinjaman bank di akhir tahun.
Bango Hitam Gurih
Benjie Yap Profile

"Komitmen kami untuk memperkuat fundamental tetap menjadi prioritas utama kami sepanjang tahun 2023. Pada Q3 2023, kami kembali mencatatkan pertumbuhan dengan peningkatan penjualan domestik sebesar 3,3%, dipimpin oleh pertumbuhan volume sebesar +4,3%. Meskipun momentum positif ini berlanjut hingga Oktober 2023, kami mengalami dampak negatif pada November dan Desember karena pergeseran sentimen konsumen yang timbul dari situasi geopolitik. Upaya konsisten kami untuk menghadapi krisis ini mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. Ke depannya, kami tetap berkomitmen untuk memberikan pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab”

Benjie Yap: Presiden Direktur, Unilever Indonesia
Kembali ke atas