Inovasi di Unilever

Inovasi menjadi ambisi kuat Unilever untuk terus tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Sains, teknologi, dan pengembangan produk adalah inti dari rencana kami untuk terus memberikan konsumen brand-brand terbaik yang dapat meningkatkan kehidupan seraya memberikan dampak sosial bagi lingkungan dan masyarakat.

Menemukan cara baru untuk tumbuh secara berkelanjutan (sustainable)

Semua inovasi kami didasari oleh pemahaman yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Kami bertujuan untuk mengembangkan produk yang memiliki tujuan mulia (purpose), sehingga konsumen akan selalu memilih produk kami.

Kami juga bekerja pada proyek portofolio yang luas, menggabungkan pencarian teknologi terobosan dengan konstan untuk merespons pesaing, pindah ke pasar yang baru, dan membuat produk kami lebih berkelanjutan (sustainable).

Produk yang kami kembangkan melalui inovasi, baik oleh kami sendiri atau melalui kemitraan dengan para ilmuwan terkemuka, lembaga akademis, pemasok dan bisnis spesialis, memainkan peran penting dari ambisi kami untuk membuat dampak positif untuk lingkungan sekitar. Banyak tantangan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mengurangi dampak lingkungan, dan meningkatkan gizi yang akan dipenuhi melalui sains dan teknologi - dan kami ingin menjadi yang terdepan dalam menjalankan ambisi ini.

Keunggulan dari lab ke etalase

Ada tiga tahap utama dalam menjalani proses inovasi kami, yaitu penelitian, pengembangan, dan peluncuran produk:

Penelitian di fasilitas kelas dunia kami

Unilever memiliki enam pusat Research and Development (R&D) yang bertempat di Amerika, Inggris, Belanda, India, dan China di mana mereka bekerja untuk melakukan proses pengembangan produk kami. Penelitian kami bertujuan untuk menyatukan pemikiran dan ide-ide terbaik dari siapa pun, tidak hanya dari ahli ilmiah terbaik dari dalam Unilever tetapi juga turut bekerjasama dengan universitas dan perusahaan spesialis. Kami memiliki catatan yang kuat dalam menciptakan inovasi, seperti teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih baik dan membuat dampak yang besar.

Mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen

Tim desain produk kami mengambil terobosan satu langkah lebih jauh dalam sains dan teknologi di mana mereka mengubah pemahaman yang mereka dapatkan (insight) menjadi produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Pengembangan dan pengujian teknologi baru berlangsung hingga sesuai dengan deskripsi produk, contohnya kami menyempurnakan formulasi sehingga terlihat baik dan stabil ketika disimpan atau kami mengembangkan kemasan yang sesuai dengan format produk, memuaskan konsumen, dan dapat meminimalisir dampak lingkungan. Setelah itu, kami menguji produk secara menyeluruh dengan memastikan produk tersebut aman serta memenuhi standar performa dan dilanjutkan menguji bersama dengan konsumen untuk memastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meluncurkan produk baru ke pasar

Sebagai persiapan untuk meluncurkan sebuah produk baru ke pasar, divisi R&D kami mengerahkan berbagai tim yang berfokus pada sumber informasi setempat, seperti preferensi konsumen, peraturan kerja, pertimbangan hukum, dan produk pesaing. Mereka bekerjasama dengan tim pemasaran dan tim rantai pasokan untuk memastikan produk yang baru tersebut dapat diproduksi secara efisien serta memenuhi kebutuhan konsumen kami.

Investasi untuk masa depan yang lebih cerah

Lebih dari 6.000 tenaga profesional R&D Unilever membangun brand-brand kami melalui inovasi. Kami berinvestasi sekitar €1 miliar dalam R&D setiap tahunnya dan memiliki portofolio lebih dari 20.000 paten dan aplikasi paten.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami