Kesehatan & Kebersihan

Perilaku hidup bersih dan sehat yang rendah menyebabkan kematian yang sebenarnya dapat dicegah setiap tahunnya, terutama di kalangan anak-anak.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa menangani berbagai masalah kesehatan yang saling berhubungan dapat berpotensi mencegah setidaknya 9% dari penyakit global dan 6% dari seluruh penyebab kematian. Selain itu, bukti lain juga menunjukan bahwa masyarakat akan lebih sehat dan bahagia serta lebih produktif apabila mereka telah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Tidak hanya itu, hal ini juga penting guna mengangkat masyarakat keluar dari kemiskinan.

Brand kesehatan dan kebersihan kami seperti Lifebuoy, Pepsodent, Vixal, Wipol, dan Vaseline memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan kesehatan melalui kebersihan yang lebih baik. Produk yang digunakan sehari-hari seperti sabun, pasta gigi, pembersih toilet, dan petroleum jelly, dapat mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan yang lebih penting, membantu menyelamatkan jiwa seseorang.

Akan tetapi, kesehatan bukan hanya tentang kebersihan saja. Banyak masyarakat di seluruh dunia memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan merasa cemas dengan tubuh mereka sendiri sehingga hal ini menimbulkan dampak yang besar untuk kehidupan dan karir mereka. Melalui Dove, brand Perawatan Kecantikan & Pribadi terkemuka kami, membantu perempuan untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka terhadap diri sendiri.

Upaya Kami

Kami menciptakan dampak yang besar untuk kesehatan dan kebersihan dengan mempromosikan mencuci tangan, sanitasi yang baik, merawat gigi, dan percaya diri. Selain itu, kami juga memiliki tujuan untuk mengurangi dampak bencana dan keadaan darurat.

Program Sekolah

Program Sekolah Sehat

Program Sekolah Sehat adalah sebuah program yang bertujuan untuk menumbuhkan perilaku menjaga kebersihan dan kesehatan seluruh siswa dengan memberikan edukasi tentang 7 Perilaku Hidup Besih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Edukasi ini kami lakukan untuk mengurangi risiko penyakit. Selain itu, kami juga membekali mereka dengan pengetahuan dan kesadaran tentang pubertas serta masalah kebersihan yang diperlukan selama masa transisi.

Program Sekolah Sehat

Dalam pelaksanaannya, kami melalui Unilever Indonesia Foundation didukung oleh LSM lokal untuk menjangkau pemangku kepentingan sekolah, terutama para guru, melalui Training of Trainers. Para guru didorong untuk memberikan edukasi pada dokter kecil sehingga mereka dapat menyebarluaskan edukasi pada teman-temannya (peer-to-peer education). Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menjalankan Program Sekolah Sehat.

Program Sekolah Sehat juga didukung penuh oleh brand-brand terkemuka kami dalam meningkatkan perilaku bersih dan sehat, termasuk cuci tangan pakai sabun dengan Lifebuoy, menyikat gigi pagi dan malam dengan Pepsodent, serta menciptakan kamar mandi, toilet, dan lantai di sekolah dan di rumah higienis dengan Vixal.

Kami juga melaksanakan program di berbagai pondok pesantren di Indonesia. Inisiatif ini sejalan dengan program pemerintah “Pesantren Sehat” yang mempromosikan pentingnya menciptakan lingkungan pesantren yang bersih dan sehat.

Dove Self-Esteem Project

Selama lebih dari 10 tahun, Dove Self Esteem Project telah membantu orang tua, mentor, guru, dan pemimpin muda menyampaikan pendidikan mengenai kepercayaan diri (self-esteem). Dalam menjalankan program ini, kami bermitra dengan LSM lokal dalam mengadakan lokakarya, pelatihan guru, dan menjangkau perempuan muda untuk menjadi duta sekolah mengenai self-esteem. Selain itu, kami juga bermitra dengan para ahli terkemuka di bidang psikologi, kesehatan, dan gambaran tubuh untuk menciptakan sumber program berbasis bukti termasuk nasihat orang tua untuk membantu remaja membentuk persahabatan yang sehat, mengatasi masalah gambaran tubuh dan menjadi diri terbaik mereka.

Kami turut membangun kesadaran melalui cerita dan gerakan inspirasional untuk menyebarkan pesan self-esteem melalui media sosial. Sebab, Dove menemukan bahwa perempuan Indonesia memiliki kesulitan untuk mengakui kecantikan mereka sendiri, akan tetapi bersemangat saat menyebutkan kecantikan dan kelebihan teman-temanya yang mereka miliki. Kebiasaan saling memuji ini menjadi bukti nyata kemampuan perempuan Indonesia dalam mengapresiasi keberagaman kecantikan Indonesia, sehingga Dove ingin mengembangkan semangat positif ini ke ranah digital.

Cari tahu lebih lanjut mengenai Dove Self Esteem Project di sini.

Hari Cuci Tangan Sedunia

Sebagai brand sabun kesehatan keluarga, Lifebuoy telah memberikan edukasi berkelanjutan tentang pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sejak tahun 2004 melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui kegiatan perayaan Hari Cuci Tangan sedunia setiap tahunnya yang diselenggarakan di berbagai sekolah di Indonesia.

Pilar sekolah merupakan salah satu dari tiga fokus pilar Lifebuoy dalam melakukan edukasi pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun di 5 saat penting (sebelum dan sesudah makan pagi, sebelum dan sesudah makan siang, sebelum dan sesudah makan malam, setelah bermain dan setelah menggunakan toilet) dengan 6 langkah cuci tangan pakai sabun yang tepat. Kedua pilar lainnya adalah pilar posyandu dengan bekerja sama dengan PKK Pusat untuk menjangkau lingkungan rumah tangga dan pilar rumah sakit bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) untuk mengedukasi tenaga-tenaga kesehatan.

Hingga saat ini kami telah menjangkau lebih dari 23,8 juta anak sekolah dasar, 71,7 juta ibu dan anggota keluarga mereka, dan 1.000 rumah sakit di seluruh Indonesia. Pada tahun 2020, kami memiliki target untuk mencapai 100 juta tangan sehat Indonesia, sebagai bagian dari program Unilever Sustainable Living Plan.

Program Institusi Profesional

Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN)

Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) adalah acara tahunan dari brand pasta gigi Pepsodent, berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). BKGN digelar secara nasional untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menyikat gigi pagi dan malam hari, serta berkunjung ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. BKGN yang diadakan selama tiga bulan penuh sejak bulan September ini juga turut memberikan pelayanan berupa perawatan dan pemeriksaan gigi gratis untuk masyarakat Indonesia.

BKGN telah diadakan sejak tahun 2010. Selama pelaksanaanya, BKGN telah memberikan manfaat kepada lebih dari 250.000 masyarakat Indonesia berkat kolaborasi Pepsodent dengan lebih dari 100 PDGI Cabang dan 24 Fakultas Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia, 14.250 dokter gigi dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi juga ikut terlibat sepanjang pelaksanaan BKGN.

Selain memberikan manfaat kepada masyarakat, BKGN juga memberikan manfaat bagi mahasiswa kedokteran gigi karena mereka bisa mendapatkan pasien untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan studi mereka. Selain itu, rumah sakit pendidikan gigi dan mulut yang terlibat juga mendapat banyak manfaat berupa akreditasi dan publikasi yang lebih luas kepada masyarakat sekitar.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia diperingati secara global untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia, khususnya anak-anak, akan pentingnya perawatan kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari, yaitu di waktu pagi setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Dalam pelaksanaanya, Pepsodent bekerja sama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) untuk mewujudkan salah satu tujuan USLP, yakni untuk membantu lebih dari satu miliar orang mengambil tindakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia selaras dengan program pemerintah “Menuju Indonesia Bebas Karies di tahun 2030”.

Kami menyadari bahwa saat ini pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya perawatan gigi tampaknya masih kurang. Berdasarkan penelitian terbaru dari tahun 2018, 57,6% orang Indonesia memiliki masalah kesehatan gigi tetapi hanya 10,2% yang mencari bantuan. Data ini membuktikan perlunya melanjutkan edukasi terkait kesehatan gigi bagi masyarakat Indonesia, khususnya sejak usia dini.

Survei yang dilaksanakan oleh FDI World Dental Federation pada awal tahun 2019 di 13 negara, termasuk Indonesia, menunjukkan 78% dari orang tua di Indonesia menyatakan bahwa sekolah merupakan tempat terbaik bagi anak-anak untuk mendapatkan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, program sekolah menjadi langkah yang paling strategis untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak mereka karena rasa percaya dari orang tua yang masih mengandalkan sekolah.

Selain bermanfaat bagi masyarakat, khsusunya anak-anak, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia juga merupakan momentum bagi dokter gigi untuk melakukan pelayanan masyarakat dengan memberikan pendidikan dan pemeriksaan gigi. Setiap cabang PDGI yang berpartisipasi dalam acara tersebut, para dokter akan mendapatkan Satuan Kredit Profesi (SKP).

Selama 25 tahun, kemitraan antara Pepsodent, FDI World Dental Federation, dan PDGI telah membuat berbagai langkah signifikan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak-anak di seluruh dunia dan terbukti telah meningkatkan frekuensi menyikat gigi sebesar 25%.

Pepsodent Dental Expert Center (PDEC)

Pada tahun 2013, Pepsodent mendirikan pusat edukasi dan entertainment (edutainment) gigi terbesar di Jakarta, tepatnya di mal Gandaria City, yang bernama Pepsodent Dental Expert Center (PDEC). PDEC merupakan bentuk komitmen Pepsodent untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menyikat gigi pagi dan malam serta kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali kepada masyarakat Indonesia. PDEC memiliki 16 tenaga dokter gigi profesional yang dapat membantu seluruh masyarakat untuk mendapatkan pemeriksaan dan edukasi kesehatan gigi dan mulut mereka secara gratis.

Tempat ini memiliki teknologi pemeriksaan gigi yang canggih, salah satunya adalah caries detector yang mana alat ini jarang ditemukan di klinik gigi lainnya karena dapat mendeteksi dan mendiagnosis karies gigi pada tahap awal pemeriksaan. Selain itu, masyarakat yang berkunjung dapat melalui pemeriksaan gigi dan mulut yang dilakukan dengan camera intraoral yang tersambung ke monitor, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan melihat secara langsung kondisi gigi dan mulutnya.

Tidak hanya untuk perawatan gigi saja, PDEC juga terbuka untuk program kunjungan sekolah. Siswa dapat belajar tentang cara merawat gigi yang menyenangkan melalui film kartun gigi di auditorium, permainan gigi, dan gigi raksasa untuk praktik menyikat gigi. Selain itu, para ibu dan panti asuhan juga dapat mengunjungi dan menikmati manfaat PDEC sehingga PDEC telah mencapai kapasitas maksimumnya dengan rata-rata 70-75 pengunjung per hari. Bagi mahasiswa kedokteran gigi, PDEC menjadi tempat untuk mempraktikkan ilmunya untuk kesehatan masyarakat.

Program Komunitas

Program Kesehatan Ibu dan Anak (Mothers Programme)

Kami percaya bahwa perempuan, terutama ibu menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan sekitar mereka. Unilever Indonesia, melalui brand Lifebuoy mengadakan Program Kesehatan Ibu dan Anak atau Mothers Programme. Dalam pelaksanaanya, kami bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga dan Kesejahteraan (TPKK), kader Posyandu, layanan kesehatan masyarakat setempat, dan lembaga swadaya masyarakat.

Program ini diadakan untuk mengedukasi para ibu yang memiliki anak di bawah usia 5 tahun tentang pentingnya 7 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk keluarga mereka, salah satunya kami perkuat dengan edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Unilever dan kader TPKK berkolaborasi untuk memberikan pelatihan bagi kader posyandu agar dapat mengedukasi ibu-ibu lainnya di lingkungan sekitar mereka, terutama memberikan perhatian khusus bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki anak dengan tujuan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup bayi yang baru lahir. Setiap tahunnya, program ini berhasil menjangkau lebih dari 150.000 Ibu di Indonesia.

Gerakan Bersih-Bersih Masjid

Masyarakat memiliki peranan penting untuk menjaga kebersihan di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, Unilever Indonesia bersama brand perawatan rumah tangga yakni Wipol, Vixal, dan Superpell, berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama dengan rekan-rekan mitra dari lembaga swadaya masayarakat (LSM) mengadakan Gerakan Bersih-Bersih Masjid. Gerakan ini melibatkan penjaga masjid atau yang biasa disebut Marbot serta masyarakat setempat.

Unilever Indonesia memberikan pelatihan, paket peralatan kebersihan, dan panduan tentang cara membersihkan masjid secara efektif kepada 2.000 Marbot, karena kami percaya bahwa mereka adalah tokoh kunci untuk melibatkan masyarakat setempat dalam membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. Gerakan yang dimulai di bulan Ramadhan ini menjangkau sekitar 50.000 anggota masyarakat di sekitar masjid untuk bergabung dengan kegiatan Bersih-Bersih Masjid sepanjang tahun.

Hingga tahun 2018, Gerakan Bersih-Bersih Masjid telah menjangkau lebih dari 5.000 masjid di 10 kota di Indonesia, lebih dari 100.000 masyarakat yang berpartisipasi sebagai relawan, dan mengedukasi 5.000 Marbot tentang cara membersihkan masjid secara efektif.

Vaseline Healing Project

Sebagai brand perawatan kulit ternama, Vaseline memiliki tujuan untuk memperbaiki kulit dan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, Vaseline menggelar program Vaseline Healing Project sebagai upaya untuk memberikan perawatan dermatologis bagi masyarakat yang membutuhkan. Secara global, program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi kulit 5 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2020 yang menjadi bagian dari komitmen Unilever Sustainable Living Plan.

Program ini terdiri dari tiga pilar utama, yaitu Pertama: menyumbangkan lebih dari 1 juta produk Vaseline Repairing Jelly melalui klinik dan rumah sakit jaringan mitra Direct Relief di seluruh dunia, Kedua: memberikan pelatihan mengenai kesehatan kulit bagi tenaga kesehatan, dan Ketiga: melaksanakan misi untuk memperbaiki kondisi kulit masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang paling membutuhkan.

Vaseline Healing Project perdana diselenggarakan di Indonesia tahun 2018 yang digelar di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Dalam penyelenggaraannya, Vaseline dan mitra global Direct Relief bekerja sama dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Sebanyak 154 anggota masyarakat telah menerima berbagai manfaat dari program ini. Program ini kemudian dilanjutkan dengan edisi kedua di wilayah Desa Batukarang yang terletak ±25 km dari Gunung Sinabung. Untuk edisi kedua di tahun yang sama, Vaseline dan Direct Relief bekerja sama dengan NGO HeartIndo dan berhasil menyasar 200 anggota masyarakat di Desa Batukarang.

Pada tahun 2019, Vaseline Healing Project yang diselenggarakan di Rumah Susun Waduk Pluit Muara Baru, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) DKI Jakarta dan telah menjangkau lebih dari 250 anggota masyarakat.

Meningkatkan Nutrisi

Misi kami adalah menyediakan produk dengan rasa yang enak, membuat seseorang merasa bahagia, dan menjadi kekuatan untuk kebaikan.

Pentingnya makanan bagi kehidupan

Makanan memberi gizi pada tubuh kita setiap hari. Tanpa makanan terlebih yang lezat dan sehat, hidup tidak akan sama rasanya karena banyak orang yang senang dengan makanan dan minuman seperti kita pada umumnya.

Seperti yang diakui oleh SDGs, tanggung jawab untuk membawa perubahan kian tersebar luas. Pemerintah harus lebih banyak bekerja sama dengan para mitra. Petani dan produsen harus menjadi lebih efisien dalam memananen dan mengadopsi praktik pertanian berkelanjutan. Dan tentunya, pegiat bisnis makanan memiliki peran penting dalam membuat makanan dan minuman secara berkelanjutan dan bergizi seraya memberikan banyak pilihan kepada masyarakat.

Upaya Kami

Sebagai salah satu perusahaan barang konsumen terbesar di dunia, kami sadar akan dampak besar yang dapat kami lakukan melalui skala dan jangkauan kami. Kami melakukan ini melalui brand-brand terkemuka kami seperti Bango, Royco, Paddle Pop, dan Hellman’s yang memiliki warisan panjang dalam menghasilkan makanan dan minuman yang berkualitas dan bergizi.

Mendorong pola makan sehat melalui resep masakan

Salah satu cara untuk mendorong perubahan perilaku pola makan seseorang adalah melalui resep rekomendasi pada kemasan kami dan juga melalui lebih dari 100.000 ide resep masakan yang bisa ditemukan dalam internet. Kami memastikan bahwa seluruh resep masakan tersebut sesuai dengan Standar Gizi Tertinggi kami dan juga berdasarkan rekomendasi nutrisionis.

Di tahun 2018, kami membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik melalui cara lainnya. Kami mengembangkan situs resep makanan yang dapat diakses melalui www.masakapahariini.com (MAHI). Situs ini menyediakan aneka resep makanan yang telah melalui proses penilaian ahli nutrisi kami, sehingga bahan-bahan serta jumlah penggunaan yang ada pada resep tersebut memenuhi nutrisi yang tepat untuk dikonsumsi. Hingga Desember 2018, situs MAHI telah menjangkau 4,8 juta pengunjung, dan sejak April 2018 tercatat sebanyak 1,2 juta pengguna terdaftar pada situs tersebut.

Mengurangi gula pada portofolio produk makanan kami

Kami mendukung asupan energi dan gula harus dibatasi sejalan dengan rekomendasi dari sejumlah organisasi, seperti WHO yang secara kuat merekomendasikan untuk membatasi asupan gula di bawah 10% dari total asupan energi. Kami percaya bahwa dengan mengurangi gula dalam portofolio kami akan membantu konsumen dalam memilih makanan dan minuman lebih konsisten dengan rekomendasi makanan saat ini yang pada gilirannya membantu mereka mempertahankan praktik pola makan yang sehat.

Pada tahun 2018 lalu, kami meluncurkan varian baru dari Kecap Bango yakni Kecap Bango Light. Peluncuran ini menjadi salah satu wujud nyata transformasi perbaikan nutrisi yang telah berhasil dilakukan oleh kami. Varian baru ini menawarkan pilihan produk yang lebih sehat bagi masyarakat dengan kandungan gula yang lebih rendah. Kecap Bango Light mengandung pemanis alami stevia dengan kandungan gula 30% lebih rendah dibandingkan varian Kecap Bango reguler.

Mengurangi kalori pada produk es krim

Es krim menjadi panganan yang menyegarkan dan menyenangkan untuk dikonsumsi sepanjang tahun, terutama pada waktu-waktu cerah di mana matahari bersinar terik. Sebagai perusahaan es krim terkemuka di dunia, termasuk di Indonesia, kami telah menjual brand-brand es krim yang dicintai oleh masyarakat, salah satunya adalah es krim Paddle Pop yang secara khusus dirancang untuk anak-anak.

Kami mengetahui pentingnya menurunkan kalori pada produk es krim kami tanpa mengurangi rasanya yang lezat. Oleh karena itu, Paddle Pop menawarkan rangkaian es krim yang lezat dengan warna dan bentuk yang menarik degan kandungan kalori dan lemak seimbang sehingga aman untuk dikonsumsi, khususnya bagi anak-anak. Kami telah menetapkan target sederhana untuk es krim Paddple Pop kami di mana kandungan energi tidak lebih dari 110 kkal per sajian diikuti 3 g lemak jenuh dan 12 g gula per sajian.

Menggunakan asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat) dari minyak nabati

Kami percaya upaya kami dalam menggunakan lebih banyak asam lemak tak jenuh ganda dari minyak nabati memberikan kontribusi yang berarti untuk mengurangi lemak jenuh pada makanan seseorang. Kami selalu menggunakan minyak yang baik atau campuran minyak yang baik pada produk mayones kami, seperti menggunakan minyak kedelai, kanola, rapeseed, alpukat, bunga matahari, dan minyak zaitun. Semua bahan ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang direkomendasikan sebagai pengganti lemak jenuh.

Sejak tahun 1913, ketika Richard Hellmann menciptakan Mayonnaise Hellmann’s yang legendaris, kami telah membuat mayones kami dengan minyak yang baik seperti minyak kedelai (soybean oil). Pada tahun 2019, kami memperkenalkan mayones Hellmann’s untuk para konsumen kami di Indonesia. Produk-produk ini merupakan sumber lemak tak jenuh ganda omega-3 dan mematuhi Standar Gizi Tertinggi kami.

Kandungan garam (natrium) yang disesuaikan

Semua orang pasti setuju kalau garam membuat rasa makanan menjadi lebih enak. Sebab, garam juga memiliki peran penting dalam mengawetkan makanan. Garam (natrium) dalam jumlah yang kecil juga sangat penting untuk makanan, akan tetapi mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), lebih dari satu orang dari lima orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

WHO menyarankan untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari 5gr dalam sehari. Kami mendukung rekomendasi kandungan garam atau natrium yang diberikan WHO. Oleh karena itu, kami memastikan bahwa seluruh produk makanan kami, yakni brand Bango dan Royco telah memenuhi level penggunaan garam sesuai dengan persyaratan yang diberikan WHO yang juga dihitung dengan kriteria Standar Nutrisi Tertinggi Unilever.

Memberikan informasi mengenai gizi dalam produk

Sekarang ini, konsumen semakin tertarik dengan kandungan dalam produk makanan atau minuman yang mereka konsumsi. Pemerintah dan organisasi konsumen di seluruh dunia melihat bahwa pemberian informasi mengenai kandungan gizi secara transparan dan berdasarkan fakta pada sebuah produk menjadi cara utama untuk membantu masyarakat dalam memilih produk yang lebih sehat.

Kami setuju dengan hal tersebut, sehingga kami mencantumkan label pada kemasan, dalam hal ini adalah memberikan daftar nilai gizi pada produk kami, dan informasi tentang bagaimana cara untuk memperbaiki pola makan sehat dengan cara yang mudah dipahami seperti yang sudah dilakukan oleh produk makanan dan minuman kami. Berikut adalah komitmen label nilai gizi atau nutrisi kami:

  • Sebanyak 8 jenis zat gizi (big) pada kemasan bagian belakang (energi, protein, karbohidrat, gula, lemak, lemak jenuh, serat, dan sodium).
  • Pada bagian depan terdapat kandungan energi serta persen kontribusi terhadap kebutuhan energi harian
  • Per porsi (pilihan yang direkomendasikan) atau per 100g/ml
  • Sebanyak 4 jenis zat gizi (big 4) tersedia pada kemasan bagian belakang (energi, protein, karbohidrat, dan lemak). Untuk setiap kemasan kecil, informasi mengenai nutrisi juga tersedia melalui situs resmi dan careline.
  • Untuk energi, gula, lemak, lemak jenuh, dan garam, setiap % yang berkontribusi terhadap rekomendasi asupan harian ditampilkan dengan ikon atau teks pada bagian belakang kemasan.

Membantu jutaan masyarakat untuk mendapatkan bahan-bahan nabati

Kami percaya makanan yang bergizi memiliki lebih banyak variasi, makanan musiman, lebih sedikit daging merah dan lebih banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan dan gandum, minyak yang lebih sehat dan makanan nabati.

Produk makanan dan minuman kami membantu jutaan orang untuk mendapatkan akses ke bahan-bahan yang bernutrisi setiap hari. Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia menikmati produk minuman dan makanan nabati dari brand kami, seperti teh Sariwangi, jus Buavita, dan juga kecap manis legendaris kami Bango.

Kami berkomitmen untuk memperluas portofolio produk nabati kami untuk menanggapi permintaan konsumen akan makanan yang fleksibel. Dengan mempromosikan alternatif nabati dan berkomitmen untuk mencari 100% bahan baku pertanian kami secara berkelanjutan, kami akan mengurangi dampak lingkungan dan memberikan lebih banyak pilihan.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami