
Performa Keseluruhan H1 2025
- Penjualan bersih sebesar Rp18,2 triliun, dengan laba bersih sebesar Rp2,2 triliun.
- Penjualan bersih terkoreksi sebesar 4,4% tahun ke tahun, tumbuh sebesar 13,1% dibandingkan Semester II 2024
- Laba bersih terkoreksi sebesar 12,6% dari tahun ke tahun, meningkat sebesar 139,0% dibandingkan Semester II 2024
- Margin Kotor terkoreksi sebesar 161 basis poin dari tahun ke tahun, meningkat sebesar 305 basis poin dibandingkan Semester II 2024
- Margin Laba Sebelum Pajak terkoreksi 111 basis poin dari tahun ke tahun, meningkat sebesar 819 basis poin dibandingkan Semester II 2024 menjadi 15,5%
- Belanja iklan dan promosi meningkat menjadi 8,9% dari total penjualan bersih, menegaskan investasi berkelanjutan dalam hal ekuitas dan keterlibatan konsumen.
Pernyataan Presiden Direktur, Benjie Yap
"Meskipun kinerja kami di Semester I 2025 masih berada di bawah capaian tahun sebelumnya, kami melihat perbaikan bertahap dibandingkan dengan Semester II 2024 - baik dalam hal pertumbuhan penjualan maupun profitabilitas. Merek-merek kami—yang mewakili 55% dari portofolio—telah mencatat pertumbuhan, menunjukkan penerimaan konsumen yang lebih baik dan ketangguhan portofolio.
Fundamental bisnis kami juga semakin kuat. Inisiatif kami terarah dan langkah tegas yang kami ambil untuk mengatasi tantangan operasional mulai membuahkan hasil nyata. Capaian awal ini menjadi landasan yang kokoh untuk menjaga momentum dan menempatkan kami pada posisi yang baik untuk kembali tumbuh mulai Kuartal III tahun 2025 dan seterusnya, sesuai dengan proyeksi yang telah kami tetapkan.”
Kemajuan Kami
Merek dan Porfolio yang lebih kuat
Prioritas kami ditopang oleh tiga pilar utama. Pertama, kami ingin Memaksimalkan Potensi Merek Inti dengan menghadirkan merek produk yang tak tertandingi dan meluncurkan terobosan dan inovasi jangka panjang. Kedua, Menciptakan Pasar dengan cara proaktif memperluas pasar, mendorong premiumisasi, dan melakukan eksekusi yang cemerlang di pasar. Terakhir, kami juga terus Meningkatkan dampak bisnis di seluruh titik kontak kami dengan konsumen maupun pelanggan.
Memaksimalkan Potensi Merek Inti
Pada paruh pertama tahun 2025 kami memperkuat identitas dan proposisi nilai dari merek-merek inti kami – termasuk Pepsodent, Lifebuoy, dan Royco melalui perbaikan 6P: Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), Prepositions (Preposisi) and Pack (Pengemasan).
Merek-merek seperti Pepsodent, Bango, Royco, Sunlight, Axe dan Clear juga mencatatkan pertumbuhan di Semester I, menegaskan kembali relevansi dan ketangguhan merek-merek tersebut di tengah lanskap pasar yang dinamis.
Menciptakan Pasar
Menjangkau segmen atas – Menggarap segmen yang berkembang pesat sangat penting untuk menangkap permintaan yang lebih besar sekaligus menunjukkan kelincahan kami dalam merespon kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Pada Semester I, segmen dengan pertumbuhan tinggi seperti Beauty & Wellbeing (Sun, Serum, Treatments, Lightweight) membukukan pertumbuhan sebesar +36%. Portofolio premium kami juga mengalami pertumbuhan di Kuartal II, melanjutkan momentum peningkatan dari kuartal sebelumnya.
Menjangkau segmen bawah – Untuk memperluas aksesibilitas bagi semua segmen konsumen, kami terus memperluas penawaran produk-produk dengan harga yang terjangkau. Inisiatif yang dilakukan antara lain adalah meluncurkan Sabun Batang Lifebuoy; Bango magic dengan harga Rp 1000, dan meluncurkan Rinso dengan kemasan baru di harga Rp 500. Berbagai inovasi ini memungkinkan kami memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memperkuat kehadiran kami di saluran general trade.
Meningkatkan dampak bisnis melalui transformasi Go-to-Market
Kami berhasil mencapai kemajuan yang baik di ranah operasional utama selama Semester I, memperkuat fundamental bisnis kami. Kami menjaga tingkat stok pelanggan tetap optimal dan meningkatkan tingkat layanan kami, sehingga kami bisa mengirimkan produk yang tepat dan tepat waktu.
Kami semakin memperluas cakupan langsung kami pada 2025, sehingga kami bisa menjangkau lebih banyak gerai secara langsung. Kami juga meningkatkan kapasitas tenaga penjualan, memperbaiki eksekusi di toko dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Selain itu, kami mengoptimalkan variasi produk untuk memastikan bauran SKU yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan lokal. Semua upaya ini berkontribusi pada penjualan harian yang lebih kuat dan model Distributive Trade yang lebih menguntungkan.
Meningkatkan Nilai Jangka Panjang
Untuk meningkatkan nilai jangka panjang bagi para pemegang saham, Perseroan berencana untuk membeli kembali saham yang telah diterbitkan dan tercatat di PT Bursa Efek Indonesia dengan nilai maksimum sebesar Rp2 triliun. Inisiatif ini menegaskan komitmen berkelanjutan Perseroan dalam meningkatkan imbal hasil bagi pemegang saham, sambil tetap menjaga fleksibilitas keuangan untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di masa depan. Perseroan percaya bahwa ini merupakan langkah strategis yang diambil pada waktu yang tepat untuk memperkuat posisi jangka panjang.
Pandangan ke depan
Kami tetap fokus pada upaya memperkuat merek kami, meningkatkan kapabilitas Go-To-Market, dan mendorong daya saing biaya yang lebih besar melalui kegiatan operasional yang lebih disiplin serta berbagai inisiatif transformasi. Dengan berjalan baiknya upaya-upaya ini, kami optimis akan kemampuan kami untuk kembali tumbuh mulai Kuartal III 2025.