Lewati ke content

Unilever Indonesia Catatkan Laba Bersih Rp 2,5 triliun, Pertahankan Marjin Laba Kotor yang Kuat

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 2 menit

PT Unilever Indonesia Tbk. (“Perseroan”) hari ini umumkan kinerja keuangan paruh pertama tahun 2024, mencatatkan marjin laba kotor yang tangguh di tengah demand yang fluktuatif dan upaya perseroan mendorong transformasi organisasi secara menyeluruh.

Grha Unilever, Kantor Pusat Unilever Indonesia

Kinerja Perseroan Semester I 2024

  • Penjualan Bersih sebesar Rp19,0 Triliun dengan Laba Bersih sebesar Rp2,5 Triliun.
  • Pendapatan domestik bertumbuh sebesar 4,1% dibandingkan semester II 2023, menurun sebesar 5,7% secara year-on-year terutama dikarenakan Pertumbuhan Harga Dasar (UPG) yang melemah.
  • Marjin Laba Kotor meningkat 17 basis poin dari semester II 2023 menjadi 49,7%, namun menurun -14 basis poin secara year-on-year.
  • Biaya iklan meningkat sebesar 157 basis poin dari 7,6% pada semester I 2023, menjadi 9,1% di semester I 2024.
  • Margin Laba Sebelum Pajak (PBT) meningkat 229 basis poin dibanding semester II 2023 menjadi 16,6%, namun menurun 97 basis poin dibandingkan tahun lalu dikarenakan investasi yang lebih tinggi pada biaya iklan.
  • Terus meningkatkan kembali pangsa pasar secara bertahap sejak Desember 2023.

Pernyatan dari Benjie Yap, Presiden Direktur Perseroan

Pada paruh pertama 2024 ini kami menangani beberapa tantangan jangka pendek sembari terus mencatatkan kemajuan di bagian-bagian yang penting bagi masa depan Perseroan.

Kami tetap teguh pada upaya untuk membangun bisnis dengan cara memperkuat fundamental, mengutamakan peningkatan daya saing brand kami, serta mendorong efisiensi biaya untuk mendongkrak profitabilitas. Secara bersamaan, kami menjalankan program transformasi untuk mempertajam fokus dan mendorong pertumbuhan melalui organisasi yang lebih ramping dan akuntabel.

Kekuatan dan Potensi Kami

  • Inovasi Berbasis Sains & Teknologi - Perusahaan kami dijalankan oleh inovasi berbasis sains dan teknologi. Beroperasi di 190 negara, kami memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) di seluruh dunia dengan dukungan lebih dari 5.000 tenaga ahli yang bekerja di 60 negara. Jangkauan global ini membantu kami dalam mempercepat inovasi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal.
  • Komitmen Keberlanjutan – Kami terus berkomitmen untuk memberikan dampak yang positif, bukan hanya melalui produk berkualitas, tetapi juga secara aktif berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat.
  • Talenta Global yang Tangkas – Kami merangkul transformasi digital dan memberdayakan karyawan kami dengan memberikan akses pembelajaran yang berkesinambungan.

Upaya Ke Depan

Perseroan telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Meski telah melewati berbagai tantangan seperti kondisi yang tidak menentu, persaingan ketat, serta kebutuhan konsumen yang terus berkembang, visi jangka panjang kami tetap tidak tergoyahkan. Kami percaya bahwa berbekal pengalaman, potensi masa depan, dan talenta terdepan, kami akan bangkit kembali, terus bertumbuh dan melaju bersama Indonesia.

Kembali ke atas