Unilever Indonesia Bersama DMI Jaga Kebersihan 100.000 Masjid Melalui ‘GMB 2020’

Sambut Bulan Ramadhan, Unilever salurkan produk kebersihan ke masjid-masjid di Indonesia

indonesia bersama dmi

Jakarta, 22 April 2020 – PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali mengadakan kegiatan tahunan ”Gerakan Masjid Bersih” untuk mewujudkan masjid yang bersih dan nyaman, serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya membiasakan perilaku hidup bersih baik di lingkungan rumah maupun masjid. Melalui ’Gerakan Masjid Bersih 2020’ Unilever Indonesia mendonasikan paket kebersihan kepada 100.000 masjid di seluruh Indonesia bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT Pertamina (Persero) dan PT Indah Logistik.

Sancoyo Antarikso, Direktur Governance and Corporate Affairs PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, “Di tengah kondisi yang sangat menantang dimana masyarakat dianjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah, tahun ini ’Gerakan Masjid Bersih 2020’ hadir dengan format yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kami tidak mengajak masyarakat untuk datang dan bekerja bakti membersihkan masjid, melainkan mendonasikan produk ke 100.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia guna membantu para Marbut menjaga kebersihan masjid mereka.”

DR. H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia berkomentar, “Menjaga masjid terhindar dari virus dan kotoran adalah hukum agama, karena kebersihan itu sebagian daripada iman. Saya berterima kasih atas kerja sama Unilever dengan Dewan Masjid Indonesia yang sudah beberapa tahun terakhir menjalankan program kebersihan masjid, dimana program ini dapat menjadi contoh cara membersihkan masjid dengan baik. Walaupun sekarang masjid tidak dibuka untuk sholat Jum’at atau sholat lima waktu, tetapi keadaannya harus tetap bersih. Maka dalam kesempatan ini, saya turut menghargai dan berterima kasih kepada seluruh pengurus masjid dan juga para Marbut yang menjaga masjid sehingga dalam keadaan bersih, baik, dan terjaga sehingga pada saat kita nanti dapat beribadah secara bersama-sama lagi, masjid kita jauh lebih bersih dan jauh lebih harum daripada sebelumnya.”

Upaya yang dilakukan Unilever di ”Gerakan Masjid Bersih 2020” sejalan dengan semangat #MariBerbagiPeran. “Unilever percaya bahwa semua pihak memiliki peranannya masing-masing dalam menekan penyebaran virus COVID-19. Sebagai perusahaan yang produknya dekat dengan kehidupan masyarakat, kami mengambil peran dengan mendonasikan 300.000 produk disinfektan lengkap berikut alat kebersihan melalui DMI, Pertamina dan partner kami lainnya, agar masjid bisa terjaga kebersihannya. Sampai pandemi COVID-19 mereda nanti, sebaiknya kita tetap beribadah dengan aman dan nyaman di rumah,” lanjut Sancoyo.

Selain menyerahkan lebih dari 300.000 produk dan peralatan kebersihan, “Gerakan Masjid Bersih 2020” juga memberikan edukasi kepada para Marbut mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk pentingnya menggunakan produk-produk yang tepat dan terbukti efisien dalam melawan virus, kuman dan bakteri.

“Gerakan Masjid Bersih” diprakarsai oleh Unilever Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia sejak tahun 2017 dengan nama “Bersih-Bersih Masjid”. Kegiatan yang melibatkan brand-brand terdepan Unilever yaitu Wipol, Super Pell dan Vixal ini telah menjangkau hampir seluruh wilayah pulau Jawa, dan tahun ini cakupannya akan jauh diperluas hingga ke pulau-pulau lainnya.

Untuk pertamakalinya, di “Gerakan Masjid Bersih 2020” Unilever berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) dalam menyediakan dan menyalurkan paket beserta edukasi kebersihan ke 5.000 masjid di sekitar SPBU Pertamina. Sedangkan PT Indah Logistik menjadi mitra terpercaya untuk membantu mendistribusikan paket donasi ini ke masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) menyatakan, “Ribuan masjid yang terletak di sekitar SPBU Pertamina merupakan salah satu fokus yang kami kedepankan untuk tetap terjaga kebersihannya. Kami percaya bahwa kolaborasi dalam ‘Gerakan Masjid Bersih 2020’ ini akan mampu membantu kami menjaga kebersihan masjid-masjid tersebut, sambil terus menyuarakan pentingnya bagi masyarakat untuk tetap beribadah di rumah.”

Sementara, H. Arisal Aziz selaku Direktur Utama PT Indah Logistik turut berkomentar, “Di tengah kondisi seperti saat ini, kami berkomitmen untuk memberikan berbagai bentuk kemudahan dan kenyamanan sehingga masyarakat Indonesia tetap dapat memanfaatkan solusi layanan logistik tanpa rasa khawatir. Tanpa terkecuali di dalam kolaborasi kami di ‘Gerakan Masjid Bersih 2020’; kami akan memastikan bahwa pengiriman paket kebersihan ke seluruh wilayah Indonesia ini akan dilakukan secara profesional sembari mengedepankan prinsip physical distancing demi keamanan bersama.”

“Walaupun sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami berharap ‘Gerakan Masjid Bersih 2020’ akan memberikan manfaat positif bagi masjid di Indonesia serta bisa menginspirasi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keamanan diri dan keluarga mereka, dimanapun mereka berada. Mari bersama-sama kita berharap pandemi ini segera berakhir dan masyarakat bisa berkumpul kembali dan beribadah di masjid,” tutup Sancoyo.

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami