1. Home
  2. ...
  3. Strategi kami untuk pertumbuhan yang berkelanjutan
  4. Tentang strategi kami

Tentang strategi kami

Kami percaya bahwa pertumbuhan yang adil dan berkelanjutan adalah satu-satunya cara untuk menciptakan nilai jangka panjang untuk para pemangku kepentingan kami. Itulah mengapa kami memprioritaskan Unilever Sustainable Living Plan dalam model bisnis kami.

Perempuan mengambil air dari pusat air Sunlight

Digerakkan oleh tujuan & visi kami

Kami memiliki tujuan yang jelas – memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan - dan visi untuk mengembangkan bisnis seraya mengurangi jejak lingkungan yang ditimbulkan dari pertumbuhan bisnis kami serta meningkatkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan kehidupan berkelanjutan?

Kami ingin membantu menciptakan dunia yang memungkinkan semua orang untuk bisa hidup dengan baik. Kami menempatkan kehidupan berkelanjutan sebagai fokus dari semua yang kami lakukan, termasuk melalui brand dan produk kami, standar perilaku kami di dalam dan di luar Unilever, serta kemitraan kami yang mendorong perubahan transformasional di seluruh rantai nilai kami.

Apapun tantangan yang ada didunia, tujuan dan visi Unilever tidak akan berubah. Kami percaya bahwa upaya berklanjutan kami adalah cara terbaik bagi kami untuk terus tumbuh. Cari tahu selengkapnya tentang cara kami menciptakan nilai (bahasa Inggris) (PDF | 433KB).

Cetak biru kami untuk pertumbuhan yang berkelanjutan

Unilever Sustainable Living Plan (USLP) memberikan detail cetak biru tentang bagaimana kami akan meraih pertumbuhan berkelanjutan, sekaligus memenuhi tujuan dan visi kami. Program ini mencakup semua aspek bisnis kami; brand kami, departemen kami di setiap negara tempat kami bekerja. Program ini bertujuan untuk menciptakan perubahan di seluruh rantai nilai kami - mulai dari operasi, hingga pembelian bahan baku serta sampai bagaimana konsumen menggunakan produk-produk kami. Dan program ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan yang menguntungkan melalui inovasi, cara berbisnis yang baik dan bertanggung jawab, sehingga semua pemangku kepentingan kami mendapat manfaatnya.

Unilever Sustainable Living Plan, yang diluncurkan pada tahun 2010, didasarkan pada tiga tujuan besar dan sembilan pilar. Untuk memeriksa apakah tujuan dan pilar ini masih merupakan prioritas yang tepat, kami melakukan analisis materialitas setiap dua tahun sekali. Untuk setiap tujuan, kami memiliki target dan metrik terperinci. Cari tahu selengkapnya tentang kinerja kami pada halaman pilar yang relevan.

Meningkatkan kesehatanMengurangi dampak lingkunganMeningkatkan penghidupan

Sasaran: Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang untuk mengambil tindakan guna meningkatkan kesehatan, kebersihan dan nutrisi mereka.


Pilar:
Kesehatan & kebersihan
Meningkatkan nutrisi

Sasaran:Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya sambil tetap mengembangkan bisnis.


Pilar:
Gas rumah kaca
Penggunaan air
Limbah & kemasan
Pembelian bahan baku berkelanjutan

Sasaran: Pada 2020, kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.


Pilar:
Keadilan di tempat kerja
Peluang bagi perempuan
Bisnis inklusif

Kami meyakini bahwa pertumbuhan dan keberlanjutan tidaklah bertentangan – dan kami bisa membuktikannya. Empat aspek dibawah ini menunjukkan bagaimana USLP memberikan manfaat bagi bisnis kami:

  • Pertumbuhan lebih tinggi: keberlanjutan menciptakan peluang inovasi, membuka pasar baru, dan memungkinkan brand kami untuk menjalin hubungan dengan konsumen dengan cara baru. Penelitian menemukan bahwa lebih dari 50% konsumen ingin memilih brand yang berkelanjutan – brand kami memiliki posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan ini.
  • Biaya lebih rendah: dengan memangkas limbah dan menggunakan sumber daya secara cemat, kami menciptakan efisiensi, menghemat biaya, dan meningkatkan margin, sekaligus menekan risiko akibat ketidakstabilan harga sumber daya. Misalnya, dengan menggunakan lebih sedikit energi, secara global kami berhasil mengurangi biaya energi di pabrik kami lebih dari €490 juta sejak tahun 2008. Dan dengan menggunakan lebih sedikit bahan dan menghasilkan lebih sedikit limbah, kami mengurangi biaya lebih dari €260 juta selama jangka waktu yang sama.
  • Risiko lebih rendah: beroperasi secara berkelanjutan membantu kami mengamankan rantai pasokan di masa depan dari risiko yang terkait dengan perubahan iklim dan pengadaan bahan baku jangka panjang. Pada tahun 2017, 56% bahan baku pertanian kami secara global diperoleh dari sumber yang berkelanjutan.
  • Lebih dipercaya: menempatkan prinsip keberlanjutan di inti model bisnis kami memperkuat hubungan kami. Hal ini membantu kami mempertahankan nilai dan relevansi kami di mata konsumen dan juga menginspirasi karyawan kami. Sebagai contoh, pada 2017, kami mempertahankan status kami sebagai Graduate Employer of Choice di sektor fast-moving consumer goods di 44 dari 60 negara tempat kami melakukan perekrutan.

Perubahan transformasional di luar bisnis kami

Kami sadar bahwa tantangan terbesar yang dihadapi dunia tidak dapat ditangani hanya oleh satu perusahaan. Kami mengubah diri kami sebagai sebuah perusahaan, tetapi kami pun berupaya untuk membantu transformasi sistem tempat bisnis dilakukan. Kami akan melakukannya dengan bertindak sebagai katalisator perubahan secara lebih luas – sebagai penyelenggara untuk memfasilitasi diskusi progresif dan menyatukan orang lain, dan sebagai kolaborator yang bekerja sama untuk memberikan dampak bisnis, sosial, dan lingkungan yang positif dalam skala besar.

Dengan menjadi bagian dari solusi terhadap tantangan, bisnis memiliki peluang untuk memenangkan kepercayaan konsumen sekaligus membantu menciptakan masyarakat dan ekonomi yang memungkinkan mereka untuk dapat tumbuh dan sukses.

Kami ingin menggunakan skala dan pengaruh kami untuk membantu mewujudkan perubahan transformasional dalam empat bidang, tempat kami dapat membuat perbedaan terbesar dan yang mewakili peluang pasar terbesar bagi kami:

Pendekatan dengan berbagai pihak memungkinkan kami untuk dapat memahami tantangan yang menghambat masyarakat dan ekosistem kami untuk berkembang, dan membantu kami untuk menemukan cara bagaimana mengatasinya. Kami melibatkan berbagai pihak, seperti pemegang saham, pemerintah, LSM, dan organisasi masyarakat sipil, dan membentuk prospek bisnis melalui advokasi. Dengan memanfaatkan kemitraan, pembiayaan terpadu (publik/swasta), model bisnis digital dan baru, kami percaya perubahan transformasional akan terwujud.

Rencana Kami dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Salah satu cara kami untuk mewujudkan perubahan dalam skala besar adalah dengan melakukan kemitraan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG). Tujuan-tujuan ini sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan bisnis di masa depan. Business & Sustainable Development Commission yang didirikan bersama dengan Unilever, telah menyimpulkan bahwa keberhasilan penyampaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutanakan menciptakan peluang pasar sebesar setidaknya $12 triliun setahun.

Kami bekerja untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui program USLP kami. Dalam mencapai tujuan tersebut, kami membuka pasar baru dan berinvestasi dalam brand yang memiliki tujuan dan inovasi. Kemajuan sebuah tujuan akan tergantung juga dengan pencapaian tujuan lainnya. Cari tahu tentang pendekatan kami terhadap SDG dan bagaimana kami mengambil tindakan terhadap SDG, di seluruh Laporan Kehidupan Berkelanjutan global dan Laporan Keberlanjutan Indonesia dan Laporan USLP Indonesia (PDF | 808KB).

Kami masih belajar

Kami telah meraih beberapa hasil luar biasa dari Sustainable Living Plan. Kami tahu bahwa program itu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis karena kami melihat konsumen memilih brand kami yang memiliki tujuan atau purpose – seperti Hellmann’s, Ben & Jerry’s, Dove, dan Omo.

Kami juga belajar banyak tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta akan senantiasa membuat perubahan untuk meraih hal yang tepat. Salah satu tantangan terbesar kami adalah kemampuan kami untuk memengaruhi perubahan di luar bisnis kami, yang tidak bisa kami kendalikan secara langsung.

Sebagai contoh, kami membuat kemajuan yang baik dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dari pabrik kami dan mencapai target 2020 kami pada tahun 2017. Akan tetapi, dampak GRK dari produk kami per penggunaan konsumen naik 9% sejak tahun 2010. Melihat fakta tersebut, kami mengambil langkah untuk memperbarui strategi GRK. Demikian pula, meskipun kami telah mengurangi penggunaan air sebesar 2% melalui inovasi seperti produk detergen yang hanya memerlukan sedikit bilas, hal ini berhasil mengimbangi pertumbuhan produk kami yang menggunakan air yang lebih banyak.

Kami senantiasa mencari ide-ide dan cara-cara baru untuk memengaruhi rantai nilai kami yang lebih luas. Kami tahu bahwa kolaborasi dengan pihak lain merupakan kunci untuk mengatasi banyak tantangan keberlanjutan dan kami akan lebih berfokus pada hal ini pada tahun-tahun mendatang. Prakarsa perubahan transformasional kami akan membantu menciptakan perubahan sistem yang diperlukan guna mengatasi beberapa persoalan sosial dan lingkungan yang paling kompleks.

Karyawan yang memiliki tujuan atau purpose

Untuk mencapai perubahan nyata, kami harus membuat gerakan untuk pertumbuhan berkelanjutan di dalam Unilever. Kami selalu menemukan cara baru untuk melibatkan karyawan kami dalam hal keberlanjutan. Kami juga menumbuhkan semangat karyawan kami untuk bersama-sama menggapai tujuan kami. Salah satu fokus utama kami adalah membantu karyawan kami menemukan ‘tujuan” atau purpose mereka sendiri sehingga mereka dapat mewujudkan potensi mereka.

Menjadikan keberlanjutan sebagai hal yang bisa diterapkan dalam keseharian adalah salah satu dari enam keterampilan bisnis utama yang dibahas dalam program pembelajaran kami dengan karyawan kami. Kami mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam pelatihan yang ada dan membuat kursus khusus untuk mengembangkan kemampuan karyawan dan memahami bagaimana peran mereka sangat dibutuhkan untuk menciptakan keberlanjutan.

Dengan adanya karyawan yang bisa menjadi contoh dalam menerapkan keberlanjutan di dalam setiap kelompok, departemen, dan negara akan mampu membantu mengidentifikasi prioritas lokal dan meninjau kemajuan setiap triwulan terhadap target kami. Selama tahun 2017, kami mengadakan survei ‘Kemukakan Pendapat Anda’ – survei kepada karyawan tentang bagaimana Unilever bisa menciptakan perubahan dimasa depan.

Pemimpin yang memiliki tujuan atau purpose

Kepemimpinan akan menjadi hal penting dalam mewujudkan tujuan Unilever dan dalam kinerja kami selama beberapa tahun mendatang. Program kepemimpinan kami akan menghasilkan pemimpin yang didorong oleh tujuan dan dipimpin oleh nilai yang dibutuhkan Unilever dan dunia saat ini.

Tim Munden, Chief Learning Officer

Sebagai organisasi yang dipimpin oleh nilai dan didorong oleh tujuan, kami telah menggunakan Unilever Leadership Development Programme (ULDP) sebagai wahana untuk membantu para eksekutif kami menemukan tujuan mereka, dan untuk menggunakan program ini untuk membimbing keputusan dan karier mereka.

Program Manajer Umum (GM) kami yang baru-baru ini diperbarui membantu para GM kami untuk memiliki pola pikir untuk mengembangkan model bisnis inovatif, berkelanjutan, dan inklusif untuk mencapai pertumbuhan yang bertanggung jawab. GM memainkan peran utama dalam menciptakan kondisi yang tepat untuk mewujudkan USLP karena mereka mengawasi pasar dan operasi komersial kami.

Selain itu, kami sekarang mengaitkan kemajuan dalam hal keberlanjutan dengan remunerasi untuk sejumlah karyawan manajemen yang terus meningkat, hingga dan termasuk CEO dan Eksekutif Kepemimpinan Unilever. Cari tahu selengkapnya di Laporan Tahunan global kami dan Laporan Tahunan Indonesia.

Pengakuan eksternal

Kami senang pendekatan kami terhadap keberlanjutan telah diakui oleh pihak lain pada tahun 2017, termasuk:

  • Dow Jones Sustainability Index (DJSI) – Unilever terpilih sebagai pemimpin sektor produk pribadi.
  • CDP – Unilever termasuk dalam daftar ‘A’ dalam laporan iklim, air, hutan, dan keterlibatan pemasok CDP.
  • Survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan/SustainAbility – kami mempertahankan peringkat teratas kami selama tujuh tahun berturut-turut.
Back to top

BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kami selalu mencari cara untuk berhubungan dengan mereka yang memiliki minat yang sama terhadap masa depan yang berkelanjutan.

KONTAK KAMI

Berhubungan dengan Unilever dan tim spesialis atau menemukan kontak di seluruh dunia.

Kontak Kami