Unilever Sustainable Living Plan untuk

Pergi ke

Penggunaan air

Kelangkaan air yang semakin parah merupakan risiko yang sangat besar terhadap pertumbuhan masa depan kami – serta peluang bisnis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik.

Seorang wanita mencuci baju dengan sekali bilas

2,8 miliar orang di seluruh dunia hidup di daerah yang kekurangan air. Angka ini diperkirakan akan meningkat hingga 4 miliar pada tahun 2025. Diperkirakan jumlahnya setara dengan separuh populasi dunia.

Pada saat yang sama, permintaan air oleh konsumen meningkat dua kali lipat sejak tahun 1950. Pada tahun 2030, angka ini diperkirakan akan naik dua kali lipat lagi. Pengaruhnya pada kondisi ketahanan pangan, kesehatan, dan kondisi hidup begitu besar. Kami memfokuskan keahlian dan sumber daya pada pengembangan produk, perangkat, dan layanan yang memenuhi kebutuhan air rumah tangga konsumen kami di negara yang mengalami kelangkaan air. Kami bekerja sama dengan pemasok untuk mengurangi penggunaan air dalam bercocok tanam di negara-negara tersebut. Kami juga mengurangi penggunaan air di pabrik kami di seluruh dunia.

Target & kinerja

Kami menetapkan target yang ambisius untuk mengurangi air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hingga separuhnya di negara yang mengalami kelangkaan air.

AIR

Komitmen Kami

Mengurangi hingga separuhnya air yang berkaitan dengan penggunaan produk kami oleh konsumen pada tahun 2020.1

KINERJA KAMI

Pada tahun 2015, dampak air kami per penggunaan konsumen telah menurun sekitar 1% sejak tahun 2010.

PERSPEKTIF KAMI

Kami telah mencapai penurunan yang signifikan pada penggunaan air dalam produksi. Namun, dampak terbesar berasal dari air yang digunakan oleh konsumen ketika mereka mandi di bawah pancuran air, berendam, dan membersihkan diri dengan produk kami. Pada tahun 2015, air yang terkait dengan penggunaan produk kami oleh konsumen hanya berkurang sekitar 1%dibandingkan dengan tahun 2010.

Kami telah menorehkan beberapa kemajuan dengan merancang dan meluncurkan produk yang membutuhkan sedikit air, misalnya pelembut pakaian Molto Sekali Bilas dan kondisioner Sunsilk leave-on.

Menjelang akhir tahun 2015, kami mengumumkan kemitraan antara brand Dove dan Delta Faucet Company di A.S. yang bertujuan mengurangi penggunaan air oleh konsumen selama mandi tanpa mengorbankan pengalaman mandi di bawah pancuran. Kami bersama-sama meluncurkan pancuran yang menghemat lebih banyak air, Delta Hydrafall™, yang jika digunakan dengan Dove Deep Moisture Body Wash akan menghadirkan pengalaman yang menutrisi kulit dan menghemat penggunaan air dibandingkan dengan menggunakan pancuran standar. Kami juga terus merintis Sunlight Water Centre di Nigeria dan membuka lima tempat lagi di tahun 2015.

Selama lima tahun terakhir, kami belajar lebih banyak mengenai kebutuhan masyarakat dalam situasi langka air – karenanya, kami mengasah strategi internal kami. Kami akan menyempurnakan komitmen terhadap pilar air dalam Program kami, sehingga hal ini akan lebih sesuai dengan ambisi Sustainable Development Goals (SDG), khususnya SDG 6 yang terkait dengan air bersih dan sanitasi.

Sebagai hasil dari strategi yang dihidupkan kembali, dua target (pada produk yang mudah dibilas serta penggunaan air dalam produk pembersih kulit dan pencuci rambut) tidak lagi termasuk dalam Program kami. Hal ini bertujuan menghindari pengulangan ketika kami berniat mengarahkan tindakan ini menuju komitmen yang baru. Kami akan mempercepat upaya pengembangan produk yang hemat air dan memenuhi kebutuhan konsumen perkotaan di negara-negara berkembang yang langka air. Kami percaya bahwa kelompok ini termasuk yang paling tidak mendapatkan layanan – dan paling sejalan dengan prioritas pertumbuhan bisnis kami.

1 Target lingkungan kami dinyatakan berdasarkan data awal tahun 2010, dihitung ulang pada Desember 2015, dan berdasarkan 'per penggunaan konsumen'. Ini berarti penggunaan, porsi atau penyajian produk tunggal. Kami melaporkan lima subkategori penggunaan air (Binatu, Perawatan Rambut, Perawatan Mulut, Pembersih Kulit, dan Perawatan Rumah Tangga) di tujuh negara yang mengalami kelangkaan air: Tiongkok, India, Indonesia, Meksiko, Afrika Selatan, Turki, dan A.S.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

  • Tercapai: 1
  • Sesuai rencana: 3
  • Tidak sesuai rencana: 1
  • %% target tidak tercapai: 0

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen (EN) untuk perincian lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

MENGURANGI TINGKAT ABSTRAKSI AIR OLEH TEMPAT-TEMPAT PRODUKSI

  • Sampai tahun 2020, tingkat abstraksi air oleh jaringan global pabrik kami akan setingkat dengan atau di bawah abstraksi tahun 2008, meskipun volumenya jauh lebih besar.

Ini menggambarkan pengurangan sekitar 40% per ton produksi. Dibandingkan dengan data awal tahun 1995, hal ini menunjukkan pengurangan sebesar 78% per ton produksi dan 65% pengurangan absolut.

Dibandingkan dengan data awal tahun 1995, hal ini menunjukkan pengurangan sebesar 78% per ton produksi dan 65% pengurangan absolut.

Kami akan berfokus terutama pada pabrik di lokasi yang langka air.

  • Semua pabrik yang baru dibangun dirancang untuk mengabstraksi kurang dari setengah angka abstraksi pada data awal di tahun 2008.

Abstraksi air pada tahun 2015 turun hingga

19 juta meter kubik dibandingkan tahun 2008 (pengurangan 37%per ton produksi). 

Dibandingkan dengan tahun 1995, hal ini merupakan penurunan 77% secara absolut.

Pabrik baru di A.S.,Tiongkok, Afrika Selatan, Brasil, dan Indonesia memulai produksi pada tahun 2015. Jika sudah beroperasi penuh, masing-masing menargetkan penurunan tingkat abstraksi air sebanyak separuh dari pabrik-pabrik pada data awal 2008 representatif.

PERSPEKTIF KAMI

Kami telah mengurangi tingkat abstraksi volume total air yang digunakan dalam produksi sebesar lebih dari tiga perempatnya sejak tahun 1995.

Pada tahun 2015, kami mencapai penurunan sebesar 37% per ton produksi dibandingkan dengan tahun 2008. Kami mencapai hal ini meskipun volume produksi kami bertumbuh sejak tahun 2008. Penurunan ini setara dengan sekitar 2,5 liter air untuk setiap orang di planet ini.

Kemajuan kami didorong oleh prakarsa perbaikan yang berkelanjutan untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang air di semua lokasi. Kami melakukan hal ini dengan menggabungkan teknik dan perilaku yang murah dan tanpa biaya, serta program investasi barang modal khusus air.

Selain target jangka panjang untuk mengurangi abstraksi air total, kami juga mencanangkan perluasan target dari tahun ke tahun yang menjaga kami di jalur yang dibutuhkan untuk mencapai target 2020.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC

MENGURANGI PENGGUNAAN AIR DALAM PROSES MENCUCI

Kami akan mengurangi air yang dibutuhkan dalam proses mencuci dengan cara:

  • Menyediakan produk pencuci pakaian yang memberikan hasil sangat baik, namun menggunakan lebih sedikit air untuk 50 juta rumah tangga di negara yang mengalami kelangkaan air pada tahun 2020.

Pada tahun 2015, produk Sekali Bilas digunakan dalam 4,9 miliar pencucian di 50 juta rumah tangga di seluruh dunia.

PERSPEKTIF KAMI

Molto Sekali Bilas mempertahankan posisi terdepan di sejumlah pasar: misalnya, pada tahun 2015, produk ini menyumbang 43% pasar pelembut pakaian di Vietnam, dan melejit hingga menguasai seperempat pasar di Indonesia.

Ketika Brazil mengalami kekeringan yang tidak pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2015, kami memanfaatkan pemahaman mengenai kebiasaan konsumen guna meningkatkan kesadaran terhadap air yang terbuang sia-sia karena membilas lebih dari satu kali melalui kampanye media sosial #Cukup1kaliBilas. Kami memperkirakan hal ini membantu Brazil menghemat 229 miliar liter air per tahun. Dan penjualan pokok detergen Omo naik 15% selama periode kampanye, membantu brand ini menumbuhkan tingkat pasar hampir dua kali lipat. Ini membantu kami mencapai target 50 juta rumah tangga lebih cepat.

Kami juga memiliki jalur pengembangan yang kuat terkait dengan inovasi penghematan air di masa mendatang. Hal ini memberi keyakinan bahwa kami akan terus membuat kemajuan dalam tahun-tahun mendatang.

MENGURANGI PENGGUNAAN AIR DALAM PERTANIAN

  • Kami akan mengembangkan rencana komprehensif dengan para pemasok dan rekanan untuk mengurangi air yang digunakan untuk tanaman di negara yang mengalami krisis air.

Pada tahun 2015, analisis data dari penilaian mandiri pemasok menunjukkan bahwa pemasok tomat Unilever di lima wilayah pengadaan memiliki jejak lingkungan air per ton yang lebih rendah dibandingkan dengan data awal regional yang dihitung oleh Water Footprint Network (WFN).

PERSPEKTIF KAMI

Sistem perangkat lunak penilaian mandiri pemasok kami telah beroperasi sejak tahun 2011. Analisis ketiga dari data yang dikumpulkan melalui sistem ini pada tahun 2015 menunjukkan penurunan yang berkelanjutan dalam penggunaan air irigasi per ton tanaman tumbuh.

Kami mempelajari data pada tomat California dan membandingkannya dengan nilai prediksi dari Water Footprint Network. Tingkat abstraksi sebenarnya yang dilaporkan di California adalah 20m3per ton lebih sedikit dari yang diperkirakan meskipun menggunakan perkiraan konservatif. Hal ini menunjukkan bahwa pemasok kami di wilayah ini sangat efisien dan hasil tersebut mendukung laporan di lapangan.

Dengan penjualan bisnis saus pasta kami di Amerika Serikat pada tahun 2015, volume tomat yang kami beli di California telah menurun, dan dengan demikian kontribusi tomat dalam jejak lingkungan air kami secara keseluruhan juga menurun.

Key

  • Tercapai
  • Sesuai rencana
  • Tidak sesuai rencana
  • target tidak tercapai
Back to top