Toggle Cari

  1. Home
  2. ...
  3. Siaran Pers
  4. Dove Choose Beautiful: 96% perempuan tidak memilih cantik

Dove Choose Beautiful: 96% perempuan tidak memilih cantik

Dove® meluncurkan kampanye terbarunya Choose Beautiful untuk menyadarkan dan mengingatkan kembali perempuan Indonesia untuk merasa dan memilih cantik.

Jakarta, 16 April 2015 – Sebagai sebuah perusahaan consumer goods yang juga kuat dalam bisnis produk perawatan kecantikan dan telah menemani perempuan Indonesia sejak lama, Unilever memiliki pemahaman mendalam terhadap perempuan Indonesia. Sebagai merek produk perawatan tubuh ternama dari Unilever, Dove selalu konsisten menghadirkan produk perawatan tubuh menyeluruh yang menjaga kecantikan setiap perempuan di dunia dan menumbuhkan percaya diri yang mereka miliki.

Di tahun-tahun sebelumnya, Dove selalu hadir dengan rangkaian kampanye untuk mengingatkan kembali potensi kecantikan yang dimiliki oleh setiap perempuan agar lebih percaya diri dan merasa lebih bahagia. Beberapa kampanye Dove di antaranya adalah Dove Real Beauty Sketches, Dove Camera Shy, dan beberapa kampanye Dove lainnya yang sukses menarik perhatian ratusan juta pemirsa di seluruh dunia.

Tahun ini Dove meluncurkan kampanye terbarunya Choose Beautiful untuk menginspirasi setiap perempuan di dunia bahwa mereka mempunyai kesempatan untuk merasa cantik pada penampilan mereka setiap hari. Hal ini didasarkan pada survey global yang dilakukan oleh Dove, yang menyatakan bahwa 96% perempuan di dunia tidak memilih kata cantik untuk menggambarkan penampilan dirinya.

Eva Arisuci Rudjito, Marketing Director Skin Cleansing and Body Care PT Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan, Dove membuktikan hal tersebut dalam sebuah film pendek yang merekam reaksi perempuan ketika dihadapkan pada dua pilihan yaitu ‘Biasa Saja’ atau ‘Cantik’. Pengambilan gambar dilakukan di lima kota besar: San Fransisco, Shanghai, Delhi, London, dan Sao Paolo. “Hasilnya, film ini menunjukkan perempuan seringkali tidak menyadari potensi kecantikan yang mereka miliki,” kata Uci dalam acara temu media Dove Masterbrand Choose Beautiful di Jakarta, (16/05).

Namun seiring dengan kampanye yang telah dilakukan Dove dari tahun ke tahun, Dove melihat adanya peningkatan persentase persepsi perempuan terhadap potensi kecantikan yang dimilikinya. Berdasarkan survey Dove di tahun 2013, sebanyak 4% perempuan Indonesia mendeskripsikan dirinya cantik, dan persentase tersebut kini meningkat menjadi 8% di tahun 2015.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Unilever Indonesia di tahun ini melalui lembaga riset independen BMI Research, delapan dari sepuluh perempuan Indonesia merasa puas terhadap penampilan fisik atau wajahnya. Namun, mereka cenderung ragu untuk mengatakan tentang potensi kecantikan yang mereka miliki. “Kami menemukan fakta bahwa hanya satu dari sepuluh perempuan Indonesia yang menyebut dirinya cantik,” ungkap Uci. Survey dilakukan di tiga kota besar, Jakarta, Surabaya dan Medan kepada 300 responden perempuan di Indonesia dengan rentang umur 18 - 64 tahun.

Lebih lanjut Uci menegaskan, berdasarkan fakta tersebut, kampanye Choose Beautiful menjadi salah satu komitmen Dove untuk terus menyadarkan dan mengingatkan kembali bahwa merasa cantik merupakan awal untuk memancarkan rasa percaya diri dan kebahagiaan bagi perempuan Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Efnie Indrianie, M.Psi mengatakan, perempuan Indonesia memang seringkali enggan menyampaikan potensi kecantikan yang mereka miliki, salah satunya disebabkan adanya budaya lokal yang cukup kuat. “Berdasarkan culture psychology, masyarakat Indonesia itu kolektivis, dimana lebih mementingkan persepsi bersama dibandingkan dengan persepsi individu. Faktor ini terkadang membatasi perempuan Indonesia dalam memberikan persepsi cantik bagi dirinya,” jelas Efnie.

Senada dengan Efnie, Sheila Timothy, Produser Film Indonesia berbagi mengenai persepsi pribadinya mengenai kecantikan. “Kehadiran Dove melalui beberapa kampanyenya semakin menguatkan saya untuk merasa dan memilih cantik agar dapat memancarkan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitar saya. That’s why I Choose Beautiful!” kata Sheila.

Karena itu, Uci menambahkan, sejalan dengan komitmennya untuk mendorong setiap perempuan agar merasa cantik, Dove mengajak perempuan Indonesia untuk menyaksikan sebuah film pendek Dove Choose Beautiful dan menentukan pilihan untuk merasa cantik di youtube.com/user/DOVEIndonesia. Untuk memahami lebih lanjut tentang pilihan perempuan dalam Dove Choose Beautiful, perempuan Indonesia juga dapat follow @Dove_IDN di twitter dengan hashtag #ChooseBeautiful.

Indonesia

Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kavling 3
BSD City
Tangerang – 15345

www.unilever.co.id

+6221-80827000

Telusuri lebih lanjut topik-topik ini
Back to top