1885 - 1899: Inovasi produk, gaya abad ke-19

Di akhir abad ke-19, di kota Oss, Brabant, Belanda, Jurgens dan Van den Bergh – dua bisnis perdagangan mentega milik keluarga – menjalankan perdagangan ekspor ke Inggris yang berkembang.

Kemasan Sabun Sunlight Lever Brothers dari tahun 1889

Di awal tahun 1870-an, mereka mulai tertarik dengan produk baru yang terbuat dari lemak dan susu sapi, yaitu margarin, mereka menyadari bahwa produk ini dapat diproduksi secara massal sebagai pengganti mentega dengan harga yang terjangkau.

Di kemudian hari, di sebelah utara Inggris pada pertengahan tahun 1880-an, bisnis grosir sukses milik keluarga yang dikelola oleh William Lever mulai memproduksi jenis sabun rumah tangga baru. Produk ini mengandung minyak kopra atau biji pinus yang menghasilkan busa lebih mudah daripada sabun tradisional yang terbuat dari lemak hewan. Lever menamai sabun tersebut dengan merek Sunlight, nama yang tidak biasa pada masa itu, dan menjualnya dalam kemasan yang unik.

Peristiwa penting

1872

Di Belanda, Jurgens dan Van den Bergh membuka pabrik pertama mereka untuk memproduksi margarin.

1884

Lever & Co mulai memproduksi sabun Sunlight.

1886

Knorr – yang akan menjadi bagian Unilever – meluncurkan tablet sup dengan ekstrak daging untuk menyediakan makanan bergizi bagi konsumen berpenghasilan rendah.

1887

Di akhir tahun ini, Lever & Co menghasilkan 450 ton sabun Sunlight per minggu dan William Lever membeli lokasi yang akan dibangun menjadi Port Sunlight, pabrik besar di tepi sungai Mersey di seberang Liverpool, dengan desa yang dirancang sesuai keperluan bagi pekerjanya dan menyediakan fasilitas perumahan, kenyamanan, dan rekreasi berstandar tinggi.

1888

Jurgens dan Van den Bergh sama-sama bergerak ke pasar lain yang menguntungkan, Jerman, dan membangun pabrik di sana.

1890

Lever & Co menjadi perusahaan terbatas, yaitu Lever Brothers Ltd.

1891

Van den Bergh pindah ke kantor pusat baru di Rotterdam.

1894

Untuk mendukung dan mempromosikan minat yang semakin tinggi terhadap kebersihan pribadi, Lever & Co menciptakan produk baru yang terjangkau, yaitu Sabun Lifebuoy.

Lever Brothers menjadi perusahaan publik.

Pertengahan tahun 1890-an

Di Inggris, Lever Brothers menjual hampir 40.000 ton sabun Sunlight per tahun dan mulai memperluas usaha ke Eropa, Amerika, dan koloni Inggris dengan pabrik, bisnis ekspor, serta perkebunan.

1898

Pada masa ini, Van den Bergh sudah mempunyai 750 tenaga penjualan yang kuat dan meluncurkan margarin merek baru, yaitu Vitello.

1899

Lever Brothers memperkenalkan jenis produk baru, Sunlight Flakes, produk yang membuat pekerjaan rumah tangga lebih mudah dibandingkan dengan sabun batangan tradisional yang keras. Pada tahun 1900, Sunlight Flakes menjadi Lux Flakes.

Back to top