Unilever Sustainable Living Plan untuk

Bisnis inklusif

Bisnis inklusif

Jutaan orang membantu membuat, dan menjual produk kami. Kami ingin membantu mereka membuka lebih luas potensi mereka – sehingga mereka dapat mendukung mereka, komunitas mereka, dan bisnis mereka.

Membangun koneksi, menghilangkan hambatan

Ada sebuah kisah di balik setiap produk kami – kisah orang-orang yang memproduksi produk kami. Orang-orang di pabrik dan lokasi kami yang membuat brand kami memainkan peranan penting. Tetapi di luar pabrik, kami memiliki jutaan jaringan, mulai dari petani kecil dalam rantai pasokan luas kami, hingga peritel dan wirausahawan yang membawa merek kami kepada para konsumen.

Di seluruh dunia, kami mengandalkan dan mendukung orang-orang yang berkontribusi terhadap kesuksesan kami. Kami memiliki koneksi yang kuat dengan mereka dan kami ingin membuat mereka lebih kuat. Dengan membantu menghilangkan hambatan untuk tumbuh yang dihadapi orang-orang dalam rantai nilai kami, kami bermaksud ingin membantu mereka tumbuh dan berkembang.

Membuka potensi jutaan orang

Melalui teknologi, pelatihan, peningkatan akses terhadap pasar, dan cara kerja yang lebih baik, kami percaya kami dapat membantu jutaan orang untuk membuka potensi mereka dan, dalam prosesnya, berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB termasuk Tanpa Kemiskinan (SDG1), serta Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG8).

Membuat organisasi kami lebih inklusif juga sangat masuk akal bagi bisnis. Hal ini membantu mendapatkan bahan baku penting kami, memperluas pasar untuk produk-produk kami, dan meningkatkan ketahanan model bisnis kami di dunia yang tidak menentu.

Strategi kami


Kami berupaya berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi melalui penciptaan kekayaan, lapangan kerja, meningkatkan keterampilan, dan memberikan akses terhadap pasar – menciptakan sebuah siklus kebajikan pertumbuhan yang mendorong, dan juga didorong, oleh bisnis kami.

Kami ingin membuat pendekatan kami menyeluruh dan terintegrasi dengan bisnis, karena kami mengakui bahwa kemajuan sosial, lingkungan, dan bisnis saling terkait satu sama lain. Kami tahu bahwa petani kecil, misalnya, seringkali tidak memiliki akses ke pasar, dukungan finansial, serta informasi dan pelatihan. Mereka juga dapat terhambat karena pola makan yang buruk, ketidaksetaraan gender, dan masalah kesehatan, termasuk masalah yang disebabkan karena sanitasi yang tidak memadai.

Program dan kemitraan kami bertujuan untuk membantu petani kecil, membawa elemen dari seluruh Unilever Sustainable Living Plan kami, termasuk mendorong praktik pertanian berkelanjutan, memberdayakan perempuan, memajukan hak asasi manusia dan keadilan di tempat kerja, serta meningkatkan kesehatan & kebersihan dan nutrisi.

Demikian pula, pekerjaan kami dengan peritel dan wirausahawan skala kecil di jaringan distribusi kami fokus untuk membantu mereka membangun kapasitas mereka dan mengatasi hambatan yang saat ini menghalangi mereka, seperti informasi pasar dan akses terhadap kredit yang terbatas, serta kurangnya keterampilan manajemen bisnis atau finansial. Dengan mengatasi hambatan-hambatan untuk tumbuh ini, kami menciptakan cara lebih lanjut untuk memiliki dampak sosial yang positif – seperti dengan memperluas peluang bagi perempuan dalam rantai nilai kami.

Inclusive business pillar
Tambahkan baca selengkapnya tentang modul
Komitmen kami

Pada tahun 2020, kami akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang dengan cara meningkatkan penghidupan petani kecil, meningkatkan pendapatan peritel skala kecil, dan meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami.

Kemajuan sejauh ini

Pada tahun 2017, kami memberikan kesempatan sekitar 716.000† petani kecil dan 1,6 juta peritel skala kecil di seluruh dunia untuk mengakses prakarsa yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pertanian mereka atau meningkatkan pendapatan mereka.Ж Φ Di Indonesia, kami telah meningkatkan penghidupan 25.000 petani gula kelapa.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

Ж  Sekitar 370.000 perempuan telah mengakses prakarsa dalam pilar Bisnis Inklusif dan juga pilar Peluang bagi Perempuan pada tahun 2017.

Φ  Diukur pada 1 Oktober – 30 September.

Tantangan masa depan

Meskipun kami telah membuat kemajuan yang baik dalam meningkatkan praktik pertanian dari banyak petani kecil kami melalui program sertifikasi, tantangannya adalah memberikan bukti dampak yang melampaui praktik pertanian, di bidang-bidang seperti kesehatan dan gizi, yang dapat menghambat peningkatan mata pencaharian. Masalah-masalah ini harus ditangani secara menyeluruh dan sistematis. Itulah sebabnya kami bekerja dengan berbagai mitra untuk meningkatkan sistem dan infrastruktur tempat petani kecil beroperasi.

Demikian pula, untuk peritel skala kecil, kami berambisi untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui berbagai program kami seperti Shakti dan Kabisig Summits. Kami memiliki bukti bahwa penjualan kami meningkat melalui prakarsa tersebut tetapi ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengukur dampak pada pendapatan peritel skala kecil. Tujuan kami adalah untuk mengumpulkan informasi ini sebagai bagian dari platform pembelajaran periltel skala kecil kami yang baru.

Mengambil tindakan

Komitmen kami fokus pada peningkatan mata pencaharian petani kecil, mendukung peritel skala kecil, dan membantu wirausahawan muda sekaligus menciptakan dan berbagi kekayaan.

Terhubung dengan petani kecil untuk meningkatkan penghidupan

Memberdayakan peritel skala kecil agar bisa tumbuh

Membantu wirausahawan muda

Menciptakan & berbagi kekayaan

Memetakan program petani kami


Expand for more on Inclusive business

Target & kinerja

Sebagai bagian dari pilar Bisnis Inklusif dalam Unilever Sustainable Living Plan, kami menetapkan target yang ambisius untuk menghadirkan dampak positif dalam kehidupan 5,5 juta orang.

Bisnis inklusif
Komitmen kami

Pada tahun 2020, kami akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan 5,5 juta orang dengan cara meningkatkan penghidupan petani kecil, meningkatkan pendapatan peritel skala kecil, dan meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami.

KINERJA KAMI

Pada tahun 2017, kami memungkinkan sekitar 716.000† petani kecil dan 1,6 juta peritel skala kecil untuk mengakses prakarsa yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pertanian mereka atau meningkatkan pendapatan mereka.Ж Φ Di Indonesia, kami telah meningkatkan penghidupan 25.000 petani gula kelapa.

PERSPEKTIF KAMI

Kami telah memungkinkan sekitar 1,6 peritel skala kecil dalam jaringan distribusi kami untuk mengakses prakarsa yang bertujuan meningkatkan pendapatan mereka, utamanya melalui Perfect Store, Kabisig Summits di Filipina, dan Shakti di India dan Nigeria. Kami tidak melaporkan semua prakarsa peritel skala kecil karena ketersediaan data dan masalah kualitas.

Melalui komitmen kami untuk membeli bahan baku secara berkelanjutan – terutama kakao, teh, minyak sawit, vanili, dan sayuran – kami memperkuat pertanian kecil dan membuat kemajuan yang baik menuju pencapaian target 2020. Melalui kerja sama dengan pemasok dan mitra, kami telah memungkinkan sekitar 716.000 petani kecil untuk mengakses prakarsa yang bertujuan meningkatkan praktik pertanian mereka.

† Secara independen telah diperiksa oleh PwC .

ЖSekitar 370.000 perempuan telah mengakses prakarsa dalam pilar Bisnis Inklusif dan juga pilar Peluang bagi Perempuan pada tahun 2017.

ΦDiukur pada 1 Oktober – 30 September.


  • Tercapai

  • Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen untuk detail lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

Meningkatkan penghidupan petani kecil

Tujuan kami adalah untuk melibatkan setidaknya 500.000 petani kecil di jaringan pasokan kami. Kami akan membantu mereka meningkatkan praktik pertanian agar mereka bisa lebih kompetitif. Dengan melakukan hal ini, kami akan meningkatkan kualitas penghidupan mereka.

Pada tahun 2017, kami memungkinkan sekitar 716.000 petani kecil untuk mengakses prakarsa yang bertujuan meningkatkan praktik pertanian mereka.


PERSPEKTIF KAMI

Kami terus menggerakkan program yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pertanian petani kecil. Prakarsa baru yang dilaporkan tahun ini mencakup Prakarsa Kedelai Hitam Bango di Indonesia dan sertifikasi petani teh kecil di Sri Lanka.

Melalui berbagai program, kami bekerja untuk membantu petani kecil meningkatkan hasil panen mereka dan meningkatkan kualitas serta konsistensi tanaman yang mereka tanam. Hal tersebut memberi mereka platform untuk meningkatkan pendapatan mereka, sekaligus memberi kami visibilitas dan ketahanan yang kami butuhkan untuk mencapai rantai pasokan yang benar-benar berkelanjutan.

Meningkatkan hasil panen dan kualitas hanyalah sebagian dari kisah. Petani kecil sering kali tidak memiliki akses ke pasar, dukungan finansial, serta informasi dan pelatihan. Tanpa bantuan tersebut, pertumbuhan mereka terhambat yang dapat berarti kehilangan peluang untuk mendapatkan hasil panen dan kualitas. Faktor lain juga dapat menghalangi mereka, seperti pola makan yang buruk, ketidaksetaraan gender, dan masalah kesehatan yang disebabkan karena sanitasi yang tidak memadai. Itulah sebabnya kami juga bekerja dengan berbagai mitra, seperti Global Alliance of Improved Nutrition, untuk mengatasi masalah ini dan memberi petani kecil peluang terbaik untuk berkembang.

Terhubung dengan petani kecil untuk meningkatkan penghidupan

Meningkatkan pendapatan peritel skala kecil

Kami akan menciptakan dan meningkatkan pendapatan 5 juta peritel skala kecil di jaringan distribusi kami.

Kami telah memungkinkan sekitar 1,6 peritel skala kecil dalam jaringan distribusi kami untuk mengakses prakarsa Perfect Store, serta program lain seperti prakarsa Shakti dan Kabisig Summits.


PERSPEKTIF KAMI

Jumlah peritel skala kecil yang mengakses prakarsa meningkat sedikit pada tahun 2017 menjadi 1,6 juta, terutama melalui gerakan berkelanjutan Kabisig Summits di Filipina dan program Shakti di India dan Nigeria.

Kami telah mengembangkan pendekatan kami untuk memastikan kami memungkinkan sebanyak mungkin peritel skala kecil untuk mengakses pelatihan, dan bukan hanya mereka yang menjalankan prakarsa Perfect Store kami.

Kami berharap kemajuan pencapaian target ini berjalan dengan cepat mulai tahun depan karena kami akan menyatukan semua modul pelatihan ke dalam platform pembelajaran peritel skala kecil yang bersertifikasi dan sepenuhnya terintegrasi. Platform ini akan melacak jumlah peritel skala kecil yang mengakses pelatihan, termasuk pemahaman keuangan dan pelatihan dasar tentang kebersihan, sanitasi, dan gizi untuk memenuhi kebutuhan pembeli secara lebih baik, serta meningkatkan penghidupan keluarga mereka sendiri.

Memberdayakan peritel skala kecil agar bisa tumbuh

Meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami

Kami akan meningkatkan partisipasi wirausahawan muda dalam rantai nilai kami.

Kami akan melatih dan memungkinkan kaum muda untuk berpartisipasi dalam sektor bisnis pertanian secara global dan dalam saluran distribusi merek kami ke pasar.

Kami terus membantu kaum muda melalui rantai pasokan pertanian dan saluran distribusi kami.


PERSPEKTIF KAMI

Sejak tahun 2014, kami bekerja untuk membawa lebih banyak wirausahawan muda ke dalam rantai nilai kami, terutama melalui program bisnis inklusif kami di pasar negara maju dan berkembang.

Salah satunya adalah Safeer, prakarsa peritel skala kecil di Mesir. Prakarsa itu bertujuan untuk merekrut dan melatih kaum muda untuk mendukung distribusi produk Unilever di 1.000 desa terbaik di Mesir, yang akan terlalu mahal untuk dijangkau bagi tenaga penjualan Unilever. Demikian pula, Unilever Bangladesh telah memelopori prakarsa untuk merekrut kaum muda yang menganggur untuk membantu menjual merek kami di daerah pedesaan Bangladesh yang tidak memiliki cakupan langsung.

Program petani kecil kami juga mendukung kaum muda, seperti mereka yang menanam vanili di Madagaskar. Dengan bermitra bersama Symrise, Save the Children, dan badan pembangunan federal GIZ, kami bekerja untuk memutus peralihan kemiskinan antar generasi melalui pelatihan dan pendidikan pertanian. Melalui berbagai program, kami bekerja untuk membantu petani kecil meningkatkan hasil panen mereka dan meningkatkan kualitas serta konsistensi tanaman yang mereka tanam.

Membantu wirausahawan muda
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami