Bisnis inklusif

Jutaan masyarakat telah membantu kami. Mulai dari mencari sumber atau bahan baku kami, membuat, dan menjual produk kami. Kami juga ingin membantu mereka, salah satunya dengan cara menggali potensi yang mereka miliki sehingga kehidupan mereka bisa kebih baik dan mereka nantinya bisa membantu masyarakat sekitar.

Menggali potensi jutaan orang yang bekerja untuk kami

Kami sangat menghargai seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam membantu bisnis kami di seluruh dunia. Untuk itu, kami juga ingin membantu mereka tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, kami membantu menyingkirkan hambatan yang dihadapi oleh orang-orang yang ada di dalam rantai pasokan kami.

Kami ingin pendekatan kami menjadi holistik dan terintegrasi dengan bisnis karena kami menyadari bahwa seluruh kemajuan sosial, lingkungan, dan komersial saling terkait satu sama lain. Contohnya seperti petani kecil. Mereka seringkali tidak memiliki akses untuk ke pasar, tidak ada dukungan keuangan, dan kurangnya informasi serta pelatihan. Tidak hanya itu, mereka tertahan oleh pola makan yang buruk, adanya ketidaksetaraan gender, dan masalah kesehatan, termasuk yang disebabkan oleh sanitasi yang tidak memadai.

Program dan kemitraan kami bertujuan untuk membantu petani kecil mendapatkan seluruh pilar dari Unilever Sustainable Living Plan kami. Hal ini termasuk mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan, memberdayakan perempuan, memajukan hak asasi manusia, keadilan di tempat kerja, dan meningkatkan kesehatan & kebersihan serta nutrisi.

Di samping itu, kami juga turut membantu para pedagang skala kecil di jaringan distribusi kami dengan membangun kapasitas dan mengatasi hambatan yang mereka hadapi, seperti informasi pasar yang terbatas, akses ke kredit, dan kurangnya keterampilan manajemen bisnis atau keuangan. Dengan mengatasi hambatan pertumbuhan ini, kami menciptakan cara lebih untuk memiliki dampak sosial yang positif.

Mensejahterakan petani kecil

Salah satu bentuk kontribusi dalam keberlanjutan Unilever adalah kemampuan untuk mengembangkan pemasok dalam rangka meningkatkan perekonomian yang lebih baik. Sebagai vendor komoditas yang penting bagi kami, Unilever Indonesia melakukan upaya bersama dalam mengembangkan koperasi petani. Sebab, kami percaya apabila petani kecil menjadi sejahtera, nantinya mereka akan berkontribusi pada keamanan pasokan bahan baku yang kami butuhkan.

Sejak tahun 2001 Unilever Indonesia melalui Unilever Indonesia Foundation (UIF) bekerja sama dengan koperasi sebagai mitra bisnis pengembangan komunitas petani kedelai hitam dalam menerapkan praktik pertanian yang baik, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Pelatihan diberikan terkait pelaporan, manajemen, rencana bisnis, dan berbagai modul lain yang bertujuan memperkuat kemampuan koperasi dalam menjalankan usaha mereka dan menjadi supplier yang dapat diandalkan.

Dalam penyelenggaraannya, kami bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) memberi pelatihan kepada petani melalui koperasi untuk menerapkan penggunaan pupuk cair organik yang aman dan mudah diserap oleh tanaman. Pupuk ini pun bisa dibuat sendiri oleh para petani. Selain itu, para petani juga diberikan informasi tentang aplikasi untuk memperkirakan cuaca, sehingga nantinya petani dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan cuaca. Metodologi ini membantu petani untuk meningkatkan hasil panen mereka.

Hingga tahun 2018, tercatat sebanyak 10.500 petani berpartisipasi sejak awal program, 3.300 petani terlibat aktif di mana empat di antaranya merupakan supplier lokal. Di samping jumlah petani yang berpartisipasi, program kami juga berhasil meningkatkan hasil panen hingga 1,2 MT/HA, meningkat 13% dari tahun 2017 serta memberikan 6,5 miliar akses untuk permodalan.

Juragan Seru

Unilever Indonesia mengembangkan Road To Market (RTM) baru yang mengantarkan Seru, brand es krim terbaru kami, kepada konsumen dengan sebutan “Juragan Seru”. Small Medium Enterprise (SME) memainkan peran penting dalam RTM ini karena mereka bertugas untuk mendistribusikan es krim di toko-toko tradisional sehingga membuat produk terbaru kami lebih dekat ke konsumen. Model ini memungkinkan kami untuk melakukan aktivitas selling with purpose yang sebenarnya dengan menempatkan wirausaha mikro, atau kami menyebutnya sebagai tulang punggung kami.

Juragan Seru berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari stockpoint, pengusaha makanan, komunitas bank sampah, hingga Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Juragan mengambil peran sebagai salesman, merchandiser, kurir dan pengumpul uang. Oleh karena itu, kami wajib memberdayakan Juragan untuk memastikan kualitas layanan. Kami membekali mereka dengan pelatihan dan bimbingan bisnis, operasional, dan teknologi sepanjang tahun. Teknologi seluler yang sederhana juga diperkenalkan ke Juragan untuk memungkinkan sistem manajemen distribusi yang mulus, efektif dan efisien.

Melalui skema ini, Juragan Seru dapat memperoleh penghasilan yang menarik, fleksibilitas dalam mengatur waktu mereka sendiri, dan pengembangan diri melalui pengetahuan dan pengalaman bisnis untuk masa depan mereka. Model ini memungkinkan kami untuk membuka pasar baru yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau bagi konsumen berpenghasilan rendah; sambil meningkatkan mata pencaharian reseller kami.

Keadilan di tempat kerja

Keadilan di tempat kerja adalah tentang menghormati hak semua pihak yang bekerja dengan kami.

Terdapat jutaan orang yang bekerja di perusahaan kami untuk membantu kami dalam menciptakan produk yang akan digunakan oleh lebih dari miliaran masyarakat di seluruh dunia. Bagi kami, keadilan di tempat kerja adalah tentang menghormati dan memajukan hak asasi mereka yang bekerja dengan kami, di manapun kami beroperasi dan dalam segala hal yang kami lakukan.

Panduan prinsip kami menyatakan bahwa sebuah bisnis hanya dapat berkembang di masyarakat ketika hak asasi manusia dihormati, maju, dan ditegakkan. Oleh karena itu, kami percaya dengan menghormati dan mempromosikan hak asasi manusia merupakan fondasi untuk bisnis yang sehat, berkelanjutan dan adil, dan sangat penting untuk hubungan yang efektif dengan semua orang yang kami andalkan. Hal ini tercermin pada seluruh Unilever Sustainable Living Plan kami.

Mengapa keadilan di tempat kerja penting bagi kami

Kami ingin memberikan dampak yang positif, baik untuk sosial dan pertumbuhan bisnis. Sebab, hal ini merupakan dasar tujuan kami sebagai sebuah entitas bisnis. Keadilan di tempat kerja adalah elemen penting untuk menjaga kepercayaan banyak pihak terhadap bisnis kami dan secara langsung terkait dengan lisensi kami untuk beroperasi dan juga reputasi dari Unilever dan brand kami. Hal ini berkontribusi terhadap kelangsungan bisnis, membantu kami mendapatkan dan mempertahankan talenta terbaik, meningkatkan produktivitas, dan membangun nilai jangka panjang bagi para pemegang saham. Kami telah menetapkan sejumlah target untuk memajukan hak asasi manusia dan juga meningkatkan kesehatan dan keselamatan karyawan kami.

Upaya kami

Kami akan mendorong keadilan di tempat kerja dengan memajukan hak asasi manusia di seluruh operasi kami. Mulai dari hak asasi seluruh karyawan, kompensasi yang adil, dan kesehatan dan keselamatan untuk memastikan kesejahteraan mereka yang bekerja dengan kami.

Menjaga hubungan industrial

Kami sangat memahami pentingnya menciptakan dan menjaga hubungan industrial yang harmonis. Tidak hanya itu, kami berkomitmen untuk melindungi hak-hak karyawan sebagaimana dinyatakan dalam Pedoman Prinsip Bisnis dan Kebijakan Kode Etik. Komitmen ini tercermin melalui Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang dinegosiasikan ulang dan ditandatangani setiap dua tahun oleh serikat pekerja dan manajemen kami. Secara formal, hubungan ini diwujudkan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Perjanjian Kerja Bersama merupakan cerminan perilaku bisnis Unilever Indonesia yang dilakukan dengan cara bertanggung jawab dari hulu sampai ke hilir.

Berperan bersama dalam perkembangan anak

Selain itu, sejalan dengan upaya memfasilitasi budaya inklusif di perusahaan kami, kami percaya bahwa ayah dan ibu memiliki peran yang sama dalam perkembangan anak sejak dilahirkan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara cuti ayah dan perkembangan anak karena anak akan mendapatkan manfaat dari hubungan dekat dengan ayah mereka sejak bayi dan tumbuh secara positif baik secara fisik maupun mental.

Tahun lalu kami menjadi salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang memperkenalkan cuti ayah atau paternity leave. Setelah melihat dampak positif pada karyawan kami, pada tahun 2018 kami memperpanjang cuti ini dari lima hari menjadi tiga minggu. Selain itu, kami juga memperpanjang cuti hamil untuk karyawan perempuan menjadi empat bulan, sebulan penuh lebih lama dari cuti berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan Indonesia.

Menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat

Keselamatan dan kesehatan adalah faktor kunci bagi semua industri untuk mempromosikan kesejahteraan karyawan dan pengusaha. Perusahaan memiliki kewajiban dan tanggung jawab moral untuk memastikan perlindungan dan meningkatkan kesehatan karyawan.

Melalui Central of Safety, Health & Environment Committee (CSHEC), kami mempromosikan kolaborasi dalam menciptakan tempat kerja yang lebih aman dan mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan. Aturan, kebijakan, dan prosedur keselamatan diterapkan secara konsisten baik secara internal (karyawan) maupun eksternal (mitra bisnis dan kontraktor). Tidak hanya mengkomunikasikannya kepada semua pihak yang terkait tetapi prinsip-prinsip itu diinformasikan terus menerus melalui berbagai cara. Namun, upaya edukatif perlu diseimbangkan Six Cardinal Rules of Safety dengan manajemen konsekuensi. Oleh karena itu, Golden Rules of Safety juga dijabarkan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Cari tahu tentang Golden Rules of Safety dalam Sustainability Report terbaru kami halaman 77.

Selain memperhatikan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan pihak yang bekerja sama dengan kami, kesehatan juga menjadi perhatian utama kami kepada seluruh karyawan Unilever Indonesia. Kami mendorong karyawan untuk menjadi lebih sehat, baik secara mental dan fisik. Terdapat empat bidang aspek kesehatan untuk meningkatkan produktivitas seluruh karyawan kami selama bekerja. Ketahui lebih lengkap mengenai inisiatif kami terhadap kesehatan dan keselamatan kerja karyawan dalam Sustainability Report kami halaman 78-80.

Peluang bagi perempuan

Kami ingin membantu menciptakan dunia di mana setiap perempuan dapat menciptakan kehidupan yang mereka inginkan dan tidak dibatasi oleh stereotip. Kami percaya dunia di mana perempuan diberdayakan secara ekonomi akan menjadi tempat yang lebih adil, lebih bahagia, dan lebih makmur untuk kehidupan sesama, dan bisnis kami juga ikut berkembang di dalamnya.

Meniadakan kesenjangan gender

Di dunia yang tingkat kemajuannya kian pesat, perempuan justru harus menunggu 108 tahun untuk mendiakan kesenjangan gender dengan laki-laki, meskipun ada kemajuan di beberapa daerah selama beberapa dekade terakhir. Laporan dari World Economic Forum Global Gender Gap yang diterbitkan pada Desember 2018 menemukan bahwa kesenjangan gender yang paling menantang terdapat pada bidang ekonomi, yang mana membutuhkan waktu selama 202 tahun untuk meniadakan kesenjangan tersebut.

Penantian yang panjang ini tidak dapat diterima untuk generasi perempuan saat ini dan di masa yang akan datang, serta bagi masyarakat keberadaan kami bisa membantu meniadakan kesenjangan gender serta mengubah stereotip yang menjadi penghalang untuk memberdayakan perempuan dalam ekonomi, tidak terkecuali stereotip masukulinitas yang turut membatasi laki-laki.

Kami melihat manfaat yang jelas dalam menghormati dan mempromosikan hak-hak perempuan dan juga meningkatkan peluang mereka. Perempuan adalah 70% dari basis konsumen kami, 50% dari karyawan yang kami rekrut, dan memainakan peran penting dalam rantai pasokan yang memungkinkan untuk menjangkau konsumen dengan produk kami. Dengan menciptakan dan meningkatkan peluang bagi perempuan dalam masyarakat dan ekonomi, kami memiliki kemungkinan untuk menumbuhkan pasar, brand, dan bisnis kami.

Upaya kami

Memberdayakan perempuan merupakan enabler atau faktor tunggal terbesar dalam pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, kami percaya ketika perempuan diberikan hak, keterampilan, peluang yang sama, dan stereotip yang menahan perempuan dapat dhilangkan, maka akan memberikan efek yang bersifat transformasional.

Perempuan di jajaran manajemen

Kami percaya bahwa perempuan dan laki-laki memiliki potensi dan peluang yang sama dalam mengembangkan karirnya. Atas dasar tersebut, kini 40% jajaran direktur di perusahaan kami diisi oleh karyawan perempuan dan 40% lainnya juga menempati posisi dalam jajaran manajer.

Women of Unilever Engineering Leadership Fellowship

Kami memiliki strategi untuk memperluas peluang bagi para perempuan di seluruh jajaran organisasi, termasuk pada fungsi-fungsi tradisional seperti supply chain. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan Women of Unilever Engineering Leadership Fellowship (WULF) yakni sebuah kegiatan yang diikuti oleh 50 mahasiswi teknik terpilih se-Indonesia dan diselenggarakan di pabrik Unilever yang berada di Cikarang. Sebagai negara pertama di Asia yang menyelenggarakan program ini sejak tahun 2017, kami bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dunia supply chain di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Selama dua hari, para peserta yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan langsung kisah inspiratif seputar perjalanan karir dan pengalaman kerja dari para pemimpin perusahaan kami. Sharing session, focus group discussion, workshop, dan mentoring juga dilakukan untuk mengembangkan keterampilan dan wawasan para peserta, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk berdiskusi dan mendapatkan pembekalan karier.

Program Pemberdayaan Perempuan Saraswati

Sejak tahun 2007, Yayasan Unilever Indonesia menjalankan Program Pemberdayaan Perempuan Saraswati sebagai pelengkap program pengembangan petani kedelai yang menjadi upaya nyata untuk memenuhi komitmen Unilever Sustainable Living Plan. Program yang diluncurkan di Bantul dan Kulon Progo, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Pekalongan, dan Banjarnegara ini bekerja sama dengan mitra lokal termasuk PERSADA, Spektra, dan ASSPUK di mana perempuan berperan sebagai simpul yang menyatukan kemitraan akademis, Unilever, dan petani.

Peluncuran Program Pemberdayaan Perempuan Saraswati berlandaskan pada pemahaman Perseroan bahwa operasi bisnis kami memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan para petani yang terlibat dalam rantai pasokan kami, termasuk untuk salah satu brand kami yang paling sukses, yaitu Kecap Bango. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan para petani seiring pertumbuhan bisnis Bango.

Melalui program ini, kami memberikan serangkaian edukasi dan pelatihan untuk membantu petani perempuan dalam mengutarakan aspirasi dan kewirausahaan dengan memberdayakan mereka dengan beragam keterampilan, sehingga mereka dapat menunjukkan ekistensi mereka di luar peran sehari-hari sekaligus memperoleh pendapatan tambahan bagi keluarga mereka.

Hingga tahun 2018, Program Pemberdayaan Perempuan Saraswati telah mendukung 3.500 perempuan melalui tiga aspek pembangunan yaitu pengembangan diri, ekonomi dan sosial serta pengembangan organisasi untuk mendorong pembentukan Kelompok Unit Bisnis (KUB), Lembaga Keuangan Perempuan (LKP), dan Kelompok Tani Perempuan (KWT).

Fair and Lovely (FAL) Bintang Beasiswa

Memberdayakan 5 juta perempuan di seluruh dunia pada tahun 2020 merupakan salah satu komitmen dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP) kami. Hal ini dapat diwujudkan apabila perempuan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Atas dasar ini, kami menciptakan program “Fair & Lovely Bintang Beasiswa”, yaitu sebuah program yang tidak hanya memotivasi perempuan untuk berani memiliki tujuan hidup yang tinggi, tetapi kami juga menyediakan akses ke pendidikan tinggi untuk 50 perempuan muda yang berprestasi. Mereka akan diseleksi secara ketat untuk berkesempatan menempuh kuliah di perguruan tinggi ternama.

Pada tahun 2018 lalu, Unilever memperluas cakupan area program dari tiga menjadi tujuh wilayah dengan tujuan untuk memberikan manfaat yang lebih besar. Beberapa pertimbangan kami seperti tingkat buta huruf, angka putus sekolah, dan kondisi lingkungan di beberapa daerah tersebut juga menjadi tujuan perluasan wilayah untuk program FAL. Wilayah tersebut adalah Daerah Isitimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Selain beasiswa, FAL Bintang Beasiswa juga memberikan program pembekalan yang bermanfaat bagi mereka di perguruan tinggi dan pekerjaan mereka di masa depan. Program tersebut meliputi pengembangan kapasitas, keterlibatan masyarakat, dan pengembangan karir.

Sunlight WeLearn

Sunlight percaya bahwa pekerjaan rumah tangga tidak seharusnya menjadi penghalang bagi perempuan untuk menggapai mimpinya. Oleh karena itu, brand yang telah menemani perempuan Indonesia sejak tahun 1980an ini memiliki tujuan mulia yakni membantu 5 juta perempuan Indonesia paling lambat tahun 2022 untuk menemukan potensi dirinya dan merealisasikan cita-citanya untuk berwirausaha.

Seraya dengan tujuan tersebut, Sunlight berkolaborasi dengan UN Women untuk meluncurkan WeLearn, yakni sebuah platform belajar online yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara, serta melakukan pemberdayaan untuk perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya melalui pengembangan keterampilan. Materi pembelajaran pada WeLearn disediakan secara gratis dan dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan pakar industri sehingga tersedia dalam berbagai format yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta akses ke komunitas belajar.

Indonesia menjadi negara pertama diluncurkannya WeLearn. Sebagai langkah awal, platform ini menghadirkan dua macam pelatihan untuk membantu calon perempuan wirausaha untuk mempersiapkan dan memulai bisnisnya. Dalam beberapa bulan ke depan, platform ini akan dikembangkan dengan lebih banyak lagi pelatihan lain agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya lebih besar. WeLearn ditargetkan untuk memberdayakan 5000 perempuan wirausaha atau yang baru akan memulai wirausaha di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang.

Rahasia Usaha Lebih Cepat Untung

Sunlight berkolaborasi dengan Amartha, sebuah platform peer-to-peer (P2P) lending, untuk menjalankan program “Rahasia Usaha Lebih Cepat Untung” pada setiap kegiatan rutin Amartha yang diadakan untuk para perempuan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para UMKM perempuan yang belum memanfaatkan layanan perbankan atau lembaga keuangan lainnya, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang minim untuk memulai ataupun mengelola usaha mereka. Oleh karena itu, program ini memberikan berbagai materi edukasi dan konsultasi kewirausahaan sebagai nilai tambah bagi para peminjam dana sehingga dapat menjadi bekal bagi para peminjam dana untuk menjalankan usahanya lebih berkelanjutan.

Sepanjang bulan November 2019 lalu, Sunlight telah melakukan pilot project berupa Training of Trainers (ToT) kepada ratusan agen Amartha yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya yang bekerja sama dengan PERSADA. ToT terdiri atas empat modul pelatihan, yaitu:

  1. Inspirasi Usaha: panduan bagi para perempuan untuk memilih dan memulai suatu bidang usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing
  2. Keuangan: cara menghitung modal dan keuntungan secara efektif
  3. Jalur Penjualan: berbagai tips untuk memperkuat jalur distribusi
  4. Kebersihan dan Kerapihan: pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan diri, rumah dan tempat usaha untuk menjaring lebih banyak pelanggan.

Nantinya, di setiap kuartal Sunlight dan Amartha akan menjangkau 20.000 peminjam dana dan hingga akhir 2020 program ini memiliki target untuk memberikan manfaat kepada 80.000 orang yang tersebar di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur. Melalui upaya ini, Sunlight ingin menginspirasi seluruh perempuan agar terdorong untuk belajar dan mengembangkan dirinya di bidang kewirausahaan.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami