Lewati ke content

“Gerakan Masjid Bersih 2024” Digelar di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 4 menit

Simbolisasi penyerahan bantuan kepada Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Banjarmasin, 7 Februari 2024 – Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia melalui 5 (lima) brand­-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto, menggelar program “Gerakan Masjid Bersih 2024” di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Melibatkan lebih dari 150 relawan, kegiatan bertujuan mempersiapkan masjid agar lebih bersih dan higienis sehingga di bulan Ramadhan nanti, lebih dari 1.500 jamaah yang setiap harinya akan memadati masjid kebanggaan masyarakat ini dapat beribadah atau berkumpul dengan lebih aman dan nyaman.

Acara turut dihadiri oleh Bapak Sandeep Kohli, Direktur Beauty & Wellbeing Unilever Indonesia, jajaran pengurus DMI Pusat maupun wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Pengurus Harian Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan sederetan tokoh masyarakat.

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan. Hingga kini, program ini telah didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, dan memberi manfaat kepada 220.000 masjid di berbagai penjuru Tanah Air.

Terkait kerja sama, Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI menyatakan, “DMI melihat bahwa kepedulian serta niat baik Unilever Indonesia terhadap masyarakat dan umat Islam sudah berlangsung sejak lama sehingga tidak perlu diragukan lagi, salah satunya terbukti dari kolaborasi kami melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’ yang telah terbina sejak 2017. Menindaklanjuti penandatanganan MoU yang dilakukan akhir tahun lalu, Insya Allah pelaksanaan program di tahun ini akan terus memberikan manfaat bagi para masjid dan jamaah di berbagai penjuru Indonesia.”

Dalam sambutannya, Drs. M Ilham Masykuri Hamdi, M.Ag, mewakili Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan turut menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan program Gerakan Masjid Bersih 2024 di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, “Fungsi masjid yang pertama adalah fungsi administrasi atau organisasi, yang kedua adalah fungsi pemeliharaan. Alhamdulillah acara ini merupakan bagian dari poin kedua karena kebersihan adalah bagian dari pemeliharaan.”

“Unilever memberikan motivasi kepada kita semua untuk melakukan bersih-bersih masjid demi kepentingan bersama, karena umat yang melakukan dan menjaga kebersihan masjid merupakan ciri-ciri orang beriman, dan mereka menjadi bagian dari 7 golongan umat yang akan mendapat naungan pada hari kiamat. Terima kasih kepada Unilever yang sudah menginiasi Gerakan Masjid Bersih sejak 2017 dengan konsisten, yang diharapkan akan berguna untuk masjid serta masyarakat Kalimantan Selatan. Terima kasih pula kepada para relawan masjid yang Insya Allah diberkahi Allah SWT dalam menyempurnakan ibadah.”

Upaya ini juga menjadi semakin penting karena menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan akan terus berlangsung hingga April 2024 atau hingga melewati Idul Fitri. Di balik fakta ini, ada berbagai risiko penyakit yang umumnya timbul selama musim penghujan, tidak terkecuali di fasilitas-fasilitas umum seperti masjid. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi untuk memastikan kebersihan mulai dari sekarang.

Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menerangkan, “‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ akan menjangkau 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu bentuknya adalah kegiatan bersih-bersih masjid bersama para Marbut dan warga di lima masjid raya di lima kota yang tersebar dari wilayah Barat hingga Timur nusantara – termasuk Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.”

”Kegiatan ini kami mulai sejak Januari lalu agar edukasi yang lebih ekstensif mengenai kebersihan bisa diterima lebih awal dan para masjid bisa memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan kebersihan dan kehigienisan fasilitas maupun lingkungannya. Tidak hanya kebersihan masjid, dengan dukungan lima brand kami yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, kami juga mengedukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan perangkat sholat, alat masak dan makan, serta lingkungan sekitar masjid secara lebih luas lagi.”

Kegiatan pembersihan yang dilakukan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin meliputi pembersihan lantai ruangan, selasar, toilet dan ruang wudhu masjid agar terbebas dari kuman; pencucian perangkat sholat; hingga pembersihan peralatan masak dan makan agar aman dipergunakan oleh pengurus masjid ataupun jamaah. Diserahkan pula donasi paket produk kebersihan disertai ajakan menjaga kebersihan masjid agar para jamaah dapat terinspirasi untuk menerapkan kebiasaan baik ini di rumah masing-masing. Diselenggarakan sejak pagi hari, acara turut melibatkan lebih dari 150 relawan yang terdiri dari pengurus masjid masyarakat sekitar.

Keistimewaan lainnya dari program ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ adalah, untuk pertama kalinya dibuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menominasikan masjid di sekitar mereka agar turut mendapatkan manfaat dari program ini. Dari tanggal 17 Februari–Maret 2024, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp +628561581158 untuk mengirimkan foto dan cerita menarik tentang masjid mereka. Nantinya, 1.000 masjid terpilih dari berbagai wilayah Indonesia akan menerima manfaat positif dari program ini berupa paket kebersihan yang dapat meningkatkan kenyamanan jamaah dan kehigienisan masjid.

“Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari pihak DMI Banjarmasin dan pengurus Masjid Raya Sabilal Muhtadin sehingga Alhamdulillah kegiatan hari ini dapat berlangsung dengan lancar. Besar harapan kami bahwa seluruh agenda yang kita laksanakan dapat membawa kebaikan, keberkahan, dan kemaslahatan bagi masyarakat maupun umat Islam di kota Banjarmasin tercinta. Aamiin Ya Rabbal Aalaamiin,” tutup Anggya.

Kembali ke atas