Lewati ke content

Kinerja Q1 UNVR 2025: Catatkan Laba Bersih Rp 1,2 Triliun, Tunjukan Peningkatan Kuartal-ke-Kuartal

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 3 menit

PT Unilever Indonesia Tbk (“Perseroan”) hari ini melaporkan hasil kinerja kuartal pertama tahun 2025, mencatatkan pertumbuhan domestik dan laba kuartal ke kuartal, menegaskan momentum berkelanjutan menuju pertumbuhan jangka panjang.

Grha Unilever, Kantor Pusat Unilever Indonesia

Performa Keseluruhan

  • Penjualan bersih mencapai Rp9,5 Triliun, dengan laba bersih sebesar Rp1,2 Triliun.
  • Penjualan domestik meningkat sebesar 21,6% dari Q4 2024; terkoreksi sebesar 6,6% dari tahun ke tahun.
  • Laba bersih meningkat 244,7% dibandingkan Q4 2024, terkoreksi sebesar 14,6% dari tahun ke tahun.
  • Marjin Laba Sebelum Pajak sebesar 16,8%, peningkatan 1.054 basis poin dibandingkan Q4 2024, terkoreksi 161 basis poin dibandingkan tahun lalu.
  • Marjin Kotor meningkat sebesar 365 basis poin dari Q4 2024, terkoreksi 177 basis poin dibandingkan tahun lalu, mencapai 48,2%.
  • Iklan dan promosi meningkat menjadi 9,2% dari total penjualan bersih di Q1 2025, guna mendukung kekuatan merek dan keterlibatan konsumen.

Pernyataan dari President Direktur, Benjie Yap

“Meskipun hasil kuartal pertama kami masih terkoreksi dibandingkan tahun sebelumnya, kami berhasil mencatatkan peningkatan kuartal ke kuartal (QoQ) dalam hal pertumbuhan dan profitabilitas. Kinerja ini mencerminkan hasil dari inisiatif tegas dan tepat sasaran yang dilakukan Perseroan untuk mengatasi tantangan operasional. Kami telah membuat kemajuan dalam mengurangi stok pelanggan, menstabilkan harga pada kanal penjualan kami dan meningkatkan profitabilitas mitra distributor kami, serta memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih baik. Kemajuan ini memberikan fondasi yang kokoh untuk mendorong pertumbuhan di masa depan.”

Kemajuan Kami

Membangun Merek dan Portofolio yang Lebih Kuat

  • Memaksimalkan Potensi Merek Inti – Perusahaan terus mendorong pertumbuhan kategori dengan memperkuat merek dan portofolio. Pada Kuartal I, kami meluncurkan kembali merek-merek utama kami seperti Clear, Sunlight dan Royco dengan strategi 6P yang diperbaharui, yang berfokus pada: Produk (Product)—menyediakan manfaat yang unggul; Harga (Price)—menerapkan harga yang kompetitif; Tempat (Place)—memastikan ketersediaan produk secara luas; Promosi (Promotion)—melaksanakan kampanye yang berdampak besar; Preposisi (Preposition)— mempertajam posisi merek; Pengemasan (Pack) —meningkatkan presentasi produk.
  • Menjangkau Segmen Atas dan Bawah – Untuk memperluas portofolio kami di berbagai segmen, kami memperkenalkan beberapa inovasi. Pada segmen bawah/value, kami memperkuat kepemimpinan dengan meluncurkan Rinso dan Glow & Lovely DermaGlow Multivitamin Cream. Rinso hadir dengan ukuran kemasan baru seharga Rp 500, sementara Glow & Lovely DermaGlow Multivitamin Cream kini tersedia dalam kemasan yang lebih kecil dengan teknologi pencerah kulit yang lebih canggih, dengan peningkatan efikasi hingga 40 kali. Di segmen premium, peluncuran produk baru meliputi Dove Pro-Ceramide Serum Body Wash, LUX Peaceful Galaxy dan Close up White Now.
  • Mengoptimalkan Momentum Penting – Kami memaksimalkan peluang hari raya untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan penggunaan. Merek makanan ikonik kami yaitu Bango mengedepankan Hidangan Utama Hari Raya “Semur” dan mempromosikannya melalui eksekusi offline yang kuat, termasuk visibilitas di toko, mengandeng komunitas, dan mengadakan roadshow Food Truck Jajanan Bango.

Transformasi Go-To-Market

Seluruh inisiatif inti kami telah menunjukkan kemajuan. Kami berhasil memperluas jangkauan dan meningkatkan cakupan sekaligus mengoptimalkan kualitas cakupan langsung kami. Hal ini memastikan bawha kami dapat menjangkau lebih banyak peritel dan membuat produk kami terjangkau oleh konsumen di seluruh Indonesia. Transformasi Digital pada Distributif Trade kami juga berjalan sesuai rencana. Kami memanfaatkan teknologi untuk memperkuat jaringan distribusi, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik terhadap operasional kami. Sejak peluncuran versi terbaru aplikasi penjualan Sahabat Warung pada Kuartal III 2024, kontribusi penjualan melalui Sahabat Warung meningkat secara signifikan, dengan peningkatan kontribusi sebesar 22% terhadap penjualan Distributive Trade keseluruhan.

Komitmen ke Depan

Ke depannya, kami terus berkomitmen melaksanakan strategi reset kami guna membangun fondasi yang lebih kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan. Prioritas utama kami di tahun 2025 adalah meningkatkan merek utama kami agar semakin unggul - didukung oleh investasi yang berkelanjutan, peningkatkan belanja digital, distribusi yang lebih luas; perluasan dan perbaikan cakupan toko, serta eksekusi pasar yang lebih disiplin.

Kami juga akan terus berfokus pada program pengaturan ulang biaya untuk melindungi marjin laba kotor. Kami percaya upaya ini akan memberikan landasan yang lebih kuat bagi pertumbuhan yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab. Transformasi ini akan membutuhkan waktu, kami berharap dapat melihat manfaat nyata pada paruh kedua tahun ini.

Kembali ke atas