1. Home
  2. ...
  3. Unilever Sustainable Living Plan
  4. Meningkatkan nutrisi

Unilever Sustainable Living Plan untuk

Meningkatkan nutrisi

Meningkatkan nutrisi

Visi kami adalah meningkatkan Nutrisi yang berkesinambungan – tersedianya makanan dan minuman yang lezat, bergizi, dan dapat menjadi kebaikan.

Makanan sangat penting bagi kehidupan

Makanan memberi kita gizi setiap hari. Tidak hanya mempertahankan kehidupan, makanan juga memberi kesenangan, menyatukan orang-orang dan merupakan unsur penting dalam setiap kebudayaan. Hidup tanpa makanan yang lezat dan sehat tidak akan sama – dan kita semua sama-sama sangat menyukai makanan dan minuman.

Unilever memiliki rangkaian produk makanan dan minuman berkualitas. Brand kami seperti Knorr, Hellmann’s, Lipton, dan Blue Band telah menawarkan nutrisi yang baik dengan kelezatan yang luar biasa selama lebih dari 100 tahun. Selama lebih dari satu dekade, kami telah bekerja untuk membuat produk-produk kami – seperti Ben & Jerry’s, Wall’s, Brooke Bond, dan Flora – lebih sehat dengan meningkatkan kebaikan dan mengurangi kadar gula, garam, dan lemak jenuh. Kami juga menggunakan kekuatan brand kami untuk memberdayakan orang-orang untuk membuat pilihan yang bertanggung jawab.

Semua yang kami lakukan didukung oleh penelitian ilmiah yang didukung bukti, dengan fokus pada orang-orang yang menggunakan produk kami. Kami ingin produk kami menarik bagi orang-orang yang menyukai makanan sehat dan tetap sesekali mengonsumsi camilan. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa berbagai produk kami, seperti es krim anak-anak, diberi label secara jelas dengan informasi gizi, tersedia dalam ukuran porsi yang sesuai, dan dipasarkan secara bertanggung jawab. Dan kami terus mendukung pendidikan dan perubahan perilaku melalui program nutrisi kami.

Sistem pangan dunia tidak berjalan dengan baik

Cara dunia memproduksi dan mengonsumsi makanan saat ini tidak berkelanjutan. Mulai dari eksploitasi berlebihan dan perubahan iklim, hingga makanan sisa dan tidak bergizi, sistem pangan perlu diperbaiki. Pada pertengahan abad ini, pertanian harus memberi makan sebanyak 1,5 miliar orang lagi.1 Saat ini, sekitar satu dari sembilan orang – 800 juta – tidur dalam keadaan lapar setiap malam.2 Sementara itu, sepertiga makanan tidak pernah dikonsumsi. Jumlah tersebut sama dengan keseluruhan hasil panen tahunan Afrika Sub-Sahara, merugikan ekonomi global sebesar $750 miliar dan 3,3 miliar ton gas rumah kaca, belum lagi kehilangan nyawa.

Sebagaimana yang diakui oleh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG), tanggung jawab untuk melakukan perubahan telah meluas. Pemerintah harus mulai lebih banyak bekerja bersama. Petani dan produsen harus lebih efisien dan mengadopsi praktik yang berkelanjutan. Bisnis memiliki peran penting dalam menjadikan makanan dan minuman berkelanjutan dan sehat sebagai suatu norma, dan memberi lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Nutrisi merupakan hal utama untuk mencapai SDG – terutama Tanpa Kelaparan (SDG2). Laporan Nutrisi Global 2017 mengatakan bahwa tanpa mengatasi masalah terkait nutrisi seperti kurang gizi, obesitas, pertanian berkelanjutan, dan sampah makanan, maka akan sangat sulit untuk mencapai banyak SDG – termasuk Tanpa Kemiskinan (SDG1), Kesetaraan Gender (SDG5), dan Aksi Iklim (SDG13). Ada alasan bisnis yang jelas untuk bertindak: untuk setiap £1 yang dihabiskan untuk nutrisi, setidaknya £16 dikembalikan dalam bentuk manfaat ekonomi.

Ketika CEO kami, Paul Polman, bergabung dengan para pemimpin dunia di New York pada bulan September 2017 untuk Sidang Umum PBB, dia menegaskan peran bisnis dalam membantu menghadirkan transformasi sistem pangan yang diperlukan.

Di samping kewajiban moral kami untuk mengatasi tantangan sistem pangan, ini adalah peluang bisnis yang sangat besar. Mencapai ketahanan pangan dapat menciptakan 80 juta pekerjaan dan membuka 14 peluang bisnis utama senilai $2,3 triliun per tahun pada tahun 2030.

Paul Polman

Strategi Nutrisi Berkelanjutan Kami

Laki-laki mengoleskan Flora di atas roti panggang

Untuk memperbaiki sistem pangan dunia yang tidak berjalan dengan baik, visi kami adalah Nutrisi Berkelanjutan – makanan dan minuman yang lezat, bergizi, dan merupakan kekuatan untuk hal baik. Nutrisi Berkelanjutan merupakan komitmen di seluruh proses rantai makanan – untuk menghasilkan makanan dan minuman bergizi yang mudah diperoleh dan terjangkau dengan memperhatikan ekosistem, memberi manfaat bagi penghidupan produsen makanan dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka yang menikmati produk-produk kami. Cari tahu selengkapnya tentang Nutrisi Berkelanjutan di sini.

Melanjutkan pekerjaan kami untuk Standar Nutrisi Tertinggi

Salah satu kunci utama Nutrisi Berkelanjutan adalah melanjutkan program peningkatan nutrisi yang telah kami mulai sejak tahun 2003, program yang kami fokuskan kembali sebagai bagian dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP).

Untuk mencapai target nutrisi USLP kami melakukan pendekatan yang menyeluruh. Pendekatan yang kami lakukan salah satunya bertujuan untuk mengurangi kadar nutrisi utama yang menjadi perhatian seperti gula, garam, dan lemak jenuh. Kami meninjau ulang setiap brand dan produk (termasuk usaha patungan) yang kami produksi dan distribusikan kepada konsumen di semua negara. Kami mengukurnya dengan Highest Nutritional Standards (HNS) atau Standar Nutrisi Tertinggi, yang didasarkan pada pedoman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ini berarti semua konsumen kami akan mendapat manfaat dari kemajuan target nutrisi kami. Hal ini juga menjadi alasan mengapa kami mengukur kemajuan kami berdasarkan volume (% volume penjualan) daripada SKU (Unit Penyimpanan Stok), sebagai perkiraan yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya orang makan. Menetapkan target kami berdasarkan volume mendorong kami untuk meningkatkan penjualan produk yang memenuhi HNS.

Kami mempertimbangkan faktor nutrisi serta keberlanjutan dan kriteria etika/ kepantasan sebagai bagian dari akuisisi makanan dan minuman. Sebagai contoh, akuisisi Sir Kensington’s menunjukkan keselarasan sempurna antara strategi kami dengan misi dan produknya. Makanan lezat Sir Kensington’s memanjakan konsumen, memiliki dampak yang sedikit pada lingkungan, dan mempromosikan masakan bernutrisi.

Kemajuan sejauh ini untuk Standar Nutrisi Tertinggi

Setidaknya 60% dari portofolio kami akan memenuhi HNS pada tahun 2020. Sejauh ini, 39% berdasarkan volume3 sudah memenuhi standar-standar ini dan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai target ambisius ini. Banyak sekali reformulasi yang sedang terjadi di semua kategori produk kami dan kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam mengurangi garam, lemak jenuh, kalori, dan gula.

Pada tahun 2017, kadar garam pada 63% dari produk makanan kami (berdasarkan volume) memenuhi tolak ukur yang konsisten dengan asupan yang direkomendasikan WHO sebesar 5g garam per hari. 80% dari portofolio global olesan roti minyak nabati lembut kami4 mengandung tidak lebih dari 33% lemak jenuh dan setidaknya 67% lemah tak jenuh yang baik. Secara global, 90% dari es krim kemasan kami saat ini mengandung tidak lebih dari 250 kkal per porsi. Dan sejak tahun 2010, kami telah mengurangi gula dalam minuman teh manis kami sebesar 15%.

Kami terus berbagi kemajuan dan pendekatan kami dengan ahli nutrisi dan kesehatan masyarakat sehingga mereka dapat menjelaskan tentang manfaat produk kami kepada konsumen. Dan pendekatan kami untuk merumuskan ulang portofolio kami telah didukung secara eksternal: kami menduduki peringkat teratas dalam Global Access to Nutrition Index (ATNI) 2016, penilaian independen dari program nutrisi produsen makanan dan minuman terbesar di dunia. Dan di India, kami berada di peringkat nomor dua dalam India Spotlight Index pada tahun 2016.

Peran utama dalam perbaikan sistem pangan

Kami tahu bahwa untuk mencapai Nutrisi Berkelanjutan untuk semua orang, kami harus bekerja dengan pihak lain dalam industri makanan dan industri terkait – LSM, pemerintah, petani, pemasok, dan terutama adalah konsumen sebagai pihak paling penting untuk mengubah hubungan antara produksi dan konsumsi makanan dan minuman. Hanya dengan menghubungkan kembali orang-orang dengan makanan dan minuman yang mereka konsumsi lah kami dapat membangun sistem pangan baru yang mendukung kesehatan masyarakat dan planet ini.

Inti dari Nutrisi Berkelanjutan adalah pekerjaan kami dengan berbagai organisasi untuk membantu mewujudkan perbaikan sistem pangan selama beberapa tahun. Sebagai contoh, sebagai bagian dari Visi Baru untuk Pertanian World Economic Forum (WEF), kami telah mendukung pertanian berkelanjutan, berkontribusi pada ketahanan pangan, keberlanjutan lingkungan, dan peluang ekonomi. Kami bekerja melalui WEF untuk bermitra dengan G7 dan G20 di tingkat global.

Untuk membantu mengembangkan target berbasis ilmu pengetahuan, solusi teknis dan kebijakan di tingkat nasional dan global, Paul Polman memimpin koalisi Food and Land Use (FOLU). Koalisi ini menyatukan lebih dari 30 organisasi dari akademisi, pemerintah, masyarakat sipil, dan dunia bisnis untuk membuka model baru Nutrisi Berkelanjutan yang berhasil bagi masyarakat dan planet ini.

Unilever memainkan peran utama dalam koalisi Food Reform for Sustainability and Health (FReSH). Koalisi ini didirikan oleh World Business Council for Sustainable Development (WBCSD) dan EAT Foundation untuk mendukung ambisi FOLU dengan mengembangkan solusi bisnis di seluruh rantai nilai makanan. Sebagian bagian dari program ini, seorang Direktur dari Chief Sustainability Office Unilever telah diperbantukan ke WBCSD selama satu tahun untuk memimpin prakarsa tersebut.

Kami juga bekerja sama secara erat dengan SDG2 Advocacy Hub – sebuah koalisi antara LSM dan dunia bisnis yang berfokus pada nutrisi – untuk menggunakan merek, wawasan konsumen, dan keahlian perubahan perilaku kami untuk membangun kesadaran publik dan mendukung perbaikan sistem pangan.

Berkontribusi pada kemajuan ilmiah

Kami berkontribusi pada pemikiran ilmiah terbaru tentang ketahanan nutrisi dan makanan berkelanjutan. Pada tahun 2017, misalnya, kami mengadakan workshop bersama tentang nutrisi berkelanjutan dengan Sackler Institute for Nutrition Science. Pesertanya mencakup ahli dalam sistem pangan, ilmu lingkungan, ilmu nutrisi dan makanan, pengelolaan limbah, pemasaran, dan perilaku konsumen. Kami membahas sejumlah masalah termasuk metrik untuk mengukur dampak produksi terhadap lingkungan, cara menciptakan permintaan untuk makanan yang berkelanjutan, terjangkau, dan sehat, serta kebutuhan penelitian untuk memberikan informasi lebih lanjut pada strategi nutrisi berkelanjutan.

Pemahaman ilmiah terus berkembang, sehingga kami berkolaborasi dengan mitra penelitian terkemuka seperti Top Institute Food and Nutrition di Belanda dan Harvard School of Public Health di AS. Kami meneliti pendorong perubahan perilaku, misalnya dengan International Union of Nutrition Sciences.1 Ketika melakukan penelitian, kami memastikan bahwa kami menerapkan standar integritas tertinggi. Dan kami membagikan temuan kami melalui konferensi ilmiah dan publikasi (PDF | 366KB) yang dikaji oleh teman sejawat.

Kami menggunakan pengetahuan kami untuk memainkan peran utama dalam prakarsa regulasi mandiri tingkat industri yang mendorong produk, makanan, dan kehidupan yang lebih baik. Kami ikut serta dalam asosiasi dagang seperti International Food & Beverage Alliance (IFBA), Consumer Goods Forum (CGF), FoodDrinkEurope (FDE), Better Business Bureau (BBB) di Amerika Utara dan Food Industry Asia (FIA). Dan kami mendukung koalisi dan kemitraan luas, seperti Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), Scaling Up Nutrition (SUN) dan World Food Programme (WFP).

Tantangan masa depan

Laporan Nutrisi Global 2017 menunjukkan bahwa kemajuan, oleh pemerintah, otoritas kesehatan, dan industri, tidak dilakukan dengan cukup cepat untuk mengatasi beban ganda malnutrisi: kelebihan gizi dan kekurangan gizi. Kami memerlukan tindakan yang lebih kolektif dari berbagai pemangku kepentingan untuk membantu masyarakat mengubah kebiasaan makan mereka. Selain itu, kami melihat adanya peningkatan regulasi pada industri makanan sebagai alat untuk membantu mendorong perubahan dan mendesak tindakan yang lebih cepat pada nutrisi yang menjadi perhatian.

Kami memiliki program yang sangat mapan untuk mengurangi kadar garam, lemak jenuh, gula, dan kalori dalam banyak produk. Kami akan memastikan bahwa produk-produk tersebut terus memenuhi selera dan harapan kualitas masyarakat, karena makanan sehat yang tidak dipilih oleh konsumen tidak memiliki dampak.

Kami sedang meningkatkan pekerjaan kami pada fortifikasi mikronutrien, misalnya, melalui kotak kaldu yang diperkaya zat besi di Nigeria dan Kenya. Hal ini akan memastikan bahwa produk kami menjangkau lebih banyak orang, termasuk mereka yang berada di kelompok berpenghasilan rendah. Kami juga lebih fokus pada promosi resep sehat secara digital untuk merek-merek kami, menggunakan standar konsisten yang menekankan nutrisi utama serta bahan-bahan yang sehat.

Meskipun kami tahu bahwa masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan kami bertekad untuk memainkan peran kami, kami senang karena pekerjaan kami hingga saat ini telah diakui dan kami akan terus melanjutkan upaya menuju Nutrisi Berkelanjutan.

1 FAO (p.5) http://www.fao.org/fileadmin/templates/wsfs/docs/expert_paper/How_to_Feed_the_World_in_2050.pdf

2 Laporan Kerawanan Pangan Global PBB 2014

3 Untuk mengukur perkembangan di bidang nutrisi, kami menggunakan periode pelaporan yang berjalan mulai 1 Oktober hingga 30 September. Lihat Standar Nutrisi Tertinggi kami (PDF | 148KB)

4 UUntuk semua produk lain dalam portofolio olesan roti kami, termasuk mélanges, kami berusaha keras mencapai kadar lemak jenuh terendah tanpa mengorbankan kinerja produk dan harapan konsumen dan pelanggan.

Mengambil tindakan

Kami memberikan produk yang lebih baik sehingga dapat memberikan dampak yang lebih positif pada kesehatan jantung, obesitas, dan kekurangan gizi, dan kami mengikuti kebijakan pelabelan dan pemasaran yang bertanggung jawab.

Nutrisi Berkelanjutan

Tumbuh untuk hal baik

Kesehatan & kesejahteraan: Di dapur kami

Pilihan yang matang

Masakan bernutrisi

Mengurangi dampak lingkungan kami


Expand for more on Improving nutrition

Target & kinerja

Target nutrisi kami yang ambisius berpotensi untuk membantu ratusan juta orang untuk menikmati makanan lezat dan pola makan yang lebih baik.

Peningkatan nutrisi
KOMITMEN KAMI

Kami akan terus berusaha meningkatkan rasa dan kualitas nutrisi semua produk kami. Sebagian besar produk kami telah memenuhi, atau lebih baik daripada, tolok ukur berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Komitmen kami akan lebih jauh lagi: pada tahun 2020, kami akan melipatgandakan proporsi portofolio kami yang memenuhi Standar Nutrisi Tertinggi (HNS), berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global. Hal ini akan membantu ratusan juta orang untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat.

KINERJA KAMI

Pada tahun 2017, 39% portofolio kami secara global berdasarkan volume memenuhi Standar Nutrisi Tertinggi, berdasarkan pedoman komposisi makanan yang diakui secara global

PERSPEKTIF KAMI

Memenuhi Standar Nutrisi Tertinggi yang didasarkan pada rekomendasi nutrisi nasional merupakan komitmen yang signifikan. Pendekatan ini meliputi perumusan ulang produk kami untuk membuat makanan dan minuman lezat yang bisa dinikmati konsumen sekaligus memenuhi target besar kami.

Sebagian besar portofolio kami telah memenuhi tolok ukur berdasarkan rekomendasi nutrisi nasional. Kami berada di jalur yang tepat untuk memenuhi komitmen 2020 kami yang lebih kuat, yang berarti bahwa 60% dari portofolio makanan dan minuman berdasarkan volume kami dan di seluruh negara akan memenuhi standar nutrisi tertinggi. Pada tahun 2017, 39% memenuhi standar ini.1 Jumlah ini setara dengan lebih dari setengah sajian yang kami jual.

Banyak sekali reformulasi yang sedang terjadi di semua kategori produk kami dan kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam mengurangi garam, gula, dan lemak jenuh, sekaligus juga memberikan nutrisi positif sebagai bagian dari strategi Nutrisi Berkelanjutan kami. Kami terus berbagi kemajuan dan pendekatan kami dengan ahli nutrisi dan kesehatan masyarakat sehingga mereka juga dapat menjelaskan tentang manfaat produk kami kepada konsumen.

Pendekatan kami untuk merumuskan ulang portofolio kami telah didukung secara eksternal: kami menduduki peringkat teratas dalam Global Access to Nutrition Index (ATNI) 2016, penilaian independen dari program nutrisi produsen makanan dan minuman terbesar di dunia. Dan di India, kami berada di peringkat nomor dua dalam India Spotlight Index pada tahun 2016.

Kami bekerja keras untuk memberikan peningkatan ini bagi jutaan orang yang menikmati makanan dan minuman kami setiap hari. Lihat ringkasan kinerja kami terhadap target nutrisi global di negara-negara utama kami pada tahun 2017. Kami memeriksa kinerja pada pilar dan target Unilever Sustainable Living Plan kapan saja; pemeriksaan pilar nutrisi kami yang terbaru dilakukan pada tahun 2017 oleh PwC (PDF | 323KB). Lihat Pemeriksaan Independen untuk mengetahui pendekatan pemeriksaan kami.

 Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

1 Untuk mengukur perkembangan di bidang nutrisi, kami menggunakan periode pelaporan yang berjalan mulai 1 Oktober hingga 30 September. Lihat Standar Nutrisi Tertinggi kami .


  • Tercapai

  • Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

Key
  • Tercapai

    Tercapai

  • Sesuai rencana

    Sesuai rencana

  • Belum sesuai rencana

    Belum sesuai rencana

  • %

    target tercapai

    target tercapai

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen untuk detail lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

Mengurangi kadar garam

Tonggak pertama kami adalah mengurangi kadar garam menjadi 6g per hari pada akhir 2010. Hal ini memerlukan pengurangan hingga 25%. Pada tahun 2010, kami menyatakan bahwa ambisi kami adalah mengurangi kadar garam sebesar rata-rata 15-20% lagi untuk memenuhi target 5g garam per hari. Pada tahun 2013, kami mempertegas komitmen kami.


  • Pada tahun 2020, 75% dari portofolio Makanan kami akan memenuhi kadar garam untuk memungkinkan asupan 5g per hari.

63% dari portofolio Makanan kami telah memenuhi target 5g pada tahun 2017.


Perspektif kami

Kami berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target 2020. Kategori Makanan dan Minuman serta bisnis katering profesional Food Solutions kami terus menerapkan rencana pengurangan garam yang disetujui, sekaligus memberikan rasa yang lezat. Penerimaan konsumen adalah faktor utama keberhasilan untuk pengurangan garam. Produk dengan rasa yang lezat akan memiliki dampak paling besar karena kami tahu bahwa konsumen tidak akan merelakan rasa untuk sesuatu yang sehat. 

Kami juga terus bekerja sama dengan pemerintah, otoritas kesehatan, dan profesional kesehatan untuk mengatasi pemicu dan hambatan yang dialami oleh masyarakat dalam menerapkan kebiasaan yang lebih sehat, mengingat asupan garam populasi saat ini secara signifikan telah melebihi tingkat yang direkomendasikan.

Semakin lezat, semakin sedikit kadar garam

Mengurangi lemak jenuh

Kami berkomitmen untuk meningkatkan komposisi lemak dari berbagai produk kami dengan mengurangi lemak jenuh sebanyak mungkin dan meningkatkan kadar lemak esensial.


  • Pada tahun 2012, produk olesan roti terkemuka kami akan mengandung kurang dari 33% lemak jenuh sebagai proporsi lemak total.
92

92% dari produk olesan roti terkemuka kami berdasarkan volume mengandung kurang dari 33% lemak jenuh sebagai proporsi lemak total pada 2012.


  • Satu porsi harian akan memberikan setidaknya 15% asam lemak esensial yang direkomendasikan oleh pedoman komposisi makanan internasional.
92

92% dari produk olesan roti terkemuka kami berdasarkan volume memberikan setidaknya 15% asam lemak esensial yang direkomendasikan oleh pedoman internasional pada tahun 2012.


Kami ingin menyempurnakan lagi kualitas lemak seluruh olesan roti minyak nabati yang kami pasarkan dalam kemasan tub. Pada tahun 2013, kami memperluas komitmen kami.


  • Pada tahun 2017, 90% dari portofolio lengkap global olesan roti minyak nabati lembut kami1 akan mengandung tidak lebih dari 33% lemak sebagai lemak jenuh dan setidaknya 67% lemah tak jenuh yang baik.

Di daerah tropis, tanpa distribusi dingin, kadar lemak jenuh maksimum akan ditetapkan sebesar 38%, karena kadar lemak jenuh yang sedikit lebih tinggi diperlukan untuk menjaga stabilitas olesan roti.

80

80% dari portofolio global olesan roti minyak nabati lembut kami1 mengandung tidak lebih dari 33% lemak jenuh dan setidaknya 67% lemah tak jenuh yang baik pada tahun 2017.


Perspektif kami

Proporsi portofolio global olesan roti nabati yang memenuhi target kami sedikit meningkat dari 79% pada 2016 menjadi 80% pada 2017. Jumlah ini kurang 10% dari sasaran kami, yang berarti kami gagal mencapai target. Permintaan olesan roti kami yang mengandung lemak jenuh meningkat kurang dari yang kami harapkan.

Sementara olesan roti kami yang rendah lemak jenuhnya masih menarik bagi konsumen, banyak produk kami yang rendah lemak jenuh bersaing dengan produk yang lemak jenuhnya lebih tinggi, seperti mentega yang memiliki rasa dan konsistensi yang berbeda. Memang, beberapa produk kami yang baru diformulasikan saat ini mengandung lemak jenuh lebih banyak dari yang kami targetkan, untuk memberikan cita rasa dan hasil masakan yang diinginkan konsumen. Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi olesan roti nabati kami masih merupakan pilihan yang lebih sehat di pasar dibandingkan dengan mentega.

Kami percaya upaya kami telah memberikan kontribusi yang berarti untuk mengurangi lemak jenuh dalam makanan konsumen. Sebagai contoh, kami telah menemukan bahwa mendorong kesadaran akan kesehatan jantung sering kali lebih efektif jika bekerja sama dengan otoritas kesehatan dan profesional kesehatan. Kami yakin warisan ini akan terus berlanjut setelah bisnis Olesan Roti kami berada di bawah kepemilikan yang baru.

1 Untuk semua produk lain dalam portofolio olesan roti kami, termasuk mélanges, kami berusaha keras mencapai kadar lemak jenuh terendah tanpa mengorbankan kinerja produk dan harapan konsumen dan pelanggan.

Lemak dan minyak yang baik dari tumbuhan

Menghilangkan lemak trans

Pada tahun 2012, kami meniadakan dari semua produk kami semua lemak trans dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial.

Pada tahun 2012, 100% portofolio kami berdasarkan volume tidak mengandung lemak trans yang berasal dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial.1


Perspektif kami

Pada tahun 2012, kami telah mencapai target untuk menyingkirkan lemak trans dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial dari produk kami di seluruh dunia. Kami melaksanakan tinjauan rutin terhadap produk kami untuk tetap memastikan kepatuhan. Apabila ditemukan produk dengan lemak trans dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial, produk tersebut akan diformulasi ulang.

1 Kami telah menerbitkan definisi dan pendekatan kami untuk menyingkirkan lemak trans dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial. Lihat: Melnikov S & Zevenbergen H. "Implementation of removing trans fatty acids originating from partially hydrogenated vegetable oils". New Food 2012; 5: 44-46. Pendekatan ini berfokus pada bahan utama dalam resep kami dan tidak mencakup jejak lemak trans dari minyak nabati yang terhidrogenasi secara parsial dan dapat ditemukan dalam beberapa perencah atau pengemulsi.

Lemak dan minyak yang baik dari tumbuhan

Mengurangi gula

Sebelum tahun 2010, kami telah mengurangi kadar gula dalam produk teh siap minum kami. Pada tahun 2020, kami akan mengurangi 25% gula tambahan dalam produk teh siap minum. Pada tahun 2014, kami memperluas target ini untuk menyertakan produk es teh dan teh susu bubuk kami.1

Pengurangan gula sebesar 15% di semua minuman teh manis kami pada tahun 2017 sejak tahun 2010.


Perspektif kami

Kami berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target 2020. Pada tahun 2017, kami terus membuat kemajuan, dengan mengurangi kadar gula dalam berbagai produk yang sudah ada, dan meluncurkan produk baru dengan kadar gula yang lebih rendah di banyak pasar. Hal ini menyebabkan penurunan kadar gula 2,8% pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016. Kami akan terus mengurangi kadar gula dalam portofolio minuman berbasis teh kami, serta menawarkan minuman dan inovasi dengan kadar gula lebih rendah, sekaligus mempertahankan cita rasa yang disukai konsumen.

1 Target penurunan gula kami berlaku untuk semua teh siap minum, produk es teh dan teh susu bubuk, konsentrat cair, ritel dan layanan makanan, serta setiap format baru yang dipermanis untuk keseluruhan jangka waktu 2010 hingga 2020.

Lebih sedikit gula, lebih sedikit kalori

Mengurangi kalori

  • Pada tahun 2014, 100% es krim anak-anak kami akan mengandung 110 kilokalori atau lebih rendah per porsi. 60% produk akan memenuhi kadar ini pada tahun 2012.

100% es krim anak-anak kami mengandung 110 kilokalori atau lebih rendah per porsi pada tahun 2014. Pencapaian ini dipertahankan setiap tahunnya, termasuk pada tahun 2017.2


  • Pada tahun 2015, 80% produk es krim kemasan kami tidak akan melebihi 250 kilokalori per porsi.1

91% es krim kemasan kami berdasarkan volume mengandung 250 kilokalori atau lebih rendah per porsi pada tahun 2015. Pencapaian ini dipertahankan, dengan 90% memenuhi target pada tahun 2017.2


Perspektif kami

Kami mencapai target es krim anak-anak kami pada tahun 2014, dengan 100% es krim anak-anak kami mengandung 110 kilokalori atau lebih rendah per porsi. Pencapaian ini dipertahankan setiap tahunnya, termasuk pada tahun 2017. Kami adalah salah satu perusahaan global pertama yang memastikan bahwa semua es krim anak-anak kami bertanggung jawab dalam hal nutrisi. Mempertahankan kepatuhan 100% tetap merupakan tujuan penting.

Kami mencapai target es krim kemasan kami pada tahun 2015 dan 2016, dengan 91% dari es krim kemasan kami berdasarkan volume mengandung 250 kilokalori atau lebih rendah per porsi. Jumlah ini melebihi target kami yaitu 80%. Pada tahun 2017, 90% es krim kemasan kami mengandung tidak lebih dari 250 kilokalori (dihitung berdasarkan 94% volume penjualan es krim global).

Volume penjualan untuk produk yang memanjakan (lebih dari 250 kalori) meningkat pada tahun 2017 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya, persentase kepatuhan sedikit menurun menjadi 90%, karena total volume penjualan produk di bawah 250 kalori per porsi belum bertambah di tingkat yang sama. Namun, kinerja kami masih jauh di atas target 80% kami. Kami terus menunjukkan pendekatan yang bertanggung jawab di seluruh bisnis es krim kami, bertujuan jika memungkinkan agar produk memiliki di bawah 250 kalori per porsi, dan setidaknya 80% sesuai standar di setiap pasar.

1 Satu porsi didefinisikan sebagai: produk es krim kemasan satu porsi yang ditujukan untuk sekali konsumsi, atau 100 ml jika dijual dalam kemasan yang ditujukan untuk multikonsumsi, misalnya kemasan tub.

2 Target es krim anak-anak dinilai pada akhir Q4 2014; laporan es krim kemasan kami menilai kemajuan dari Q4 2015 hingga Q3 2016. Kami terus mengukur kemajuan pencapaian target kami untuk transparansi.

Lebih sedikit gula, lebih sedikit kalori

Menyediakan informasi tentang pola makan sehat

Tujuan kami adalah memberikan pelabelan yang jelas dan sederhana pada produk-produk kami untuk membantu orang memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Produk-produk kami di Eropa dan Amerika Utara mencantumkan informasi nutrisi yang lengkap.


  • Pada tahun 2015, informasi ini akan diperluas sehingga mencakup seluruh produk kami secara global. Kami akan menyertakan energi per porsi di bagian depan kemasan ditambah delapan nutrisi utama dan % Rekomendasi Jumlah Harian (GDA) untuk lima nutrisi di bagian belakang kemasan.

Target kami akan menghormati perjanjian industri lokal atau regional serta hukum di setiap pasar.

86

Pada tahun 2015, 86% portofolio kami mencantumkan label nutrisi lengkap pada kemasannya sejalan dengan komitmen kami. Pada tahun 2017, jumlah ini meningkat menjadi 94%.1 Kami bekerja sama dengan otoritas terkait untuk menciptakan iklim positif untuk pelabelan dan mendorong perubahan lebih lanjut pada produk kami serta membantu konsumen memilih produk yang lebih sehat.


Perspektif kami

Kami gagal mencapai target kami pada tahun 2015, namun kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelabelan nutrisi pada produk kami. Pada tahun 2017, 94%2 portofolio kami sepenuhnya sejalan dengan komitmen kami. Selain memberikan informasi nutrisi pada kemasan, kami juga memberikan informasi melalui platform digital bermerek dan careline konsumen kami.

Target kami besar, mencakup semua merek dan pasar kami. Kami telah menerapkan model tata kelola global dan kegiatan pemantauan yang menyeluruh untuk memeriksa pelabelan nutrisi produk satu demi satu. Namun, meskipun kami terus mendorong komitmen pelabelan di seluruh portofolio makanan dan minuman kami, kami masih belum menjangkau cakupan penuh portofolio kami.

Saat beberapa negara mengembangkan pendekatan mereka terhadap sistem pelabelan depan kemasan, kami terus melibatkan diri dengan pemerintah, LSM, dan pemangku kepentingan kesehatan masyarakat terkait lainnya. Bersama-sama, kami bekerja menuju sistem pelabelan tansparan yang selaras secara global yang mendorong konsumen menuju pilihan yang sehat.

1 Satu porsi didefinisikan sebagai: produk es krim kemasan satu porsi yang ditujukan untuk sekali konsumsi, atau 100 ml jika dijual dalam kemasan yang ditujukan untuk multikonsumsi, misalnya kemasan tub.

2 Angka-angka ini didasarkan pada volume penjualan mulai 1 April 2017 hingga 30 Juni 2017 dari kategori Makanan dan Minuman kami (mencakup bagian-bagian dari bisnis Pepsi Lipton yang merupakan tanggung jawab Unilever dalam pemasaran dan distribusinya). Jumlah ini juga mencakup volume penjualan produk dari Unilever Food Solutions, dan tidak termasuk produk yang dipasarkan melalui usaha patungan lainnya dan merek distributor sendiri.

Pelabelan nutrisi
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami