Lewati ke content

Unilever Indonesia Ubah lokasi


Unilever Perkuat Komitmen Terus Tumbuh di Indonesia

  • Unilever Indonesia Angkat Jajaran Direksi Baru untuk terus Tumbuhkan Bisnis secara Kompetitif dan Bertanggung Jawab
  • Memulai 2022 dengan Kuat, Unilever Tegaskan Pentingnya Jaga Relevansi melalui PenguatanInovasi dan Portfolio serta Transformasi Digital
Public Expose PT Unilever Indonesia Tbk 15 June 2022

Tangerang, 15 Juni 2022 – PT Unilever Indonesia, Tbk. (“Perseroan”) hari ini mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Paparan Publik secara hybrid yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD dan disiarkan secara virtual. Dalam RUPST tersebut terdapat berapa agenda yang dibahas, diantaranya: Pengumuman hasil kinerja keuangan Perseroan pada kuartal 1 2022 (tidak diaudit); Pemaparan strategi jangka panjang dalam membangun pertumbuhan bisnis yang Purpose-Led dan Future-Fit; dan Pengesahan jajaran Direksi Perseroan yang baru.

Setelah dua tahun menghadapi berbagai tantangan selama pandemi Covid-19, Perseroan menyampaikan hasil kinerja keuangan kuartal 1 2022 (tidak diaudit) dengan berhasil mencetak penjualan bersih sebesar 10,8 triliun rupiah, dimana penjualan domestik bertumbuh sebesar 5,8% year on year atau 13,9% quarter on quarter. Perseroan juga berhasil membukukan laba bersih sebesar 2 triliun rupiah, atau bertumbuh sebesar 19,0% year on year (termasuk penyesuaian satu kali atas Central Service Fee 2021), di luar penyesuaian tersebut laba bersih bertumbuh sebesar 4,8%.

Penguatan fundamental bisnis dorong pertumbuhan kuartal I

Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, “Perseroan berhasil mengawali tahun 2022 dengan kuat. Pendorong pertumbuhan di kuartal 1 2022 adalah penguatan fundamental bisnis yang berfokus pada tiga pilar yaitu meningkatkan investasi serta kekuatan di kategori dan brand-brand kunci sekaligus meningkatkan inovasi, memperkuat pondasi di Distributive Trade; dan membangun kekuatan di channel Modern Trade dan channel masa depan (e-Commerce). Hal ini juga didukung oleh pulihnya perekonomian Indonesia dan kembalinya mobilitas masyarakat yang mendorong peningkatan daya beli konsumen.”

Menguatnya fundamental-fundamental tersebut menjadi kunci pertumbuhan Unilever Indonesia. Di kuartal ini, Distributive Trade Perseroan mencatatkan pertumbuhan double digit, sementara channel e-commerce menggandakan kinerja dengan bertumbuh sebesar 100%. Divisi yang berhasil mendorong pertumbuhan Perseroan adalah divisi Food, Beverage, Personal Care, dan Unilever Foods Solution (UFS). Brand Royco, Bango dan Buavita menjadi penopang utama pertumbuhan divisi Food dan Beverage.

Demikian juga halnya dengan divisi Personal Care yang berhasil membukukan pertumbuhan penjualan didorong oleh kinerja yang kuat dari kategori Oral Care dan Deodorant. Hasil yang membanggakan juga ditunjukkan oleh Unilever Foods Solution (UFS) yang bertumbuh sebesar 25%. Kinerja ini berhasil membawa UFS pada posisi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Ira menekankan bahwa awal yang kuat harus dibarengi dengan strategi dan eksekusi yang juga kuat untuk mempertahankan kinerja. Karena itu Perseroan terus berfokus pada lima strategi utama Unilever Indonesia untuk memenangkan persaingan di tengah begitu banyaknya tantangan: 1) Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi dan program marketing terdepan untuk mendorong pertumbuhan pasar; 2) Memperluas dan memperkaya portfolio ke premium dan value segment; 3) Memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce); 4) Penerapan E-Everything di semua lini, termasuk memimpin di Digital & Data Driven capabilities; 5) Tetap menjadi yang terdepan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.

Penguatan inovasi dan portfolio, transformasi digital, serta penguatan organisasi untuk pertumbuhan bisnis yang kuat dan mampu bersaing

Perseroan melihat pentingnya penguatan inovasi produk dan portfolio serta transformasi digital agar keseluruhan bisnis selalu siap menghadap persaingan di hari ini dan masa depan. Hal tersebut merupakan bagian penting dari upaya menciptakan bisnis yang berkelanjutan, inovatif, dan memberikan nilai tambah baik bagi Perseroan, pemegang saham, dan konsumen.

Annual General Meeting of PT Unilever Indonesia Tbk 15 june 2022

Ke depan, Perseroan akan memperluas dan memperkaya portfolio ke segmen premium, utamanya dalam kategori Beauty dan Personal Care dan Ice Cream, baik dalam hal inovasi produk, investasi media dan promosi, maupun kanal distribusi pada jalur penjualan premium. Selain itu, dalam hal pemasaran, perseroan akan mengedepankan transformasi digital demi memperkuat digitalisasi di General Trade (GT) dan keberadaan di omni channel. Hal ini dilakukan melalui serangkaian upaya, yang mana salah satunya adalah melalui peningkatan kapabilitas digital di GT.

Unilever Indonesia Angkat Jajaran Direksi Baru untuk terus Tumbuhkan Bisnis secara Kompetitif dan Bertanggung Jawab

Sementara, sebagai upaya penguatan organisasi, Perseroan mengukuhkan jajaran kepemimpinan senior dengan mengangkat sejumlah Direktur yang telah disahkan dalam RUPST hari ini. Jajaran direksi Perseroan yang baru diangkat adalah:

Jajaran direksi yang baru merupakan eksekutif-eksekutif berpengalaman luas di bidangnya, dan telah mencetak sederet pencapaian dalam berbagai posisi senior selama berkarir, bukan hanya di Indonesia, namun juga di tingkat regional dan global.

“Inovasi dan agility menjadi kunci dalam membangun bisnis agar terus berkembang dan relevan di tengah begitu banyaknya perubahan. Dalam pelaksanaannya, sumber daya manusia merupakan jantung keberhasilan berbagai upaya yang kami lakukan, sehingga penting bahwa Perseroan menunjuk pimpinan-pimpinan yang tepat. Kami yakin bahwa komposisi jajaran Direksi yang diresmikan hari ini bukan hanya akan membawa gagasan dan ide segar, tetapi juga akan membawa peluang baru bagi Perseroan untuk terus menjadi yang terdepan dalam menumbuhkan bisnis yang kompetitif, berkelanjutan, serta bertanggung jawab,” tutup Ira.