Lewati ke content

“Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart”: Misi Edukatif untuk Anak Indonesia

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 3 menit

Proses Peresmian Pepsodent Sekolah Sehat di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten

Guna meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada sebanyak mungkin anak Indonesia, Pepsodent bersama Alfamart mempersembahkan program ”Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” sebagai bagian dari penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023. Upaya kolaboratif yang diresmikan di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan dengan target menjangkau 100.000 siswa/i di 250 Sekolah Dasar yang tersebar di 12 kota di berbagai wilayah Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care & Professional Marketing Unilever Indonesia menerangkan, “Selama lebih dari 75 tahun, Pepsodent terus mewujudkan tujuan mulia untuk mendukung edukasi serta perawatan gigi dan mulut, salah satunya melalui penyelenggaraan BKGN setiap tahunnya. Di 2023, BKGN mengangkat tema ‘Senyum Sehat Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat’, yang memberikan perhatian khusus kondisi masyarakat Indonesia yang kian rentan mengalami gigi berlubang akibat konsumsi gula yang semakin tinggi.”

“Menurut data, 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula secara berlebih1, bahkan di 2023, konsumsi gula per kapita diproyeksi meningkat hingga 9% dari 20192. Tidak hanya pada orang dewasa, kecenderungan ini juga terlihat pada anak-anak. Tentunya hal ini harus diwaspadai bersama, karena jika tidak disertai dengan kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik, kebiasaan ini menjadikan anak-anak berisiko mengalami gigi berlubang.”

”Faktanya, hanya 2,8% masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat3, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur, sehingga edukasi dan pembiasaan sejak dini menjadi sangat penting, termasuk di lingkungan sekolah,” lanjut Distya.

Untuk itu, sebagai komponen penting dari BKGN, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ digelar sebagai misi berkelanjutan untuk menyebarluaskan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak usia Sekolah Dasar, bekerja sama dengan berbagai mitra guna memberikan dampak optimal.

Lebih lanjut, Joy Tarigan, Vice President Modern Trade Unilever Indonesia menjelaskan, “Di pelaksanaan program kali ini, kami bermitra dengan Alfamart yang memiliki misi sejalan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Jaringan mereka yang menjangkau berbagai wilayah negeri juga memungkinkan kami untuk menghimpun lebih banyak masyarakat dalam mendukung misi mulia yang kami usung. Tak hanya mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut yang baik, program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’juga menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara lebih menyeluruh.”

Melalui “Alfamart for All”, yang merupakan rangkaian program CSR berkesinambungan dari Alfamart untuk meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dengan mengusung enam pilar. Salah satu yang dikedepankan adalah Alfamart Care, sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan dan kelayakan hidup masyarakat Indonesia.

Solihin, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menyampaikan, “Sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka, Alfamart menyambut baik kerja sama ini, dimana para karyawan Alfamart akan turut terlibat dalam kegiatan edukasi kesehatan mulut dan gigi beserta PHBS yang bakal dijalankan di 250 Sekolah Dasar yang tersebar 12 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Lampung, Makassar, Lombok, Papua, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bengkulu. Secara total, program ini menargetkan untuk menjangkau 100.000 siswa/i.”

Bekerja sama dengan Yayasan Seribu Guru, melalui program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” setiap sekolah akan mendapatkan:

  1. Pelatihan guru untuk menjadi kader PHBS,
  2. Pembentukan dokter kecil di sekolah dan edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk siswa,
  3. Produk perawatan kesehatan gigi dan mulut,
  4. Fasilitas penunjang untuk sikat gigi bagi sekolah-sekolah terbaik

“Seluruh rangkaian program akan berlangsung mulai November 2023 hingga Maret 2024. Semoga kolaborasi ini akan membantu anak Indonesia lebih berprestasi dan percaya diri dengan Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat!” pungkas Distya.

Informasi lebih lengkap terkait program ini dapat ditemukan di laman Instagram @tanyapepsodent dan @alfamart.

1

Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh BPS tahun 2021

2

Statista, Per capita sugar consumption in Indonesia 2011-2031

3

Riset Kesehatan Dasar 2018

Kembali ke atas