1950 - 1959: Ledakan konsumen pascaperang

Dari akhir tahun ‘40-an hingga ‘50-an, pengembangan pasar massal baru untuk barang konsumen, termasuk Afrika dan Asia, membuka peluang ekspansi.

Bagian iklan Blue Band di India

United Africa Company milik Uniliever berkembang pesat, menghasilkan barang untuk penjualan di negara bagian Afrika merdeka yang baru, yang membantu menciptakan industri produksi lokal baru. Sementara itu, kesejahteraan pascaperang di Eropa, yang dipicu oleh diawalinya Masyarakat Eropa, menyebabkan ledakan konsumen dan meningkatnya standar hidup.

Karena kemajuan ilmiah baru datang dengan cepat dan dalam jumlah banyak, Unilever meningkatkan fokusnya pada teknologi, menjadikan Port Sunlight Research sebagai Divisi Penelitian dengan tanggung jawab atas laboratorium di Inggris dan Belanda. Unilever juga mendirikan grup penelitian gizi di Belanda, yang nanti menjadi Lembaga Penelitian Makanan dan Kesehatan Unilever, pusat keunggulan dalam gizi. 

 Selama tahun 1950-an, berbagai jenis makanan baru, yang paling terkenal stik ikan (fish finger), yang dibuat sebagai tanggapan langsung terhadap kebutuhan makanan bergizi yang menggunakan bahan-bahan yang tersedia dari penjatahan pascaperang. Beberapa jenis makanan baru ini kemudian dipasarkan melalui saluran baru yang menjanjikan, TV komersial.

Peristiwa penting

1954

Sampo Sunsilk diluncurkan di Inggris dan akan menjadi merek sampo terkemuka kami, pada tahun 1959 sampo ini tersedia di 18 negara di seluruh dunia.

1955

Pada tanggal 22 September, Unilever menayangkan iklan paling pertama di TV komersial Inggris, yaitu untuk pasta gigi Gibbs SR.

Stik ikan diperkenalkan di Inggris dan dalam satu dekade makanan ini berkontribusi sebanyak 10% dari konsumsi ikan orang Inggris.

Sabun Dove diluncurkan di AS.

1956

Unilever Research mendirikan Departemen Biologinya, yang di tahun 1980-an akan menjadi unit Biosains, Gizi, dan Keselamatan.

Simpanse PG Tips tampil perdana di stasiun TV komersial Inggris yang baru diluncurkan. Ditayangkan pada hari Natal, iklan ini diilhami oleh pesta teh simpanse di kebun binatang London Zoo. Iklan ini menjadikan PG Tips sebagai merek teh Inggris terlaris.

Miss Pears pertama dimahkotai di kontes kecantikan Sabun Pears yang terkenal yang merayakan kecantikan yang alami serta kulit yang cerah.

1958

Di Belanda, Unilever memperluas bisnis ke makanan beku dan es krim melalui akuisisi Vita NV, yang kemudian menjadi Iglo Mora Group.

1959

Unilever meluncurkan margarin pertamanya di dalam wadah, menggantikan yang tradisional berbentuk batang terbungkus kertas minyak, dengan Blauband di Jerman, diikuti oleh Flora di Inggris.

Back to top