• Home
  • Berita dan Media
  • Siaran Pers
  • Molto mengajak keluarga Indonesia untuk berbagi pelukan yang penuh kelembutan untuk anak-anak kurang beruntung melalui donasi boneka beruang Molty

Molto mengajak keluarga Indonesia untuk berbagi pelukan yang penuh kelembutan untuk anak-anak kurang beruntung melalui donasi boneka beruang Molty

Jakarta, 18 Oktober 2013 – Setiap orang memiliki kebutuhan untuk menyalurkan rasa kasih sayang. Pelukan merupakan perwujudan kasih sayang berupa sentuhan fisik yang paling mudah dilakukan dan penting untuk dipenuhi. Pelukan memiliki banyak manfaat, baik secara psikologis maupun fisik. Terutama bagi anak, pelukan yang penuh kelembutan merupakan sesuatu yang dapat menenangkan dan bahkan dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya.

Melihat pentingnya pelukan, Molto, sebagai produk yang sangat dekat dengan keluarga Indonesia, hari ini memulai gerakan ’Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ultra Pure’. Molto mengajak keluarga memulai kebiasaan pelukan yang sangat bermanfaat serta turut berpartisipasi untuk berbagi pelukan yang penuh kelembutan bagi anak-anak yang kurang beruntung. ”Kami ingin menyuarakan pentingnya manfaat sebuah pelukan yang penuh kelembutan, terutama bagi anak-anak sedari lahir hingga beranjak dewasa. Tak hanya itu, Molto juga menyebarkan ungkapan pelukan dengan simbolisasi pemberian donasi boneka beruang Molty untuk anak-anak yang kurang beruntung,” terang Hira Triadi selaku Marketing Manager Laundry Category PT Unilever Indonesia, Tbk.

Orang Indonesia sebenarnya lekat dengan tradisi sentuhan fisik, terutama saat anak masih bayi dimana mereka ditidurkan sambil dipeluk atau dibelai. Roostien Ilyas sebagai pemerhati anak mengatakan, ”Bagi orang tua, bentuk kasih sayang itu banyak diungkapkan dengan memenuhi kebutuhan sang anak seperti membelikan mainan, menyekolahkan ke jenjang yang tinggi, perhatian khusus serta ucapan kata yang lembut. Namun mereka mulai enggan memberikan pelukan seiring pertambahan usia anak.”

Roostien melanjutkan, ”Padahal, tanpa disadari, sentuhan fisik seperti pelukan dapat memberikan perasaan nyaman, kehangatan, dan ketenteraman jiwa. Pelukan perlu dilakukan karena ini adalah komunikasi non-verbal yang sebenarnya dapat berbicara lebih banyak daripada hanya pemenuhan kebutuhan.”

Melly Puspita Sari, Psi, M, NLP, Psychologist seorang psikolog, master trainer NLP dan penulis buku ’The Miracle of Hug’ menjelaskan, ”Berikan pelukan kepada anak minimal delapan kali sehari untuk memberikan energi baru sehingga anak bisa beraktivitas serta mengoptimalkan potensinya. Pelukan memberikan kedekatan dan kekuatan getaran batin antara orang tua dan anak.”

Manfaat pelukan tidak mengenal usia, kehangatannya dapat dirasakan sejak seseorang dilahirkan hingga beranjak dewasa. Beberapa penelitian klinis dan psikologis akan pentingnya sebuah pelukan telah dilakukan, antara lain; pelukan antara orangtua dan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak, juga merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada anak serta mengurangi racun dari zat berbahaya di otak ; pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang karena membuat anak merasa dicintai dan dihargai ; pelukan berdampak positif pada perkembangan dan IQ anak-anak .

”Perlu juga diketahui bahwa sebuah pelukan yang penuh kelembutan merupakan salah satu cara yang dapat membantu menyelesaikan masalah, terutama pada anak yang berperilaku unik. Pelukan juga penting karena orang yang biasa dipeluk cenderung mudah untuk memunculkan rasa kasih sayang terhadap sesama. Maka dari itu, jangan segan-segan untuk memulai kebiasaan pelukan sejak dini!” tambah Melly.

Menyadari pentingnya pelukan yang penuh kelembutan, Molto mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam gerakan “Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ultra Pure”. Tiap melakukan pembelian produk Molto Ultra Pure, secara otomatis konsumen ikut mendonasikan boneka beruang Molty untuk anak-anak yang kurang beruntung. Boneka beruang dipilih sebagai simbol kasih sayang karena dapat dijadikan teman yang menyenangkan untuk anak. Lebih dari itu, boneka yang mudah dipegang serta dipeluk tersebut juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan seperti rasa sayang, rasa memiliki dan lainnya.

Selain pembelian, konsumen dapat juga berpartisipasi dengan mendonasikan boneka lama ke drop box yang disediakan. Boneka lama tersebut kemudian diberikan kelembutan Molto Ultra Pure sebelum diserahkan kepada anak yang kurang beruntung. Seluruh boneka beruang Molty yang terkumpul nantinya secara simbolis akan dibangun menjadi satu boneka beruang Molty raksasa, yang akan dibagikan kepada anak-anak kurang beruntung pada puncak acara 24 November 2013 di Mal Taman Anggrek.

”Gerakan ’Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ultra Pure’ ini membentuk chain of love (rantai cinta), dimana Molto menginspirasi para konsumen untuk berbagi pelukan penuh kelembutan melalui simbol donasi boneka beruang kepada anak-anak kurang beruntung, sehingga anak tersebut dapat menyalurkan kelembutan yang sama pada bonekanya. Harapan kami, gerakan ini bisa membantu menginspirasi keluarga Indonesia untuk memulai kebiasaan berpelukan, dan turut berbagi pelukan yang penuh kelembutan bagi anak-anak kurang beruntung,” tutup Hira.

Indonesia

PT Unilever Indonesia

Graha Unilever

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 15

Jakarta 12930

+62 21 5299 6773 / 6818

info.uli@unilever.com

Back to top