Prakarsa di Bidang Kesehatan

Program Sekolah Sehat

"Program berbasis sekolah menjadi pendekatan bagi berbagai brand Unilever dalam upaya meraih lebih dari 1 miliar orang yang dapat memperbaiki keadaan kesehatan dan kebersihan diri pada 2020. Program Sekolah Sehat Tujuan program ini adalah untuk membangun generasi yang aktif dan cerdas melalui promosi dan peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS), sehingga peserta didik dapat belajar lebih baik dan meraih prestasi yang cemerlang. Kampanye 7 Pembiasaan Hidup Sehat menekankan pada pentingnya menjaga perilaku hidup bersih sehat yang sekaligus merupakan pesan utama dari Unilever bagi generasi muda. Pada tahun 2017, kami memperdalam Kebiasaan-7 untuk mencegah Demam Berdarah Dengue dengan gerakan 3M. Unilever Indonesia melalui Yayasan Unilever Indonesia melibatkan pihak-pihak terkait baik di tingkat nasional maupun daerah untuk menjadi mitra pelaksanaan kegiatan ini, terutama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami juga melibatkan interest group Program WASH seperti TP UKS, AMPL, APOKSI, dan lembaga-lembaga terkait lainnya serta didukung LSM lokal sebagai mitra pelaksana."

Program Ibu dan Balita

Unilever berusaha meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak balita melalui promosi perilaku hidup bersih dan sehat kepada para ibu sebagai agen perubahan dalam keluarga melalui komunitas ibu. Kegiatan ini diinisiasi oleh brand Lifebuoy, bekerja sama dengan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui pemberdayaan pelatihan bagi kader PKK dan edukasi peer-to-peer dari kader kepada ibu di Posyandu yang meliputi edukasi cuci tangan pakai sabun terutama kepada ibu-ibu yang memiliki anak usia di bawah 5 tahun (balita). Pada tahun 2017, kegiatan ini dikembangkan lebih terintegrasi dengan pengayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui kampanye 7 Pembiasaan. Pada 2017 Program untuk Ibu dan Balita telah menjangkau sekitar 150 ribu orang ibu di 10 kota.

Program Pasar Sehat Berdaya

Selain sebagai pusat kegiatan ekonomi penting bagi masyarakat dimana penjual dan pembeli bertemu, pasar tradisional juga mempunyai arti penting bagi Unilever sebagai salah satu cara untuk mendistribusikan produk. Berbeda dengan pasar ritel modern, pasar tradisional masih menghadapi kondisi kebersihan dan kesehatan yang kurang baik sehingga mengurangi kenyamanan pengunjungnya. Pada tahun 2017, kami bekerja sama dengan 5 LSM lokal, pemangku kepentingan pasar tradisional, dinas kesehatan dan para kader Posyandu di sekitar pasar untuk melaksanakan program Pasar Sehat Berdaya. Melalui program ini, kami bersama-sama berupaya mentransformasikan pasar yang tadinya kumuh, menjadi lebih nyaman dan sehat dengan cara mengubah perilaku orang di pasar, perbaikan fasilitas sanitasi dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya. Melalui inisiatif ini pula, Unilever mendukung dan mendorong 443 pedagang dari 27 pasar tradisional untuk melakukan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat di pasar guna mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kenyamanan pasar yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan kepada para pedagang pasar.

Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami