Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia melalui 5 (lima) brand-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto, hari ini menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” bertempat di Masjid Raya Sumatera Barat.
Acara yang melibatkan lebih dari 150 relawan ini bertujuan mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis sehingga di bulan Ramadhan mendatang ribuan jamaah yang akan memadati masjid kebanggaan masyarakat Minangkabau ini dapat beribadah atau berkumpul dengan lebih aman dan nyaman. Acara ini turut dihadiri oleh Benjie Yap, Presiden Direktur Unilever Indonesia, jajaran pengurus DMI Pusat maupun wilayah Sumatera Barat, Pengurus Harian Masjid Raya Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan sederetan tokoh masyarakat lainnya.
Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan. Hingga kini, program ini telah didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, dan memberi manfaat kepada 220.000 masjid di berbagai penjuru Tanah Air.
Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI menyatakan, “DMI melihat bahwa kepedulian serta niat baik Unilever Indonesia terhadap masyarakat dan umat Islam sudah berlangsung sejak lama sehingga tidak perlu diragukan lagi, salah satunya terbukti dari kolaborasi kami melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’ yang telah terbina sejak 2017. Menindaklanjuti penandatanganan MoU yang dilakukan akhir tahun lalu, di 2024 DMI dan Unilever mengawali program ini di kota Padang. Insya Allah program ini akan terus memberikan manfaat bagi para masjid dan jamaah di berbagai penjuru Indonesia.”
Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag., Ketua Pimpinan Wilayah DMI Sumatera Barat turut menyampaikan, ”Pimpinan Wilayah DMI Sumatera Barat menerima dan memfasilitasi program ’Gerakan Masjid Bersih’ ini berdasarkan tiga landasan, yaitu
(1) Azas Taat: Mentaati dalam makna loyal dan patuh pada induk organisasi Pimpinan Pusat DMI sebagai penginisiasi kerja sama adalah perbuatan terpuji dan mesti diperkuat, (2) Azas Sahabat: Unilever Indonesia sebagai perusahaan yang memproduksi produk-produk kebersihan sudah bekerja sama dengan DMI untuk Gerakan Masjid Bersih sejak lama, bahkan di saat situasi COVID-19 juga menyalurkan produk dan peralatan kebersihan masjid, (3) Azas Manfaat: Masjid sangat membutuhkan produk kebersihan, sementara Unilever Indonesia memproduksi hal itu sehingga sebaiknya senantiasa dimanfaatkan untuk Masjid.”
Upaya ini juga menjadi semakin penting karena menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan akan terus berlangsung hingga April 2024 atau hingga melewati Idul Fitri. Di balik fakta ini, ada berbagai risiko penyakit yang umumnya timbul selama musim penghujan, tidak terkecuali di fasilitas-fasilitas umum seperti masjid. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi untuk memastikan kebersihan mulai dari sekarang.
Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menerangkan, “‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ akan menjangkau 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu bentuknya adalah kegiatan bersih-bersih masjid bersama para Marbut dan warga di lima masjid raya di lima kota yang tersebar dari wilayah Barat hingga Timur nusantara – termasuk Masjid Raya Sumatera Barat sebagai persinggahan pertama.”
”Kegiatan ini kami mulai sejak Januari agar edukasi yang lebih ekstensif mengenai kebersihan bisa diterima lebih awal dan para masjid bisa memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan kebersihan dan kehigienisan fasilitas maupun lingkungannya. Tidak hanya kebersihan masjid, dengan dukungan lima brand kami yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, kami juga mengedukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan perangkat sholat, alat masak dan makan, serta lingkungan sekitar masjid secara lebih luas lagi.”
Hari ini kegiatan pembersihan yang dilakukan di Masjid Raya Sumatera Barat meliputi pembersihan lantai ruangan, selasar, toilet dan ruang wudhu masjid agar terbebas dari kuman; pencucian perangkat sholat; hingga pembersihan peralatan masak dan makan agar aman dipergunakan oleh pengurus masjid ataupun jamaah. Diserahkan pula donasi paket produk kebersihan disertai ajakan menjaga kebersihan masjid agar para jamaah dapat terinspirasi untuk menerapkan kebiasaan baik ini di rumah masing-masing. Diselenggarakan sejak pagi hari, acara turut melibatkan 100 orang perwakilan masjid, dan 50 ibu komunitas Majelis Taklim.
Keistimewaan lainnya dari program ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ adalah, untuk pertama kalinya dibuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menominasikan masjid di sekitar mereka agar turut mendapatkan manfaat dari program ini. Dari tanggal 17 Februari–Maret 2024, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp +628561581158 untuk mengirimkan foto dan cerita menarik tentang masjid mereka. Nantinya, 1.000 masjid terpilih dari berbagai wilayah Indonesia akan menerima manfaat positif dari program ini berupa paket kebersihan yang dapat meningkatkan kenyamanan jamaah dan kehigienisan masjid.
“Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari pihak DMI Sumatera Barat dan pengurus Masjid Raya Sumatera Barat sehingga Alhamdulillah kegiatan hari ini dapat berlangsung dengan lancar. Besar harapan kami bahwa seluruh agenda yang kita laksanakan dapat membawa kebaikan, keberkahan, dan kemaslahatan bagi masyarakat maupun umat Islam di Ranah Minang. Aamiin Ya Rabbal Aalaamiin,” tutup Anggya.