Mengenai strategi kami

Kami memiliki tujuan yang sederhana tetapi jelas – memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan.

Strategi bisnis kami

Seorang perempuan mengambil air dari pusat air Sunlight

Kami menyebut dokumen strategi bisnis kami sebagai 'Compass' karena strategi ini menetapkan jalan yang akan dilalui Unilever dalam jangka panjang. Pertama kali dikembangkan pada 2009, strategi ini dipertajam pada 2015 dengan elemen-elemen inti yang tetap sama. Compass memaparkan Tujuan istimewa kami, yakni memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan dan Visi kami, yaitu mengembangkan bisnis kami sekaligus mengurangi jejak lingkungan yang diakibatkan oleh pertumbuhan tersebut dan meningkatkan dampak positif kami terhadap masyarakat.

Memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan

Kami tengah mengembangkan praktik bisnis baru yang menumbuhkan perusahaan dan masyarakat kita, memenuhi keinginan konsumen yang semakin besar akan produk yang lebih berkelanjutan, serta mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi semua orang. Kami turut membangun dunia tempat setiap orang hidup dengan baik dan dalam batas-batas alam bumi ini:

  • Brand-brand yang menawarkan gizi seimbang, kebersihan dan kepercayaan diri yang bersumber dari pakaian yang bersih, rambut yang bersih, dan kulit yang sehat.
  • Produk yang dipasok secara berkelanjutan dan digunakan dengan cara yang melindungi sumber daya alam planet bumi.
  • Penghormatan terhadap hak-hak orang dan masyarakat yang bekerja sama dengan kami di seluruh dunia.

Kami tengah memanfaatkan jangkauan kami yang mendunia untuk melibatkan konsumen melalui brightFuture, prakarsa global kami, guna memotivasi jutaan orang untuk hidup secara berkelanjutan dengan mengambil tindakan kecil setiap hari yang mendatangkan perubahan besar bagi dunia.

Kami menjumpai bahwa pendekatan ini bersumbangsih bagi kesuksesan bisnis kami. Pada 2015, brand-brand Kehidupan Berkelanjutan kami bertumbuh lebih cepat dibanding pada tahun 2014. Brand-brand itu juga menyumbangkan hampir separuh pertumbuhan kami dan berkembang jauh lebih cepat - bahkan 30% lebih cepat - daripada keseluruhan bisnis lainnya.

Unilever Sustainable Living Plan

Kami bertujuan untuk mencapai ambisi sosial dan lingkungan kami melalui Unilever Sustainable Living Plan, yang membantu mengidentifikasi bidang-bidang peluang untuk pertumbuhan yang digerakkan oleh brand, penghematan biaya, dan keuntungan di masa depan. Diluncurkan tahun 2010, Unilever Sustainable Living Plan merupakan cetak biru kami untuk pertumbuhan berkelanjutan. Hal ini adalah respons strategis kami terhadap tantangan yang kami hadapi dalam menjalankan bisnis di dunia yang tidak pasti dan selalu berubah. Program ini membantu mendorong pertumbuhan yang menguntungkan bagi brand-brand kami, menghemat biaya, dan menggiatkan inovasi.

Program kami menetapkan tiga tujuan besar:

  • Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan: Pada tahun 2020, kami akan membantu lebih dari satu miliar orang untuk mengambil tindakan demi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.
  • Mengurangi Dampak Lingkungan: Pada tahun 2030, sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya sambil tetap mengembangkan bisnis.*
  • Meningkatkan Penghidupan: Pada 2020 kami akan meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnis kami.

Yang mendasari tujuan-tujuan ini adalah sembilan komitmen yang didukung oleh target-target yang mencakup kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi kami. Untuk masing-masing target, kami telah menetapkan teknik pengukuran yang objektif, termasuk estimasi dan asumsi yang tepat.

Unilever Sustainable Living Plan akan membantu kami mengembangkan bisnis sekaligus mengurangi jejak lingkungan yang diakibatkan oleh pertumbuhan tersebut dan meningkatkan dampak yang positif terhadap masyarakat.

Program ini istimewa

Pembeda dalam model bisnis kami adalah Unilever Sustainable Living Plan dan Tujuan kami untuk memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan. Program ini membantu mendorong pertumbuhan yang menguntungkan, menghemat biaya, dan menggiatkan inovasi. Program kami istimewa dalam tiga hal:

  • Program ini mencakup seluruh portofolio brand kami dan semua negara tempat kami menjual produk kami.
  • Program ini memiliki dimensi sosial dan ekonomi – produk kami membawa perubahan bagi kesehatan dan kesejahteraan dan bisnis kami menopang penghidupan banyak orang.
  • Dalam hal lingkungan, kami berupaya di seluruh rantai nilai kami – mulai pengadaan bahan baku untuk pabrik kami hingga cara konsumen menggunakan produk kami.

Perubahan transformasional

Melalui Unilever Sustainable Living Plan, kami telah menetapkan ambisi yang berani untuk mencapai perubahan di dalam perusahaan – melalui brand, inovasi, pengadaan, dan operasi kami. Namun kami hanyalah satu di antara banyak perusahaan, dan dibutuhkan perubahan untuk mengatasi isu-isu utama sosial, lingkungan, dan ekonomi dunia yang besar dan mendesak.

Sesungguhnya yang diperlukan adalah perubahan terhadap sistem yang lebih besar dan melingkupi kita – baik itu dalam hal pangan, energi, atau kesehatan.

Maka dari itu, di Unilever kami telah bertekad untuk melakukan perubahan transformasional terhadap isu-isu besar yang paling penting bagi bisnis kami dan bagi dunia. Kami sedang memperdalam upaya kami di tiga bidang tempat kami memiliki skala, pengaruh, dan sumber daya untuk menciptakan ‘perubahan transformasional’. Ini berarti perubahan fundamental terhadap seluruh sistem, tidak sekadar peningkatan kecil. Bidang-bidang tersebut antara lain:

  • Memberantas penggundulan hutan dari rantai pasokan komoditas pada tahun 2020, membantu memerangi ancaman perubahan iklim.
  • Memasyarakatkan pertanian yang berkelanjutan, dan dengan demikian meningkatkan hasil pangan dan penghidupan petani kecil.
  • Mengupayakan akses di seluruh dunia terhadap air yang aman untuk diminum, sanitasi, dan kebersihan.

Dalam ketiga bidang ini, peran perempuan sangatlah penting. Pemberdayaan perempuan sangat dibutuhkan untuk memberantas kemiskinan dan mempercepat pembangunan global. Tak lantas puas dengan apa yang dapat kami capai dalam operasi kami sendiri dan bersama para pemasok, kami juga meningkatkan keterlibatan kami melalui kerja sama dengan pemerintah, LSM, dan pihak-pihak lain di industri kami untuk menangani masalah-masalah ini. Dengan bekerja sama, kami yakin perubahan mendasar tadi dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Tantangan masa depan

Ketika meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan pada tahun 2010, kami tahu bahwa akan ada banyak tantangan dan ketidakpastian yang perlu ditangani. Semenjak itu kami telah mengadakan kemajuan yang baik, khususnya di bidang-bidang yang berada di bawah kendali langsung kami. Kami sekarang memiliki bukti yang baik bahwa ambisi kami untuk memasyarakatkan kehidupan yang berkelanjutan membantu mendorong pertumbuhan bisnis.

Akan tetapi, tantangan yang besar masih tetap ada, terutama di bidang-bidang di luar operasi kami sendiri, untuk mengurangi dampak rantai nilai kami terhadap lingkungan. Meskipun kami terus membuat kemajuan yang baik dengan mengurangi penggunaan air, limbah, dan emisi gas rumah kaca di pabrik-pabrik kami, dampak gas rumah kaca (GRK) dari produk kami per penggunaan konsumen terus naik tipis dan meningkat sebesar 6% sejak tahun 2010. Dampak terhadap air selama penggunaan konsumen ketika mereka mandi di bawah pancuran air, berendam, atau membersihkan diri dengan produk kami, menyumbang sebagian besar penggunaan air dalam rantai nilai kami, yang hanya berkurang sekitar 1% sejak tahun 2010.

Semenjak kami meluncurkan Program ini pada tahun 2010, kami telah mengetahui di tingkatan mana kami dapat dan tidak dapat mengadakan perubahan sendirian, dan di tingkatan mana dibutuhkan perubahan sistem yang lebih luas. Sebagai hasilnya, kami mempertajam strategi GRK dan strategi air internal kami. Kami tetap berkomitmen untuk menggunakan pendekatan rantai nilai yang utuh dalam mengurangi dampak terhadap lingkungan karena inilah yang paling berarti dan mencerminkan dampak sesungguhnya dari bisnis kami.

Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG) PBB dan Perjanjian Paris di Konferensi Iklim PBB (COP21) pada tahun 2015 menetapkan tekad bersama untuk memberantas kemiskinan dan mencegah dampak perubahan iklim. Hal ini telah mengobarkan gerakan sektor swasta yang bertindak untuk mendukung kesepakatan global yang ambisius ini. Unilever Sustainable Living Plan kami, brand-brand kehidupan berkelanjutan, dan agenda perubahan nyata ini adalah cara kami untuk mencapai tujuan menyeluruh, yakni dunia 'tanpa kemiskinan dan tanpa karbon'.

Penghargaan Eksternal

Selama 15 dari 16 tahun terakhir, Unilever telah memimpin grup industri Makanan, Minuman, dan Tembakau dalam Dow Jones Sustainability Index (DJSI). Pada 2015, kami digelari Industry Group Leader dengan skor 92 dari 100 serta dianugerahi tanda kehormatan Gold Class atas kinerja keberlanjutan kami oleh RobecoSAM dalam Sustainability Yearbook 2016 mereka.

Pada 2015, Unilever mempertahankan peringkat teratasnya dalam survei Sustainability Leaders dari GlobeScan/SustainAbility selama enam tahun berturut-turut.

Pada 2015, Unilever menjadi salah satu dari 113 perusahaan global yang dianugerahi nilai 'A' untuk kinerja iklim dalam ‘The A List: The CDP Climate Performance Leadership Index Report 2015,’ yang disusun oleh LSM internasional CDP (dengan nama resmi Carbon Disclosure Project). Unilever memperoleh poin Pengungkapan tertinggi - 100 dari 100 - naik 15 poin dari skor tahun 2013 dan satu poin dari skor tahun 2014 kami.

* Pada 2016, kami memperpanjang masa komitmen pilar GRK kami dari 2020 menjadi 2030. Perpanjangan dari 2020 ke 2030 ini juga berlaku pada Target Besar Mengurangi Dampak Terhadap Lingkungan, yaitu mengurangi jejak lingkungan dari pembuatan dan penggunaan produk kami hingga separuhnya sambil tetap mengembangkan bisnis. Komitmen pilar Air dan Limbah kami tetap pada tahun 2020.

Dijamin secara independen oleh PwC

Back to top