Pernyataan Presiden Direktur Mengenai Strategi Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Bersamaan dengan dirilisnya Laporan Keuangan Unilever Indonesia di kuartal I 2020, berikut pernyataan Hemant Bakshi selaku Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. mengenai rangkaian strategi bisnis perusahaan yang terus beradaptasi secara gesit di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung:

  • Di tengah pandemi ini, produk kebutuhan sehari-hari terutama produk kebersihan diri dan rumah menjadi semakin penting bagi konsumen. Oleh karena itu perusahaan tetap beroperasi untuk memastikan ketersediaan produk dan memenuhi kebutuhan konsumen. Upaya tersebut tidak terlepas dari peranan puluhan ribu karyawan kami dan karyawan mitra-mitra kami, terlebih mereka yang terus bekerja tanpa lelah di lapangan. Kami senantiasa melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan dengan memantau kondisi mereka secara harian bersama dengan tim dokter perusahaan, dan memastikan kelengkapan atribut alat pelindung diri yang memadai.
  • Saat ini Unilever Indonesia memutuskan untuk berfokus pada produk-produk inti, kami memprioritaskan SKU (Stock Keeping Unit) yang mendukung kesehatan dan kebersihan masyarakat Indonesia ditengah situasi seperti ini. Saat ini konsumen juga membutuhkan produk kesehatan dan kebersihan dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Salah satu contoh respon perusahaan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan melipatgandakan produksi hand sanitizer Lifebuoy sebanyak 100 kali lipat dalam waktu beberapa minggu. Dalam waktu yang begitu singkat, kami menggenjot pasokan kami secara besar-besaran, mengakses kemasan baru, memproduksinya, dan akhirnya menghadirkannya di pasaran.

    Tidak semata untuk memenuhi kebutuhan konsumen, percepatan kapasitas produksi beberapa produk yang terkait dengan kesehatan dan kebersihan juga kami salurkan kepada pihak yang membutuhkan seperti salah satunya adalah rumah sakit. Kami percaya semua pihak memiliki peran dalam berbagai upaya yang dilakukan untuk mengatasi pandemi COVID-19. Oleh karena itu, dengan semangat #MariBerbagiPeran, Unilever Indonesia berkomitmen memberikan dukungan senilai total Rp50 miliar untuk Indonesia. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk hand sanitizer, sabun, produk makanan dan minuman, produk perawatan higienitas rumah, paket makanan bagi tenaga medis, dan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis, serta Polymerase Chain Reaction (PCR) test kit yang kesemuanya disalurkan baik secara independen maupun dalam kemitraan dengan berbagai lembaga resmi terpercaya.

  • Inovasi menjadi fokus yang tak kalah penting. Contohnya, melalui salah satu brand terbaru kami, yaitu Sahaja, hanya dalam kurun waktu 6 minggu kami berhasil melahirkan terobosan baru berupa produk spray higienis. Produk ini menjawab kebutuhan umat muslim yang ingin tetap terus menjaga kebersihan dalam menjalankan ibadah. Mereka dapat menyemprotkan spray higienis Sahaja ke perlengkapan sholat maupun sajadah mereka, lantas beribadah dengan lebih tenang dan khusyuk.
  • Memaksimalkan aksesibilitas melalui Unilever Home Delivery. Mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat tetap tinggal di rumah, kami menghadirkan inovasi agar konsumen tetap dapat #AmanBelanjaDariRumah. Di situs www.unileverhomedelivery.com konsumen bisa mendapatkan informasi lengkap mengenenai cara membeli produk-produk Unilever secara daring, baik melalui jaringan e-commerce terpercaya maupun melalui WhatsApp: 0812-888-1234. Layanan ini tersedia di dua belas kota besar Indonesia, yaitu: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Medan, Pontianak, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Makasar.
Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami