1. Home
  2. ...
  3. Keamanan dan Ilmu Lingkungan
  4. Terdepan dalam Keamanan dan Ilmu Kelestarian Lingkungan (Enviromental Sustainability)

Terdepan dalam Keamanan dan Ilmu Kelestarian Lingkungan (Enviromental Sustainability)

Setiap orang di Unilever berperan untuk terus memberikan produk yang aman serta mengurangi dampak lingkungan. Namun, Pusat Jaminan Keamanan dan Lingkungan Unilever atau Safety and Environmental Assurance Centre (SEAC) kami memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan komitmen global kami untuk mengembangkan produk secara bertanggung jawab.

SEAC dipimpin oleh para pakar di bidang keamanan dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability) kelas dunia. Mereka menggunakan teknik terbaru, keahlian yang mendalam, dan pendekatan yang obyektif untuk memastikan bahwa produk kami, cara kami membuatnya, dan bagaimana konsumen menggunakannya, aman dan baik bagi lingkungan.

Para para pakar SEAC bekerja terus secara berdampingan dengan berbagai tim di Unilever dalam merancang sebuah produk dari hulu ke hilir guna memastikan produk dirancang dengan aman dan berkelanjutan. Selain itu, para ahli SEAC bekerja sama dengan para ahli terkemuka secara global untuk memajukan ilmu yang dibutuhkan dalam menilai inovasi akan sebuah produk di masa depan.

Pekerjaan SEAC dipelopori oleh tim yang terdiri dari 200 orang, termasuk para pakar yang ahli di berbagai disiplin ilmu, yang berbasis di dua pusat Research & Development (R&D) Unilever, yakni Colworth di Inggris dan Bangalore di India.

Para pakar SEAC menggunakan pendekatan industri terkemuka, menggabungkan penilaian dari risiko keselamatan dan dampak lingkungan, untuk memastikan keamanan dan keberlanjutan produk kami. Mereka menggunakan berbagai keahlian termasuk konsumen, lingkungan, proses dan keselamatan pekerja, serta kelestarian lingkungan. Keahlian ilmiah mereka dilengkapi dengan pemahaman tentang formulasi produk dan pengetahuan tentang bagaimana konsumen menggunakan produk kami.

Kolaborasi dalam Memajukan Ilmu Pengetahuan

Para pakar SEAC berada di garda terdepan dalam keamanan dan Ilmu kelestarian lingkungan (environmental sustainability). Mereka saling berbagi keahlian dan bermitra dengan para ahli terkemuka lainnya di seluruh dunia untuk lebih memajukan ilmu pengetahuan. Salah satu contohnya dengan terus berkontribusi pada evolusi toksikologi dan ekotoksikologi (ilmu mengevaluasi efek bahan kimia pada manusia dan lingkungan) untuk menjaga konsumen dan lingkungan tetap aman.

Ilmu-ilmu ini menarik pemahaman dari berbagai bidang dinamis, seperti sistem biologi (yang menggunakan model komputasi dan data laboratorium untuk memahami efek biologis secara keseluruhan), kimia komputasi (yang melibatkan penggunaan program komputer untuk memahami struktur dan sifat kimia) dan bioinformatika (yang berlaku teknik komputasi untuk sejumlah besar data biologis untuk memberikan wawasan dan pemahaman baru). Untuk informasi lebih lanjut tentang ilmu keselamatan abad ke-21 kami, Anda bisa melihatanya di www.tt21c.org.

Q. Bagaimana para pakar SEAC memastikan sebuah produk aman dan berkelanjutan?

A. Para pakar kami bekerja secara objektif dan menggunakan alat berbasis sains yang ketat. Bukti yang mereka hasilkan digunakan untuk memandu keputusan tentang keselamatan dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability) dari inovasi produk Unilever yang kami pasarkan di seluruh dunia.

Q. Dengan siapa SEAC bekerja?

A. SEAC bekerja dengan organisasi ilmiah, akademisi terkemuka, para pakar dari pemerintah, berbagai perusahaan, dan asosiasi perdagangan. Kami mempublikasikan temuan penelitian kami dalam jurnal ilmiah juga disampaikan pada konferensi internasional dan membahas pendekatan kami terhadap risiko keamanan dan penilaian dampak lingkungan dengan pembuat kebijakan dan pihak berwenang lainnya.

Q. Apakah pendekatan industri terkemuka kami masih berkembang?

A. Ya. Seiring dengan ilmu dan inovasi produk Unilever terus berkembang, demikian pula ilmu keselamatan dan keberlanjutan kami. SEAC terus membangun dan menerapkan kemampuan serta alat baru untuk menilai produk dan proses manufaktur Unilever untuk memastikan inovasi produk kami aman bagi konsumen dan lingkungan.

Pendekatan terbuka dan kolaboratif kami memungkinkan kami untuk memajukan ilmu pengetahuan dan mengembangkan keahlian dan reputasi Unilever, sehingga kami selalu mengikuti perkembangan eksternal, memungkinkan kami untuk memanfaatkan bukti ilmiah terbaru, dan untuk menciptakan alat yang dapat menilai inovasi produk di masa depan.

1961 - Dewan Unilever menetapkan sistem izin keselamatan toksikologis yang sifatnya wajib untuk semua produk perusahaan.

1964 - Laboratorium toksikologi canggih baru dibuka di Colworth, Inggris.

1973 - Publikasi ilmiah pertama Unilever tentang alternatif pengujian hewan.

1986 - Laboratorium keselamatan Unilever menerima sertifikat pertama Kepatuhan Praktik Laboratorium yang Baik.

1990 - Safety and Environmental Assurance Center (SEAC) dibentuk, menyatukan semua sumber daya keselamatan Unilever kepada seluruh konsumen, keselamatan kerja dan lingkungan serta kelestarian lingkungan.

1994 - SEAC menerbitkan makalah penelitian ke-100 tentang pendekatan non-hewani untuk menilai keamanan konsumen.

2001 - Unilever meluncurkan sistem informasi berbasis bukti ilmiah untuk persetujuan keselamatan formal. Semua kelompok SEAC bersama-sama berlokasi di laboratorium R&D Unilever Colworth.

2004 - Unilever berinvestasi dalam program penelitian jangka panjang baru untuk menerapkan pemodelan dan pendekatan informatika dalam penilaian keselamatan non-hewani.

2009 - Para pakar Laboratorium Keselamatan Lingkungan di Bangalore, India, menjadi bagian dari organisasi SEAC global.

2013 – Situs Safety Science in the 21st Century milik SEAC (www.TT21C.org) diluncurkan, memungkinkan penelitian keselamatan Unilever untuk dibagikan kepada komunitas ilmiah global.

2015 - SEAC merayakan ulang tahun ke 25 dengan simposium ilmiah yang dihadiri oleh lebih dari 60 mitra ilmiah terkemuka dari seluruh dunia.

Studi kasus: Menjamin kemananan produk tanpa menggunakan hewan.

Unilever berkomitmen untuk mengakhiri uji coba produk pada hewan. Para pakar SEAC terus memainkan peran utama dalam mengembangkan lebih lanjut pendekatan non-hewani untuk menilai keamanan sebuah produk.

Pada bulan September 2015, kami mengumumkan kolaborasi besar dengan Badan Perlindungan Lingkungan di Amerika untuk mengembangkan pendekatan non-hewani dalam menilai keamanan bahan kimia yang ditemukan pada beberapa produk konsumen.

Kami juga bemitra dengan lebih dari 40 mitra lain di seluruh dunia untuk mengembangkan alat dan pendekatan non-hewani terbaru. Dalam melakukannya, kami menggunakan penelitian mutakhir, termasuk pemodelan komputer, ilmu paparan dan kimia mekanistik. Kami secara teratur menerbitkan dan menyampaikan perkembangan penelitian kami melalui situs www.TT21C.org.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami