Medan dan Banda Aceh, 6 Maret 2024 – Menyambut bulan suci Ramadhan, Unilever Indonesia, melalui rangkaian brand-brandnya seperti Pepsodent, Bango, Royco, Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, menjalankan sejumlah inisiatif guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri bagi masyarakat, khususnya di Medan dan Banda Aceh. Berbagai rangkaian kegiatan edukasi telah dilakukan di beberapa kota sejak awal tahun untuk membantu masyarakat setempat agar lebih siap dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan.
Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang dinantikan seluruh umat muslim, tak terkecuali, bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara dan Banda Aceh, yang merupakan dua provinsi dengan jumlah masyarakat muslim yang mendominasi. Sumatera Utara tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di Pulau Sumatera, yakni mencapai 10,18 juta jiwa.[a]
Sementara Banda Aceh memiliki persentase penduduk muslim terbesar di Indonesia dengan 98.57%.[b] Karenanya, penting untuk membekali masyarakat di wilayah ini dengan pemahaman terkait kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan, agar berbagai ibadah di bulan Ramadhan dapat dijalankan dengan lebih nyaman.
Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Nurdiana Darus, mengatakan, “Menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan bukan hanya penting dilakukan untuk kenyamanan ibadah pribadi, tapi juga masyarakat secara luas, khususnya di wilayah dengan jumlah muslim yang signifikan seperti di Aceh dan Medan.”
“Memahami hal ini, Unilever Indonesia, melalui brand-brand terpercaya dan dekat dengan masyarakat berupaya membantu masyarakat dalam menjalani ibadah dengan lebih nyaman, melalui berbagai inisiatif terkait kesehatan diri bagi para santri dan santri putri, serta kebersihan lingkungan tempat ibadah Masjid. Tak bergerak sendiri, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pihak terpercaya, yang telah menjadi mitra Unilever Indonesia sejak lama, untuk melipatgandakan kebermanfaatan dari program-program yang diinisiasi.”
Dalam menjalankan inisiatif di kedua kota besar tersebut, Unilever Indonesia berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkemuka, diantaranya Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) RSGM Universitas Sumatera Utara, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (USK), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
Di bidang kesehatan, Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent menggelar program "Senyum Sehat Indonesia Menyambut Ramadhan 1445 H", berupa edukasi dan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara gratis bagi 2.000 santri dan santri putri dari Pesantren Darul Arafah dan Ma’had Abu Ubaidah Bin Al Jarrah di kota Medan, serta sejumlah pesantren di Banda Aceh.
Berdasarkan Data Riskesdas 2018, di Provinsi Sumatera Utara setidaknya ada 39,15% proporsi masalah gigi (rusak, berlubang, sakit) dan hanya 1,23% masyarakat di atas usia 3 tahun yang mengunjungi tenaga medis gigi dalam satu tahun terakhir. Sedangkan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), sekitar 94,9 % warga tidak pernah berobat ke tenaga medis gigi dalam satu tahun terakhir, sehingga banyak kasus gigi berlubang.
Wakil Rektor I USU, DR. Edy Ikhsan, SH.,MA. menyampaikan tanggapan positifnya terhadap program ini. “Kami sangat bangga dan mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh FKG, RSGM USU, bekerja sama dengan Unilever Indonesia dan sejumlah pihak ketiga. Ini menjadi salah satu bentuk konkret dari pilar tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Gigi dan mulut adalah bagian tubuh manusia yang perlu mendapatkan perawatan secara terus menerus, apalagi ini menjelang Ramadhan 1445 H, kita berusaha untuk mempersiapkan kesehatan yang terbaik.”
Tak hanya mempersiapkan masyarakat terkait kesehatan gigi dan mulut, Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco juga bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan 1.100 paket sembako kepada kaum duafa di wilayah Medan, guna menguatkan akses pangan bagi kelompok rentan yang terdampak secara ekonomi.
Sementara itu, di Banda Aceh, Unilever Indonesia melalui 5 (lima) brand-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto memperkuat kemitraan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” yang bertempat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Kegiatan ini melibatkan 200 relawan yang melakukan pembersihan di Masjid Raya Baiturrahman, guna mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis di bulan Ramadhan. Untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas, Unilever juga menyalurkan bantuan sebanyak 4.000 paket kebersihan yang akan didistribusikan ke masjid-masjid di wilayah Banda Aceh yang lain.
Ketua Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Aceh Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, S. Ag., M. Pd., turut menyampaikan, “Kami atas nama Pengurus Wilayah dan juga Pengurus Daerah DMI menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sangat tinggi atas terbangunnya kerja sama antara Pengurus Pusat dengan Unilever Indonesia untuk melakukan kolaborasi bagi kebaikan umat, salah satunya di program "Gerakan Masjid Bersih". Semoga program ini akan mampu secara kontinyu berkontribusi menggerakan kesadaraan masyarakat, pengelola dan pengurus masjid/mushola, untuk terus memperhatikan masalah kebersihan dan keindahan masjid kita, serta menjadi inspirasi bagi masjid, mushola bahkan lingkungan masyarakat yang bersih, asri dan nyaman. Aamiin.”
Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan. Hingga kini, program ini telah didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, dan memberi manfaat kepada 220.000 masjid di berbagai penjuru Tanah Air.
“Tak berhenti disini, komitmen Unilever Indonesia untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya santri dan santri perempuan di wilayah Medan dan Banda Aceh akan terus diperkuat. Salah satunya melalui program pengembangan santri perempuan, yang harapannya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya,” tambah Nurdiana.
Sebelumnya, Unilever Indonesia telah mempertegas keseriusannya dalam mendukung kesejahteraan komunitas muslim melalui komitmen kolaborasi jangka panjang serta penyaluran donasi kemanusiaan melalui kemitraan dengan berbagai lembaga sosial terpercaya, di antaranya NU Care-LAZISNU (lembaga filantropi di bawah naungan Nahdlatul Ulama), Lazismu (lembaga sosial di bawah naungan Muhammadiyah) dan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Total bantuan senilai 6 miliar telah disalurkan untuk membantu korban di area konflik.
Tak hanya menjaga kesehatan diri, dalam rangka menyambut bulan suci ini, sebagian besar umat muslim melakukan berbagai persiapan lainnya, mulai dari membersihkan rumah dan lingkungan, hingga mempersiapkan stok makanan dan minuman.[c]