Unilever Sustainable Living Plan untuk

Pergi ke

Kesehatan & kebersihan

Minimnya air minum yang aman dikonsumsi serta sanitasi dan kebersihan yang buruk menyebabkan jutaan kematian yang sebetulnya dapat dicegah, terutama di kalangan anak-anak.

Seorang anak perempuan mencuci tangan menggunakan Lifebuoy

World Health Organization memperkirakan bahwa penanganan atas masalah-masalah yang saling terhubung ini dapat mencegah sekurang-kurangnya 9% penyakit global dan 6% kematian.1 Bukti menunjukkan bahwa individu akan lebih sehat dan lebih bahagia, serta masyarakat akan lebih produktif, jika mereka memiliki lebih banyak akses ke air, sanitasi, dan kebersihan. Menambah akses ke hal-hal sederhana ini sangatlah penting untuk mengangkat mereka dari jurang kemiskinan.

Brand-brand kesehatan dan kebersihan kami, yaitu Lifebuoy, Domestos, Pureit, Qinyuan, dan Signal, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan melalui kebersihan yang lebih terjaga. Produk sehari-hari kami, yaitu sabun, pembersih toilet, pasta gigi, dan pemurni air yang inovatif, dapat membantu mencegah penyakit serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, hingga pada akhirnya turut menyelamatkan kehidupan.

Akan tetapi, menyediakan produk yang berkualitas dan terjangkau hanyalah satu bagian dari solusi peningkatan kesehatan melalui kebersihan - kebiasaan mereka pun harus berubah. Dengan menggunakan pemahaman kami akan kebiasaan dan keahlian dalam membuat kampanye perubahan perilaku berskala besar, kami mempromosikan perubahan yang tahan lama terhadap perilaku sehari-hari yang penting bagi kesehatan.

1http://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/levels_trends_child_mortality_2013/en/

Target & kinerja

Kami menetapkan target yang ambisius untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan dan kebersihan yang baik.

Kesehatan & Kebersihan

KOMITMEN KAMI

Pada tahun 2020, kami akan menolong lebih dari satu miliar orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mereka. Ini akan membantu mengurangi insiden penyakit yang mengancam jiwa seperti diare.

KINERJA KAMI

Sekitar 482 juta orang dijangkau di penghujung 2015: 337 juta orang dengan Lifebuoy; 71 juta dengan brand pasta gigi kami; 19,4 juta melalui program Dove Self-Esteem; dan 55 juta melalui air yang aman untuk diminum dari Pureit. Pureit juga menyediakan 78 miliar liter air yang aman untuk diminum.

PERSPEKTIF KAMI

Kami ada di jalur yang tepat untuk mencapai komitmen 2020. Pada akhir 2015, kami telah menjangkau lebih dari 482 juta orang. Hingga saat ini, Lifebuoy telah menjangkau 337 juta orang. 

Brand pasta gigi kami, Signal dan Pepsodent, mencapai target mereka lebih cepat pada 2020, dan pada tahun 2015 telah menjangkau 71 juta orang melalui kampanye Brush Day & Night kami.

Dove juga mencapai targetnya, yakni meningkatkan rasa harga diri 15 juta anak muda satu tahun lebih cepat – membantu 15,8 juta anak muda pada tahun 2014. Pada tahun 2015, angka ini telah meningkat hingga 19,4 juta.

Pada tahun 2014, kami memperkenalkan target sanitasi yang baru, dan Domestos bekerja sama dengan UNICEF dan Unilever Foundation untuk membantu meningkatkan prakarsa perbaikan sanitasi. Kami berencana untuk menyertakan dampak dari prakarsa sanitasi dalam Laporan Sustainable Living kami untuk tahun 2016

Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

  • Tercapai: 2
  • Sesuai rencana: 3
  • Tidak sesuai rencana: 1
  • %target tidak tercapai: 0

Target kami

Baca Pemeriksaan Independen (EN) untuk perincian lebih lanjut mengenai program jaminan kami di seluruh Unilever Sustainable Living Plan.

MENGURANGI PENYAKIT DIARE DAN PERNAPASAN MELALUI CUCI TANGAN

Pada tahun 2020, brand Lifebuoy kami bertujuan mengubah perilaku kebersihan dari 1 miliar konsumen di seluruh Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan mempromosikan manfaat mencuci tangan dengan sabun di saat-saat penting. 

Pada tahun 2015, kami memperpanjang target kami dari 2015 ke 2020.

337 juta orang dijangkau sejak tahun 2010

PERSPEKTIF KAMI

Tantangan besar yang kami hadapi adalah meningkatkan program cuci tangan dengan biaya minimal. Sejak 2010, kami menorehkan kemajuan yang kuat dengan menjangkau 337 juta orang dan mengembangkan model memangkas biaya per kontak hingga lebih dari separuhnya. 

Akan tetapi, mengembangkan diri untuk menjangkau target 1 miliar tersebut tentu menantang dan akan membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Program kami saat ini bergantung pada intervensi kontak langsung. Meskipun ada kemajuan besar dalam hal mengurangi biaya per kontak sambil menjaga efektivitas, pengoptimalan biaya lebih lanjut masih sulit dilakukan. Hal ini membatasi kemampuan kami untuk menjangkau skala yang lebih besar setiap tahunnya. Kami sedang mengarahkan pengoptimalan biaya di level berikutnya dengan menggunakan model inovatif yang dapat mempercepat kemajuan kami menuju target tersebut.

Menggandeng mitra juga merupakan kunci pengembangan – dengan berbagi kepakaran dan sumber daya, kita dapat menjangkau lebih banyak orang dengan lebih cepat.

MENYEDIAKAN AIR YANG AMAN UNTUK DIMINUM

Melalui rangkaian produk pemurni air, kami bertujuan untuk menyediakan 150 miliar liter air yang aman untuk diminum pada tahun 2020.1

Pureit menyediakan 78 miliar liter air yang aman untuk diminum pada tahun 2015.

Target direvisi pada 2014

PERSPEKTIF KAMI

Rangkaian produk pemurni air kami telah tersedia di 12 negara: Bangladesh, Brasil, Tiongkok, Ghana, India, Indonesia, Kenya, Meksiko, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Sri Lanka, serta selama 2005-2013 kami menyediakan air yang aman untuk diminum bagi 55 juta orang. Pada tahun 2015 kami telah menyediakan 78 miliar liter air yang aman untuk diminum.

Pada tahun 2014, kami memperluas jangkauan kami di Tiongkok dengan mengakuisisi Qinyuan Group, perusahaan pemurnian air terbesar di Tiongkok.

Kami telah meningkatkan lebih lanjut penawaran produk kami untuk menarik konsumen dengan tingkat pendapatan dan di pasar yang berbeda. Model paling terjangkau berbiaya sekitar €20 di India (INR 1.600), dengan biaya operasional berkelanjutan hanya 1 sen euro untuk sekitar dua liter air yang aman untuk diminum. Biayanya lebih murah dari ongkos mendidihkan air dan secara signifikan mengurangi pembelian air kemasan.

1 Kami merevisi target kami pada 2014 untuk menggambarkan hal yang terpenting bagi kesehatan - konsumsi air minum yang aman secara berkelanjutan. Metrik baru ini juga memungkinkan kami untuk merekam konsumsi berkelanjutan air bersih (liter) yang merupakan ukuran pengganti yang lebih kuat terhadap dampak kesehatan yang berkelanjutan, dibandingkan sekadar menyediakan perangkat satu kali. Hal ini meningkatkan metrik orang yang dijangkau, yang dulunya kami gunakan dan mengukur penjualan pemurni air kami yang dikalikan dengan ukuran rumah tangga rata-rata untuk menghasilkan rata-rata jumlah orang yang dijangkau oleh setiap perangkat. Selama 2005-2013, 55 juta orang menggunakan Pureit.

Secara independen telah diperiksa oleh PwC.

MENINGKATKAN AKSES KE SANITASI

Pada 2020, kami akan menolong 25 juta orang memperoleh akses yang lebih baik ke toilet dengan menggalakkan manfaat menggunakan toilet bersih dan menyediakan akses toilet.

Target baru 2014

Pada 2015, kami mengembangkan program sanitasi masyarakat kami bersama UNICEF dan memajukan Domestos Toilet Academy kami bersama eKutir dan PSI.

PERSPEKTIF KAMI

Pada September 2014, kami menambahkan target baru ini ke dalam Unilever Sustainable Living Plan. Kami merupakan perusahaan pertama yang berkomitmen untuk meningkatkan sanitasi pada skala ini. 

Sanitasi merupakan salah satu bidang pembangunan yang paling kompleks. Kami bekerja sama dengan berbagai mitra untuk menggelar program sanitasi yang berkualitas dengan kecepatan dan skala yang lebih besar. Pada 2015, kami melanjutkan kemitraan global kami dengan UNICEF, mengembangkan program Domestos Toilet Academy, dan mengadakan prakarsa air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di berbagai sekolah.

Pada 2016, kami menyempurnakan kriteria pelaporan atas dampak kami pada sanitasi dan akan melaporkan target ini secara lebih terperinci dalam Laporan Sustainable Living 2016.

MENINGKATKAN KESEHATAN MULUT

Kami akan menggunakan brand pasta gigi dan sikat gigi serta program peningkatan kesehatan guna mendorong anak dan orang tua menyikat gigi siang dan malam. Kami menetapkan target untuk menjangkau 50 juta orang pada 2020.

Target ini tercapai lebih cepat dan menjangkau lebih dari 50 juta orang. Pada 2015, angka keseluruhannya meningkat hingga 71 juta. Kami menjangkau lebih dari 4 juta orang pada 2015.

PERSPEKTIF KAMI

Misi Signal/Pepsodent adalah meningkatkan kesehatan gigi dengan mendorong keluarga untuk menyikat gigi pada pagi dan malam hari dengan pasta gigi berfluoride. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan menyikat gigi dalam jangka panjang sebaiknya ditempa selama masa kanak-kanak, sehingga kami berfokus untuk menanamkan kebiasaan baik sejak usia dini, serta mendorong teladan yang positif dari orang tua mereka. Pendekatan ini terbukti sangat ampuh untuk mengubah kebiasaan dan menumbuhkan ekuitas brand

Kami senantiasa mencari lebih banyak cara untuk menjangkau masyarakat dengan efisien dan membangun sinergi lebih lanjut dalam kampanye kami. Pada Maret 2015, 25 negara merayakan World Oral Health Day dan mengundang ribuan orang untuk berjanji Menyikat Gigi Pagi dan Malam. 13 negara juga menayangkan iklan Menyikat Gigi Pagi dan Malam kami di televisi. Kami juga meluncurkan modul program pelatihan baru untuk menyempurnakan pekerjaan kami dalam hal ini.

Pada 2016, kami bertekad untuk melibatkan lebih banyak orang, khususnya melalui kegiatan kami dalam memperingati World Oral Health Day.

MENINGKATKAN RASA HARGA DIRI

Dengan brand Dove, kami membantu jutaan anak muda meningkatkan rasa harga diri mereka melalui program edukasi. 

Kami memasang target untuk menolong 15 juta anak muda pada 2015.

15,8 juta anak muda menerima bantuan kami sejak tahun 2004 hingga 2014. Pada tahun 2015, 19,4 juta anak muda telah menerima bantuan tersebut; 3,5 juta orang berpartisipasi dalam program ini pada tahun 2015.

PERSPEKTIF KAMI

Dove merupakan brand Perawatan Pribadi terbesar kami dan terus bertumbuh pada 2015. Kami melampaui target 2015 kami pada tahun 2014. Pada 2015, sekitar 3,5 juta orang mengambil bagian dalam program ini, sehingga secara keseluruhan anak muda yang kami jangkau menjadi 19,4 juta orang di 115 negara. 

Kami mempercepat jangkauan dan kualitas Dove Self-Esteem Project pada tahun 2015 serta mengembangkan strategi pelaksanaan yang memberikan dampak dan hemat biaya. Kami menjangkau 56% anak muda tersebut melalui program bimbingan guru. Secara geografis, Amerika Utara menyumbangkan 36% dari 3,5 juta orang yang kami bantu, dengan pertumbuhan yang dipercepat di India dan Amerika Latin. 

Kontributor utama bagi keberhasilan ini adalah kemitraan kami dengan World Association of Girl Guides and Girl Scouts; peningkatan kehadiran digital kami; dan pertumbuhan Proyek ini di wilayah geografis yang baru. 

Pada tahun 2016 dan seterusnya, kami akan memperluas dampak kami dan menjangkau ke lebih banyak negara, serta akan mengoptimalkan biaya per intervensi dan kualitas agar dapat menjangkau lebih banyak orang dengan cara yang berarti.

Key

  • Tercapai
  • Sesuai rencana
  • Tidak sesuai rencana
  • target tidak tercapai
Back to top