Jakarta, 17 Agustus 2020 – PT Unilever Indonesia, Tbk. lanjutkan dukungannya untuk Indonesia sejak awal pandemi COVID-19 yang telah dan akan direalisasikan dalam berbagai bentuk untuk menuju Indonesia sehat, sejahtera dan maju. Dukungan dengan nilai total Rp200 miliar ini telah mulai diberikan secara bertahap sejak awal pandemi bulan Maret lalu, baik secara independen maupun melalui kolaborasi dengan berbagai mitra di seluruh Indonesia.
Hemant Bakshi, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, “Kami terus fokus pada komitmen untuk selalu bersama Indonesia, tidak hanya dalam kemudahan, namun terlebih lagi dalam mengatasi tantangan. Kali ini tantangan yang kita hadapi berada dalam level berbeda, diperlukan kerjasama lintas sektor untuk menghadapi berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Dengan semangat #MariBerbagiPeran, secara berkelanjutan kami melakukan serangkaian upaya untuk membantu berbagai pihak, bergotong-royong menuju Indonesia yang sehat, sejahtera dan maju.”
“Dukungan ini terbagi atas tiga pilar utama, yaitu: melindungi kesehatan seluruh karyawan, memastikan bahwa kami selalu tanggap memenuhi dinamika kebutuhan konsumen, dan memberikan kontribusi nyata untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” lanjut Hemant.
Dukungan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan rekan-rekan di ekosistem Unilever Indonesia Di tengah pandemi ini, produk kebutuhan sehari-hari terutama produk kebersihan diri dan rumah menjadi semakin penting bagi konsumen. Oleh karena itu perusahaan tetap beroperasi memastikan ketersediaan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Upaya tersebut tidak terlepas dari peranan ribuan karyawan yang keselamatan dan kesehatannya selalu menjadi prioritas tertinggi bagi Unilever Indonesia. Untuk itu, protokol kesehatan dan keselamatan secara ketat diterapkan semua fasilitas perusahaan sejak awal pandemi ini.
Selain menjadi salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan sistem kerja work from home, Unilever Indonesia juga masih terus memantau kondisi kesehatan karyawan bersama tim dokter perusaaan setiap hari.
Bagi karyawan pabrik dan lapangan yang masih bekerja di lokasi, perusahaan menerapkan standar keamanan yang lebih tinggi – seperti pemeriksaan kesehatan secara kontinyu, melengkapi seluruh karyawan dengan alat pelindung diri (APD) yang memadai, memastikan kebersihan dan kehigienisan lingkungan kerja, dan lainnya.
Jika ada karyawan yang terdeteksi memiliki risiko kesehatan, maka perusahaan akan segera menindaklanjuti dan mengirimkan pulse oximeter, termometer digital, monitor tekanan darah digital, ventilator portabel, multivitamin.
Dukungan untuk edukasi masyarakat tentang kebersihan dan memastikan ketersediaan produk Produk kami selalu menjadi bagian penting dalam keseharian konsumen, terutama pada masa seperti ini dimana konsumen membutuhkan produk kesehatan dan kebersihan dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan ketersediaan produk, memperhatikan pola permintaan konsumen, dan menjadi gesit dan cepat dalam menjawab kebutuhan konsumen.
Selama pandemi, kami melakukan berbagai percepatan dan melakukan banyak inovasi pada produk higiene kami. Kami telah berhasil meningkatkan pasokan dengan sangat cepat, mengakses kemasan baru, memastikan ketersediaan bahan baku, memproduksinya, dan membuatnya tersedia untuk melindungi konsumen kita di mana pun mereka berada. Beberapa produk juga diproduksi dalam jumlah ekstra untuk kemudian didonasikan kepada pihak yang membutuhkan. Salah satu contoh respon perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan meningkatkan produksi hand sanitizer Lifebuoy dalam beberapa minggu.
Dalam waktu singkat, kami juga meluncurkan beberapa inisiatif baru seperti spray higienis Sahaja Spray, Wipol Disinfectant Spray, Wipol Surface Disinfecting Wipes hingga Vaseline Hand Cream Anti-Bacterial.
Mendukung pencegahan penyebaran virus, kami juga memaksimalkan aksesibilitas melalui Unilever's Home Delivery, sehingga konsumen kami tetap bisa #AmanBelanjaDariRumah. Anjuran bagi masyarakat akan pentingnya mengikuti protokol juga terus kami bantu dorong melalui berbagai kanal komunikasi kami baik secara online (media elektronik dan media sosial) maupun offline (edukasi di toko-toko).
Dukungan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
Unilever Indonesia berkomitmen untuk memastikan bahwa produk kami tersedia bagi masyarakat yang membutuhkan, komitmen kami adalah untuk berdonasi sebelum berjualan. Melalui semangat #MariBerbagiPeran yang kita gaungkan sejak awal pandemi, Unilever Indonesia bersama brand-brandnya telah mendukung upaya-upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat luas dalam benuk donasi yang disalurkan melalui 102 rumah sakit rujukan di Indonesia, 20 institusi pemerintahan, 29 mitra LSM, 39 mitra Unilever.
Dukungan Bagi Tenaga medis
- Bekerjasama dengan segenap karyawan, Unilever donasikan 52.000 paket makanan yang secara bertahap disalurkan ke tenaga kesehatan melalui sebuah inisiatif bernama “Meals for Meals”
- Mendonasikan 60.000 masker N95 kepada 8 (delapan) Rumah Sakit Rujukan di bawah naungan PERSI serta melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan Tangerang untuk diberikan kepada tenaga medis dan fasilitas kesehatan
Dukungan Bagi Masyarakat
- Mendonasikan paket produk dan alat kebersihan kepada 100.000 masjid di seluruh Indonesia bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI)
- Mendonasikan 40.000 alat tes PCR yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada tenaga medis yang bertugas di sejumlah rumah sakit, laboratorium dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia
- Melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Perusahaan mendonasikan hand sanitizer, sabun, produk makanan dan minuman, produk perawatan higienitas rumah, dan paket makanan bagi tenaga medis senilai Rp10 miliar kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyalurkan 1.300.000 (satu juta tigaratus ribu) produk Unilever seperti Lifebuoy, Wipol, SariWangi dan Buavita kepada 249.952 Kepala Keluarga (KK) di 3 provinsi dan 13 kabupaten/kota di Indonesia.
- Mendonasikan 10.000 unit hand sanitizer Lifebuoy, 3.000 unit masker KN95, 2.880 unit alat test PCR, dan 250 unit wastafel portabel serta materi edukasi PHBS senilai kepada Pemerintah Kota Surabaya
- Memberikan pelatihan bagi 2.100 petani agar tetap produktif di masa penuh tantangan
- Mendonasikan 15.000 Vaseline petroleum jelly untuk tenaga kesehatan
Dukungan bagi Pedagang Warung
Baru-baru ini kampanye “#UnileverUntukIndonesia” diluncurkan untuk memberikan dukungan nyata senilai total 40 Miliar rupiah bagi 147.000 pedagang warung di ekosistem perusahaan agar tetap sehat selamat dan dapat tetap berjualan. Hal ini dilakukan lakukan dengan cara menyumbangkan keuntungan dari transaksi dengan warung-warung tersebut selama tiga bulan ke depan, yang disampaikan dalam bentuk paket berisi produk kebersihan serta alat perlindungan diri, dan tambahan modal untuk keberlangsungan usaha. Selain itu Unilever Indonesia juga meluncurkan aplikasi Sahabat Warung untuk membantu para pedagang warung untuk memastikan supply barang terjaga dengan tetap menjaga jarak untuk keselamatan mereka.
“Kali ini tantangan yang kita hadapi berada dalam level berbeda, diperlukan kerjasama lintas sektor untuk menghadapi berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Kolaborasi dan gotong royong merupakan kunci terpenting dalam membantu mengatasi pandemi ini. Semoga Unilever Indonesia dapat terus mengambil peran strategis, dan bersama-sama kita dapat segera bangkit menuju Indonesia yang semakin sehat, sejahtera, dan maju, ” tutup Hemant.