1. Home
  2. ...
  3. Keamanan dan Ilmu Lingkungan
  4. Menjaga masyarakat dan lingkungan tetap aman

Menjaga masyarakat dan lingkungan tetap aman

Helping consumers conserve water

Bagi kami, keamanan sebuah produk adalah prioritas yang mutlak. Itulah sebabnya setiap inovasi dari produk terbaru kami dievaluasi secara sistematis dan ilmiah untuk menilai tingkat potensi risiko keamanan yang mungkin ditimbulkannya.

Pakar kami mempertimbangkan risiko keselamatan bagi konsumen yang menggunakan produk kami dan juga terhadap lingkungan. Penilaian risiko keselamatan Unilever dilakukan secara terbuka. Artinya, pertama-tama kami akan mempertimbangkan paparan produk kami dengan seberapa banyak, seberapa sering, dan untuk berapa lama sebuah produk akan digunakan.

Q. Bagaimana cara Unilever memberlakukan penilaian risiko keselamatan yang digerakkan oleh keterbukaan untuk memastikan produk tersebut aman bagi para konsumen?

A. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kami akan melakukan analisa dengan mencoba memahami seberapa sering produk kami digunakan, berapa jumlah yang digunakan, dan seberapa teratur produk tersebut digunakan. Dengan memahami hal-hal tersebut, sekaligus dengan memahami kadar bahan yang digunakan dalam produk, kami akan bisa menghitung kemungkinan resiko paparan produk/bahan tersebut pada saat digunakan konsumen kami.

Para pakar kami berusaha secara cermat untuk mendapatkan informasi tersebut. Sebagai contoh, untuk lebih memahami paparan konsumen, kami melakukan uji coba bahan-bahan yang akan digunakan dalam produk perawatan rambut kami dalam level rendah dan melakukan replikasi simulasi pada saat mandi. Untuk mengukur tingkat yang sangat rendah diperlukan peralatan yang sangat sensitif. Pakar SEAC mengembangkan sendiri peralatan ini dengan menggunakan teknik pengukuran baru yang memungkinkan kami untuk mendapatkan data yang diperlukan.

Setelah menetapkan pola penggunaan, kami mencari bukti ilmiah tentang potensi bahaya kesehatan yang terkait dengan suatu bahan. Jika tingkat paparannya cukup tinggi, maka kami akan berfokus untuk mengidentifikasi tingkat paparan pada masing-masing bahan yang menyebabkan bahaya atau kerusakan. Penilaian ini memastikan bahwa tingkat paparan dari produk kami jauh di bawah level ini.

Q. Seberapa amankah 'aman'?

A. Ketika kami mengatakan bahwa sebuah produk aman, kami mengatakan aman sesuai dengan penggunaannya. Sebagai contoh, sampo aman untuk mencuci rambut, tetapi tentu tidak aman untuk diminum. Pakar SEAC kami menerapkan ilmu pengetahuan terbaik dalam menilai keamanan sebuah produk sehingga kami menjamin produk kami aman untuk digunakan setiap hari. Namun, penting untuk tetap membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan dan saran yang diberikan pada label produk.

Q. Bagaimana Unilever memastikan bahwa produknya aman untuk lingkungan?

A. Penilaian risiko keselamatan kami didasarkan kepada prinsip keterbukaan. Karena banyak dari produk kami langsung terbuang ke pembuangan air (down to drain) setelah digunakan, kami menilai apa yang terjadi pada masing-masing bahan setelah dibuang, setelah pengolahan air limbah dan potensi lainnya. Kami memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jumlah bahan yang masuk ke lingkungan seperti penggunaan air di rumah dan terhubung kemana serta jenis pengolahan air limbah.

P. Apa jenis toksisitas yang dicari Unilever?

A. Berikut adalah dua contoh risiko keamanan yang kami nilai:

Penilaian mikrobiologi

Kami melakukan penilaian risiko keamanan pada produk untuk memastikan konsumen terlindungi dari penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, ganggang dan jamur. Contohnya, kami menggunakan penilaian risiko keamanan secara luas untuk pemurni air di rumah kami, yaitu Pureit dan Qinyuan: produk ini membantu mengurangi paparan terhadap air yang terkontaminasi dan sangat dihargai di negara-negara berkembang, di mana banyak konsumen bergantung pada air botolan atau untuk merebusnya. Penilaian SEAC membantu memastikan bahwa bahaya (mikroorganisme) dalam air dapat dihilangkan atau dikurangi ke tingkat yang aman.

Penilaian alergi

Kami ingin produk makanan kami aman bagi konsumen yang memiliki alergi. Pakar kami yang memiliki pengetahuan mengenai alergi makanan, bekerjasama dengan para pakar yang memiliki pengetahuan mengenai alergi untuk memahami berapa banyak bahan yang harus kami gunakan pada sebuah produk sehingga kami dapat memperbaiki proses produksi produk kami untuk mencapai ke tingkat yang aman. Kami juga bekerja sama dengan otoritas keamanan makanan dan sejumlah orang yang memiliki alergi untuk lebih memahami bagaimana mengomunikasikan risiko keamanan terkait alergi dengan jelas.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami