
Meskipun menghadapi tantangan, Perseroan masih terus mempertahankan pangsa pasar yang cukup kuat dengan tetap menjadi market leader di 13 kategori, menunjukan bahwa produknya tetap menjadi pilihan konsumen.
Kinerja Perusahaan YTD September 2024
- Penjualan Bersih sebesar Rp 27,4 triliun, menghasilkan Laba Bersih sebesar Rp 3,0 triliun pada YTD September 2024
- Pendapatan domestik menurun sebesar 9,9% year-on-year disebabkan Underlying Price Growth (UPG) negatif -4,1% dan Underlying Volume Growth (UVG) negatif -5,8%. Penurunan dalam UVG dikarenakan adanya ketidakstabilan harga dan adanya penurunan stok pelanggan di kuartal 3.
- Menghasilkan Margin Kotor sebesar 48,4% meskipun UPG menurun pada YTD September 2024.
- Margin Laba Sebelum Pajak (PBT) menurun sebesar 358 basis poin dari tahun ke tahun karena terdapat investasi yang lebih tinggi dalam periklanan dan volume develeraging.
- Pangsa pasar relatif stabil pada tahun 2024, tetapi masih di bawah level YTD Oktober 2023.
Pernyataan dari Direktur Utama, Benjie Yap
“Dari hasil kinerja tahun berjalan ini terlihat bahwa kami sedang menavigasi situasi penuh tantangan, dan kami memahami dengan jelas langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. Sembari terus beradaptasi pada lanskap pasar yang terus berkembang pesat, kami tetap fokus menghasilkan inovasi yang berkualitas dan konsisten untuk konsumen kami.”
“Kami sedang dalam tahap melakukan penyesuaian yang diperlukan, mulai dari menyempurnakan ragam produk untuk konsumen, hingga memperkuat efisiensi operasional kami; dengan menggunakan perspektif jangka panjang sebagai panduan. Meskipun diperlukan waktu untuk melihat dampak dari penyesuaian ini. saya yakin dengan kemampuan yang kami miliki untuk memulihkan dan menumbuhkan kinerja. Perseroan berkomitmen untuk bangkit lebih kuat, lebih tangguh, dan siap untuk meraih peluang masa depan.”
Aksi Utama – Memperbaiki Kategori, Saluran, Biaya, dan Organisasi
Kategori
Memperkuat merek dan portofolio utama kami dengan meluncurkan produk dengan format yang baru, misalnya Tresemme Serum, Ponds Sun Serum dan Royco Saus Tiram yang sejak diluncurkan mendapatkan respon positif dari konsumen.
Channel
- Melakukan transformasi pada distributive trade (DT) dan manajemen stok yang efektif.
- Mengoptimalkan promosi agar tetap kompetitif saat berinvestasi di merek dan portofolio.
- Memperkuat kehadiran dan kinerja di media sosial karena merupakan tempat belanja yang disukai oleh semakin banyak konsumen.
Biaya
Menelaah kembali dan mengatur ulang biaya, memperbaiki alokasi sumber daya, dan memfokuskan investasi pada prioritas strategis yang akan mendorong pertumbuhan kinerja dan inovasi.
Organisasi
Terus memperkuat organisasi agar lebih efisien dan akuntabel melalui transformasi berkelanjutan, termasuk perubahan di tingkat kepemimpinan. Perseroan percaya bahwa transformasi organisasi akan membawa energi baru, budaya perbaikan berkelanjutan, dan inovasi. Dengan demikian, bisnis selalu siap untuk tantangan dan peluang di masa depan.
Melihat ke depan
"Kami sedang menjalankan transformasi menyeluruh dan mendorong perbaikan operasional yang akan membutuhkan waktu setidaknya hingga paruh pertama tahun depan. Kami sepenuhnya percaya bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Kami juga percaya akan kemampuan kami untuk membalikkan kinerja. Sekali lagi, kami berkomitmen untuk bangkit lebih kuat, tangguh, dan sigap untuk meraih peluang di masa depan."