Lewati ke content

Adaptasi Kebiasaan Baru di Luar Ruangan Selama Pandemi

Diterbitkan:

Waktu rata-rata membaca: 2 menit

Coronavirus atau Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi ringan sampai berat, seperti menimbulkan infeksi paru-paru (pneumonia). Penularan virus ini terjadi melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya saat berada di ruangan tertutup dan ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau bisa jadi kontak langsung dengan droplet. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada akhir Desember tahun 2019 dan mulai masuk ke Indonesia pada awal Maret tahun 2020.

Meskipun pandemi Covid-19 belum usai, masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas di luar seperti biasa. Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia dapat beradaptasi dengan menerapkan kebiasaan baru. Namun, baru-baru ini, World Health Organization (WHO) menyatakan keberadaan varian baru virus Corona, yakni varian Omicron atau varian B.1.1.529.1 Varian ini sudah terdeteksi di beberapa negara saat pertama kali ditemukan di Benua Afrika.

Varian baru ini memiliki lebih banyak mutasi daripada varian lain. Dari total 55 mutasi, sejumlah 32 di antaranya berkaitan dengan infeksi sel dan respons kekebalan.2 Hal ini membuat dunia kembali menjadi resah, sebab varian ini diakui lebih tahan dan lebih kuat dalam menghambat sistem imun atau kekebalan tubuh. WHO mengimbau agar negara-negara lain meningkatkan upaya pengawasan untuk lebih memahami varian virus Corona yang beredar.

Untuk menghindari penularan virus pada masa adaptasi kebiasaan baru, berikut adalah langkah-langkah keamanan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus Covid-19,3 di antaranya dengan penerapan 6M,4 yaitu:

  1. Memakai masker dan tidak menyentuh wajah menggunakan tangan yang belum dibersihkan
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  3. Jika tidak ada wastafel, gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol
  4. Menjaga jarak minimal 1 meter serta menghindari kerumunan
  5. Mengurangi mobilitas
  6. Menghindari makan bersama

Selain itu, selalu siapkan tisu disinfektan untuk membersihkan barang-barang yang ingin digunakan dan siapkan hygiene kit untuk bepergian.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru selama pandemi dan melakukan aktivitas di luar ruangan dengan tetap merasa aman. Secara tidak langsung, kita jugadapat membantu memutus rantai penyebaran virus Covid-19 demi keselamatan diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Sumber:

Kembali ke atas