Unilever Sustainable Living Plan untuk

Penggunaan air

Penggunaan air

Kelangkaan air adalah masalah besar bagi manusia, masyarakat, dan bisnis.

Air penting bagi planet, ekosistem, dan penghuninya untuk tetap bertahan hidup dan berkembang. Dalam hal manusia, air merupakan faktor penting untuk kehidupan, dan dalam hal ekonomi, air merupakan bahan bakar utama bagi ekonomi secara global. Unilever tidaklah berbeda dari semua ini. Air penting untuk produksi dan penggunaan produk kami. Batasan kualitas dan kuantitas air yang tersedia telah membatasi kemampuan kami untuk beroperasi secara efektif, dan memenuhi kebutuhan konsumen kami.

Sebanyak 2,8 miliar orang di seluruh dunia mengalami hidup di daerah yang kekurangan air. Angka ini diperkirakan akan meningkat secara signifikan, dengan Water Resources Group memperkirakan bahwa 25% dari total permintaan air pada 2030 tidak akan terpenuhi. Kelangkaan air rumah tangga menjadi persoalan besar di kota-kota dengan tingkat pertumbuhan cepat di negara-negara berkembang yang infrastrukturnya tidak dapat mengikuti pertumbuhan penduduk dan pendapatan. Perubahan iklim, urbanisasi, pertumbuhan populasi, dan pertumbuhan kelas menengah telah berkombinasi untuk menciptakan krisis air global – dengan ciri-ciri kemarau, banjir, dan kekurangan air lokal seperti yang baru-baru ini terjadi di Cape Town.

Mengatasi tantangan ini membutuhkan tindakan kolektif dari perusahaan, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan konsumen. Di sini, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 6 dari PBB (SDG 6) memberikan kerangka kerja umum untuk mencapai akses air berkelanjutan bagi semua, pada tahun 2030. Kami yakin bahwa dunia dengan air yang tersedia untuk semua, merupakan platform penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan lainnya.

Pilar air dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP) berkontribusi pada sejumlah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG), terutama: Air bersih dan sanitasi (SDG 6); Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (SDG 8); Industri, inovasi, dan infrastruktur (SDG 9); Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (SDG 12); Aksi iklim (SDG 13); dan Kemitraan demi mencapai tujuan (SDG 17).

Strategi kami

Kami mengatasi tantangan kelangkaan air secara holistik, agar konsumen dapat terus menikmati produk kami di dunia yang kekurangan air.

Water use and water centre
Alasan bisnis

Kategori produk Perawatan Rumah dan Perawatan Pribadi dan Kecantikan tempat kami beroperasi, menggunakan lebih dari 90% air yang digunakan di rumah, dari mulai mencuci piring hingga membersihkan rambut, kulit, dan pakaian. Akibatnya, orang-orang yang mengalami kelangkaan air harus memilih cara untuk menggunakan porsi air mereka. Pada akhirnya, hal ini membatasi pertumbuhan produk kami.

Kami juga mengetahui bahwa ketika terjadi kemarau, harga produk pertanian seringkali meningkat, dan krisis energi sering terjadi setelahnya karena air merupakan bagian penting dalam produksi energi. Hal ini mendorong kenaikan harga dan berdampak kepada bisnis kami hingga tiga kali lipat.

Pendekatan kami

Sistem air merupakan sistem besar yang kompleks dan saling berhubungan. Sebagai contoh, apa yang memberi dampak terhadap pemasok juga dapat berdampak terhadap ketersediaan bahan mentah bagi bisnis kami, dan pada akhirnya berdampak terhadap konsumen. Kami telah menetapkan strategi air global untuk menjaga kemampuan kami dalam beroperasi dan juga membantu dalam kontribusi terhadap SDG 6.

Air merupakan faktor penting agar orang-orang dapat menikmati produk kami. Dengan adanya keterbatasan air, kita akan berjuang untuk mencuci tangan, pakaian, dan kamar mandi, atau membuat secangkir teh yang menyegarkan. Semua ini tercermin dalam jejak air kami; sebanyak lebih dari 99% penggunaan air terjadi ketika konsumen menggunakan produk kami, terutama ketika mencuci pakaian, membersihkan rambut, mandi dengan pancuran, atau mandi.

Oleh karena itu, tim Riset dan Pengembangan kami fokus pada pengembangan produk yang memberikan kinerja sama namun dengan pemakaian air lebih kecil, dengan kualitas air yang buruk, atau tanpa air samasekali. Kami juga bekerja bersama para pemasok untuk mengurangi penggunaan air untuk menumbuhkan hasil pertanian, dan kami mengurangi penggunaan air di pabrik kami di seluruh dunia.

Tindakan dari satu pengguna di sumber air dapat menentukan pasokan air bagi semua orang lain. Jika sistem air tempat kami beroperasi - baik ketika kami menanam tanaman teh, memproduksi produk, atau menjual kepada konsumen - berkurang dalam hal kualitas maupun kuantitasnya, bisnis kami akan mengemban risiko. Oleh karena itu, di berbagai area dengan risiko air yang tinggi, atau lokasi pertanian, kami mengupayakan tindakan penghematan air melalui keterlibatan bersama masyarakat dan mengambil tindakan kolektif bersama berbagai pihak lain untuk berkontribusi dalam keamanan air yang lebih baik bagi semuanya.

Fokus kami

Kami mempercepat inovasi produk untuk memenuhi mereka yang berada di daerah dengan kelangkaan air, sembari terus mengurangi penggunaan air dalam pertanian dan operasi produksi kami. Upaya kami difokuskan pada area-area yang akan memberikan dampak positif paling besar.

Tim penanganan air dalam perusahaan kami bertanggung jawab dalam hal strategi air dan target kami. Fokus tim ini adalah mendorong inovasi cerdas air untuk mencapai pertumbuhan bisnis, dan diketuai oleh Home Care CategoryPresident kami, Kees Kruythoff.

Merek & inovasi

  • Mengembangkan produk inovatif yang membantu orang-orang beradaptasi dalam dunia dengan kelangkaan air.
  • Membangun bisnis pemurnian air minum Pureit dan Qinyuan kami.

Rantai pasokan

  • Mendukung para pemasok pertanian dalam hal teknik dan peralatan pengairan yang lebih baik untuk meningkatkan hasil panen dengan menggunakan jumlah air yang lebih kecil.
  • Secara proaktif memetakan dan mengelola risiko air dan iklim dalam rantai pasokan.

Pabrik

  • Terus mendorong penggunaan air berkelanjutan dalam operasi manufaktur kami.

Advokasi

  • Bekerja dalam kemitraan bersama pemerintah, bisnis yang memiliki pandangan serupa, dan masyarakat sipil untuk menangani tantangan sistem yang lebih luas di seputar akses ke air, sanitasi, dan kebersihan.
Komitmen kami

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.*

Sebagai tambahan, dalam operasi kami sendiri, abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar, pada tahun 2020.

Kemajuan sejauh ini

Pada tahun 2017, dampak air kami per penggunaan konsumen telah menurun sekitar 2%† dibandingkan tahun 2010.* Kami menyadari bahwa kami berada di bawah target. Penyebab utama dari selisih antara hasil tahun 2016 dan 2017 adalah bahwa sekarang portfolio ini disusun dari lebih banyak produk yang memiliki jejak air lebih tinggi dari rata-rata. Karena hal ini, kami telah meningkatkan fokus pada inovasi produk yang menggunakan air lebih kecil, sementara juga mendorong perubahan perilaku konsumen.

Kami telah mencapai penurunan yang signifikan pada penggunaan air dalam produksi, dengan pabrik-pabrik kami yang mengabstraksi air sebesar 19,8 juta† meter kubik lebih sedikit pada tahun 2017 dibandingkan dengan pada tahun 2008. Ini setara dengan pengurangan 39%† per ton produksi. Kami juga bekerja bersama para pemasok pertanian; pada tahun 2018 kami meluncurkan Sustainable Agriculture Code yang telah diperbarui, sebagai panduan jelas terhadap semua aspek Pertanian Cerdas Iklim, termasuk pengelolaan air. Pada akhir 2017, kami telah secara gabungan menyusun lebih dari 4.000 rencana pengelolaan air, bersama dengan para pemasok pertanian kami.

Tantangan masa depan

Investasi dalam infrastruktur (baik natural dan buatan manusia), peraturan pemerintah, dan tindakan oleh sektor swasta, semuanya adalah sangat penting untuk mendapatkan solusi yang dapat bertahan lama. Melalui advokasi, kami akan mempromosikan kebijakan dan solusi berbasis pasar yang memungkinkan lebih banyak orang untuk memiliki akses ke air, sanitasi, dan kebersihan.

Penetapan harga air, pengukuran penggunaan air, perkakas rumah tangga yang efisien, dan produk hemat air, semuanya diperlukan untuk menciptakan perubahan sistemis yang sangat dibutuhkan untuk penggunaan air yang berkelanjutan. Akan tetapi, di beberapa negara, diperlukan waktu bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pasokan air. Terdapat kebutuhan segera akan produk baru yang menggunakan air dengan lebih efisien di rumah dan yang berfungsi dengan baik dalam air yang berkualitas rendah. Tantangan bagi kami adalah mempercepat jalur inovasi guna memenuhi kebutuhan orang-orang.

*Target lingkungan kami dinyatakan berdasarkan data awal tahun 2010 dan berdasarkan 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti satu kali penggunaan atau satu porsi produk. Kami melaporkan lima subkategori penggunaan air (Penatu, Perawatan Rambut, Perawatan Mulut, Pembersih Kulit, dan Perawatan Rumah Tangga) di tujuh negara yang mengalami kelangkaan air: Tiongkok, India, Indonesia, Meksiko, Afrika Selatan, Turki, dan A.S.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC


Expand for more on Water use

Target & kinerja

Kami menetapkan komitmen yang ambisius untuk mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya, terutama di negara-negara yang mengalami kelangkaan air.*


Penggunaan air
Komitmen kami

Mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya pada tahun 2020.*

Kinerja kami

Pada tahun 2017, dampak air dari penggunaan konsumen telah menurun sebanyak sekitar 2% sejak tahun 2010.*

Perspektif Kami

Kami telah mencapai penurunan yang signifikan dalam hal penggunaan air dalam produksi, mengurangi air secara global yang diabstraksi untuk produksi sebesar 39%† per ton produksi dan 32,38% di Indonesia, dibandingkan dengan tahun 2008. Namun, dampak terbesar berasal dari air yang digunakan oleh konsumen ketika mereka mandi di bawah pancuran air, berendam, dan membersihkan diri dengan produk kami.

Pada tahun 2017, air yang berkaitan dengan penggunaan produk kami oleh konsumen telah berkurang sebesar 2%† dibandingkan dengan pada tahun 2010. Penyebab utama dari selisih antara hasil tahun 2016 dan 2017 adalah bahwa sekarang portfolio ini disusun dari lebih banyak produk yang memiliki jejak air lebih tinggi dari rata-rata. Selama tujuh tahun terakhir, kami telah banyak belajar tentang kebutuhan masyarakat di tengah-tengah kelangkaan air - jadi kami telah mempertajam strategi internal kami agar selaras dengan hal ini, dengan mempertimbangkan masalah kualitas serta kuantitas air.

Kami telah terus mencatat kemajuan dalam merancang dan meluncurkan produk yang membutuhkan sedikit air. Teknologi SmartFoam kami yang dipatenkan dalam bubuk Sunlight 2-in-1 Handwashing Laundry dan detergen batangan Rin menggunakan hingga setengah air yang diperlukan untuk membilas, sehingga proses mencuci menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk konsumen di wilayah dengan kelangkaan air. Inovasi pada Sunlight ini merupakan bagian dari brand global kami Surf, yang meningkatkan pangsa pasarnya di Afrika Selatan.

Pada tahun 2016, kami membuka Suvidha Hygiene Centre di India. Pusat yang terletak di salah satu daerah kumuh terbesar di Mumbai ini menyediakan layanan air, sanitasi, dan kebersihan yang dibayar sesuai penggunaan, termasuk fasilitas cuci pakaian dan cuci piring, serta air yang aman diminum, bagi lebih dari 1.500 orang. Pusat ini menggunakan prinsip ekonomi sirkular untuk mengurangi penggunaan air. Air bersih digunakan terlebih dahulu untuk mandi, mencuci tangan, dan mencuci baju. Sisa air dari aktivitas ini kemudian digunakan untuk menyiram toilet.

Model bisnis ini merupakan peluang untuk membuka pasar, investasi, dan inovasi baru, seraya memenuhi kebutuhan konsumen dan berkontribusi ke pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB - terutama pemenuhan SDG 6 mengenai penyediaan air bersih dan sanitasi.

Kami juga terus memperluas Sunlight Water Centres di Nigeria, dengan 18 pusat yang dibuka pada akhir 2017.

*Target lingkungan kami dinyatakan berdasarkan data awal tahun 2010 dan berdasarkan 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti satu kali penggunaan atau satu porsi produk. Kami melaporkan lima subkategori penggunaan air (Penatu, Perawatan Rambut, Perawatan Mulut, Pembersih Kulit, dan Perawatan Rumah Tangga) di tujuh negara yang mengalami kelangkaan air: Tiongkok, India, Indonesia, Meksiko, Afrika Selatan, Turki, dan A.S.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC


  • Tercapai

  • Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen untuk detail lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

Mengurangi tingkat abstraksi air oleh tempat-tempat produksi

  • Pada tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setara dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008 meskipun volumenya jauh lebih besar.

Ini setara dengan pengurangan sekitar 40% per ton produksi.

Dibandingkan dengan data awal tahun 1995, ini menunjukkan penurunan 78% per ton produksi dan penurunan absolut sebesar 65%.

Kami akan fokus pada pabrik-pabrik di lokasi dengan kelangkaan air.

Abstraksi air pada tahun 2017 turun hingga 19,8 juta meter kubik dibandingkan tahun 2008 (pengurangan sebesar 39% per ton produksi).

Dibandingkan tahun 1995, ini mewakili penurunan sebesar 77,4% secara absolut.


  • Semua pabrik yang baru dibangun dirancang untuk mengabstraksi kurang dari setengah angka abstraksi pada data awal di tahun 2008.

Pabrik baru di Turki, Vietnam, India, dan Iran memulai produksi pada tahun 2017. Jika sudah beroperasi penuh, masing-masing menargetkan penurunan tingkat abstraksi air sebanyak separuh dari pabrik-pabrik pada data awal 2008.


Perspektif kami

Kami telah mengurangi total volume abstraksi air yang digunakan dalam produksi sebesar lebih dari tiga perempatnya sejak tahun 1995.

Pada tahun 2017, kami telah berhasil mengurangi sebanyak 39%† per ton produksi dibandingkan dengan tahun 2008, dan pencapaian ini terjadi walaupun terdapat pertumbuhan volume produksi sejak 2008. Penurunan ini setara dengan penghematan air sekitar 2,6 liter untuk setiap orang di planet ini.

Kemajuan kami telah didorong oleh inisiatif yang berkelanjutan di semua lokasi untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang air. Kami melakukannya dengan menggabungkan teknik dan perilaku yang murah dan tanpa biaya, serta program investasi barang modal khusus air.

Kami terus melacak dan mendorong peningkatan dalam kinerja air sebagai komponen dari strategi air kami secara keseluruhan. Efisiensi air telah memperlihatkan pengembalian finansial yang kuat, mengurangi ketergantungan kami terhadap sumber daya air, dan mendukung inovasi proses.

Penggunaan air secara berkelanjutan dalam operasi manufaktur kami

Mengurangi penggunaan air dalam proses mencuci

Kami akan mengurangi air yang dibutuhkan dalam proses mencuci dengan cara:


  • Menyediakan produk pencuci pakaian yang memberikan hasil sangat baik, namun menggunakan lebih sedikit air untuk 50 juta rumah tangga di negara yang mengalami kelangkaan air pada tahun 2020.

Pada tahun 2016, produk One Rinse telah digunakan pada lebih dari 4,9 miliar pencucian di 59 juta rumah tangga di seluruh dunia.


Perspektif kami

Walaupun kami telah mencapai target jauh sebelum jadwal, kami telah terus berupaya meraih rumah tangga di negara-negara dengan kelangkaan air. Produk Comfort One Rinse tersedia di Brasil, Kamboja, India, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam – semua negara yang mengalami kelangkaan air.

Pada tahun 2013, kami telah memulai kemitraan bersama Kementrian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Vietnam untuk meningkatkan kesadaran mengenai kelangkaan air di daerah pedesaan, memberi edukasi kepada masyarakat untuk mengubah kebiasaan membilas cucian pakaian mereka, dan memperlihatkan bagaimana manfaat penggunaan Comfort One Rinse dapat membantu mengurangi penggunaan air. Kampanye diselenggarakan secara gencar selama 2016 dan 2017, ketika Vietnam mengalami kemarau paling buruk sejak 100 tahun.

Selama 2017 saja, kampanye Comfort One Rinse telah memungkinkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan air mereka sendiri, dan mendonasikan air ke wilayah yang terkena dampak kemarau, dan menyentuh hingga 14 juta orang di seluruh Vietnam.

Produk cerdas air untuk kehidupan yang kekurangan air

Mengurangi penggunaan air dalam pertanian

  • Kami akan mengembangkan rencana komprehensif dengan para pemasok dan mitra untuk mengurangi air yang digunakan dengan membudidayakan tanaman di negara yang mengalami krisis air.

Pengelolaan air merupakan bagian penting dari Sustainable Agriculture Code kami. Sebanyak hampir 100% dari pemasok sayuran kami, termasuk pemasok tomat, sekarang telah menaati Pedoman kami. Hampir semuanya, ketika menggunakan pengairan, memiliki rencana pengelolaan air dan melaporkan penggunaan air dalam irigasi.


Perspektif kami

Kami telah mengumpulkan data irigasi dari para pemasok kami sebagai bagian dari penerapan Sustainable Agriculture Code (PDF | 682KB) kami sejak tahun 2011. Kami telah mendekati angka 100% dalam hal cakupan tanaman budi daya utama, seperti sayuran dan tomat.

Suatu langkah penting dalam program pembelian bahan baku berkelanjutan akan diluncurkan pada tahun 2018 dari Sustainable Agriculture Code yang diperbarui, yang memiliki panduan jelas bagi semua aspek dari Pertanian Pintar Iklim, termasuk pengelolaan air. Dampak dari perubahan iklim terhadap pertanian akan berbeda di berbagai belahan dunia. Pada tahun 2018, kami akan mengadakan studi terperinci mengenai lokasi risiko iklim yang paling tinggi bagi berbagai hasil panen yang kami beli. Semua ini akan membantu kami memahami, di bagian mana kami harus memfokuskan upaya untuk mendukung para pemasok dan petani agar dapat beradaptasi ke dan memitigasi kontribusi terhadap perubahan iklim.

Untuk lebih jauh mendukung para petani dalam pemahaman mereka mengenai pengelolaan air di pertanian, kami telah bekerja bersama Cool Farm Alliance untuk membuat Kalkulator Jejak Air online. Fitur ini akan beroperasi pada tahun 2018, melengkapi Kalkulator Jejak Karbon dan alat penilaian Keefektifan Keragaman Hayati.

Bekerja bersama pemasok & petani untuk mengelola penggunaan air
Back to top